Bahaya Mie Instan & Tips Aman Makan Mie Instan

Bahaya Mie Instan & Tips Aman Makan Mie Instan. Mungkin banyak di antara kita yang menyukai mie instan. Selain rasanya yang lezat, harga mie instan yang sangat terjangkau membuat banyak orang sering mengkonsumsinya. Tapi tahu kah anda jika mie instan memiliki dampak dan resiko yang buruk jika dikonsumsi secara terus menerus?

Bahaya Mie Instan dan Tips Aman Makan Mie Instan

Sebenarnya sudah banyak masyarakat Indonesia yang mengetahui dampak buruk dari mengkonsumsi mie instan, namun dikarenakan rasanya yang nikmat dan pula harganya yang sangat terjangkau membuat masyarakat tetap mengkonsumsi Mie Instan.

Berikut akan kami jelaskan bahaya dari mie instan:

  1. Memicu terjadinya berbagai penyakit

Mie instan memiliki dampak yang buruk bagi kesehatan jika terus menerus dikonsumsi. Penyakit yang dapat timbul dari konsumsi mie instan adalah kerusakan hati, gagal ginjal, diabetes, kencing manis dan sakit kepala.

Kandungan zat kimia, MSG, zat lilin, dan kadar gula yang tinggi memicu terjadinya beragam penyakit. Oleh karena itu penting bagi anda untuk berhati-hati dalam mengkonsumsi mie instan secara berlebihan.

  1. Mengganggu hormon bagi wanita

Dalam mie instan terdapat banyak kandungan zat kimia. Terdapat kandungan sodium dalam mie instan, hal ini memicu terjadinya gangguan pada hormon wanita. Dampak dari terganggunya hormon ini adalah siklus menstruasi bulanan yang tidak teratur.

  1. Menyebabkan kanker

Konsumsi mie instan yang berlebihan dapat menyebabkan terjadinya kanker, hal ini dikarenakan adanya zat lilin pada mie instan. Penting bagi anda dalam memasak mie instan secara benar. Mengkonsumi mie instan secara berlebihan, ditambah cara memasak yang tidak benar dapat dengan cepat memicu terjadinya penyakit kanker.

  1. Memicu penyakit Stroke

Selain berbagai penyakit yang dapat ditimbulkan oleh dampak buruk mie instan, namun juga mie isntan dapat memicu terjadinya penyakit stroke. Kandungan zat kimia pada mie instan yang dapat mengganggu kelancaran aliran darah dapat menyebabkan penyakit yang lenih serius, atau bahkan bisa sampai stroke.

  1. Memicu obesitas

Banyak dari kita yang mengkonsumsi mie instan dengan nasi. Tapi tahukah anda mengkonsumsi mie instan dengan nasi dapat memicu terjadinya obesitas? Hal ini dikarenakan kalori dan karbohidrat pada mie instan sangat banyak, ditambah lagi dengan nasi. Hal ini dapat menyebabkan terjadinya obesitas jika dikonsumsi secara terus menerus. Setelah mengkonsumsi mie instan, beberapa jam kemudian perut akan merasa lapar kembali, padahal kalori dan karbohidrat yang telah terkonsumsi sudah banyak.

Tipas aman mengkonsumsi mie isntan

  1. Buang air rebusan

Setelah mie sudah matang, buang air rebusan yang digunakan untuk memasak mie. Gunakan air panas yang baru untuk penyajian. Jika memasak mie goreng, setelah mie sudah matang, dibilas dengan air matang, lalu ditiriskan. Meskipun zat lilin pada mie tidak bisa hilang sepenuhnya, setidaknya dapat meminimalisir kandungan zat lilin.

  1. Jangan campur bumbu saat dimasak

Mie instan yang sudah dibilas saja masih terkandung zat lilin, apalagi jika tidak diganti airnya. Banyak dari masyarakat yang masih memasak mie instan dengan dicampur bumbunya saat sudah mendidih. Jelas ini adalah salah besar, hal ini dapat menyebabkan tercampurnya bumbu dengan air sisa rebusan yang sudah tercampur dengan zat lilin dengan kadar yang banyak. Hal ini sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh.

  1. Jangan mengkonsumsi terlalu sering

Berikan jeda waktu dalam mengkonsumsi mie instan, setidaknya 3 hari. Hal ini dikarenakan tubuh memerlukan waktu yang cukup lama untuk mengeluarkan zat lilin yang terkandung dalam mie instan. Agar lebih aman lagi, setidaknya beri jeda waktu minimal 2 minggu dalam mengkonsumsi mie instan.


loading...
loading...