7 Cara Menghemat BBM Motor

Inilah 7 Cara Menghemat BBM Motor. Beberapa cara menghemat bbm motor yang mungkin saja belum Anda ketahui. Mengendarai sepeda motor merupakan salah satu hal yang wajib bagi masyarakat Indonesia. Terutama bagi karyawan maupun para pelajar dan mahasiswa yang menempuh jarak yang cukup jauh. Dengan mengendarai motor, tentunya akan menghemat biaya pengeluaran transportasi jika dibandingkan dengan menggunakan tranportasi bus ataupun angkutan umum lainnya.

Cara Menghemat BBM Motor

Harga BBM yang sering naik turun naik lagi turun lagi naik lagi, nampaknya membuat para pengendara motor mulai merasakan dampak dari biaya yang harus dikeluarkan untuk membeli BBM. Banyak cara untuk menghemat biaya pengeluaran untuk membeli bensin. Terdapat beberapa hal sepele yang mungkin tidak kita sadari yang ternyata mampu menghemat bensin agar penggunannya menjadi lebih irit.

Berikut kami sajikan tips agar motor menjadi lebih irit bahan bakar bensin.

Mengatur Posisi Klep

Langkah pertama yang dilakukan untuk menghemat bahan bakar adalah dengan mengatur / setel klep sesuai dengan kebutuhan. Dengan semakin besarnya klep yang dibuka makan akan semakin kencang dan melesat motor yang kita gunakan, namun imbasnya penggunaan bahan bakar juga semakin besar. Jika terlalu kecil / rapat klep yang disetel, maka juga akan semakin pelan motor yang kita gunakan. Oleh karena itu, disetel dengan kebutuhan kita, jika dirasa kecepatan sudah cukup, maka klep sebaiknya disetel secara bijak. Tidak terlalu longgar / besar.

Mengecek Kondisi Busi

Langkah kedua adalah dengan selalu mengecek kondisi busi. Karena busi juga berperan dalam menghidupkan motor, yaitu yang memantikan percikan api dalam proses pembakaran. Dengan kondisi busi yang tidak baik, maka proses menghidupkan motor akan gagal, dan bahan bakar akan terbuang sia-sia. Oleh karena itu, selalu dicek kondisi busi apakah masih bagus atau perlu diganti. Sering-sering dibersihkan agar tidak terdapat kerak yang menempel pada busi.

Menggunakan Pelumas yang Berkualitas

Langkah ketiga adalah dengan menggunakan oli pelumas yang berkualitas. Dengan menggunakan oli pelumas yang berkualitas, maka tarikan motor akan menjadi lebih enteng dan melesat lebih cepat, dan irit bensin. Menggunakan oli yang tidak standar / abal-abal apalagi oli bekas akan memiliki dampak buruk pada performa dan mesin, dan juga penggunaan bahan bakar menjadi boros.

Menjaga Tekanan Ban

Langkah keempat adalah dengan menjaga tekanan ban. Meskipun terdengar sepele, namun tekanan ban sangat mempengaruhi performa mesin dan konsumsi bahan bakar. Dengan tekanan ban yang kuran, maka motor akan terasa menjadi lebih berat, sehingga konsumsi bahan bakar pun menjadi lebih besar. Oleh karena itu, selalu jaga tekanan ban dalam keadaan yang optimal dan tidak kurang udara.

Menggunakan Bahan Bakar Beroktan Tinggi

Langkah kelima adalah dengan menggunakan bahan bakar beroktan tinggi. Meskipun terdengar aneh, namun ternyata penggunaan Pertamax lebih irit daripada penggunaan bensin premium. Hal ini dikarenakan dengan menggunakan sedikit saja pertamax, maka pembakaran sudah menjadi lebih besar daripada menggunakan premium. Selain itu juga penggunaan pertamax juga akan membuat tarikan lebih enteng dan mesin menjadi selalu pada keadaan prima daripada menggunakan premium.

Hindari Beban Berlebih

Langkah keenam adalah dengan menghindari beban berlebih. Hal ini sangat wajar, dengan menampun beban bawaan yang sangat banyak, otomatis berat menjadi lebih besar, sehingga motor membutuhkan tenaga yang lebih besar. Oleh karena bawa barang bawaan secukupnya saja, dan kurangi penggunaan akesesoris motor yang berlebih. Selain itu juga penggunaan ban yang lebih besar juga membuat beban menjadi lebih berat, dan berimbas pada borosnya bahan bakar.

Mengubah Cara Berkendara

Langkah terakhir adalah dengan mengubah cara berkendara. Masih banyak orang yang mengendarai motor secara ugal-ugalan / digeber-geber. Dengan penggunaan yang digeber-geber, otomatis konsumsi bahan bakar akan menjadi jauh lebih besar daripada yang menarik tuas gas secara stabil.

Oleh karena itu, jaga tarikan tuas gas pada keadaan yang stabil. Selain lebih irit bahan bakar juga untuk menjaga kesemalatan diri sendiri dan orang lain. Karena sesungguhnya anak istri sudah menunggu di rumah.


loading...
loading...