Kumpulan Cara Mengatasi Kulit Wajah Berminyak

Berikut kumpulan cara mengatasi kulit wajah berminyak untuk sahabat Zona Keren. Kulit berminyak bisa mengganggu penampilan dan mengurangi rasa percaya diri. Hal ini bisa menjadi momok bagi wanita maupun pria dimanapun berada. Kulit berminya bisa memicu timbulnya komedo, jerawat atau yang lainnya.

Maka tak heran jika kulit yang berminyak sering kali menjadi penyebab berkurangnya kepercayaan diri seseorang karena wajahnya seolah-olah rasanya penuh dengan minyak. Karena itulah dibutuhkan sebuah solusi yang jitu dan efektif bagaimana cara mengatasi kulit wajah berminyak.

Kumpulan Cara Mengatasi Kulit Wajah Berminyak

Mengatasi kulit wajah berminyak ada banyak cara yang bisa kita lakukan. Terkadang ada juga yang merogoh kocek fantastis dengan pergi ke dokter spesialis untuk atas hal ini. Nah, berikut ini bagi Anda yang ingin hemat, kami sajika kumpulan cara mengatasi kulit berminyak.

Baca Juga :

Cara Mengatasi Kulit Wajah Berminyak

1. Membersihkan wajah siang dan malam

Pastikan bahwa Anda selalu membersihkan wajah setiap pagi setelah bangun tidur dan sebelum pergi tidur. Membersihkan wajah juga dapat menghilangkan sel-sel kulit mati pada kulit yang dapat mendorong munculnya jerawat. Anda disarankan untuk menggunakan sabun organik dengan sifat penyembuhan alami, atau pilihlah sabun pembersih khusus kulit berminyak dengan kadar kimia yang tidak keras.

2. Steaming

Ini trik lama yang bisa Anda lakukan di rumah. Pertama, siapkan air panas, panci (atau baskom), dan handuk. Kemudian taruh handuk di atas kepala hingga menutupi telinga, ketika wajah Anda berada tepat di atas baskom. Biarkan uap panas menghangatkan wajah Anda karena itu bisa membuka pori-pori kulit. Perawatan sederhana ini dapat mengurangi kotoran dan minyak yang menumpuk di pori-pori kulit. Sebelum melakukan perawatan ini, cuci dulu wajah Anda dengan sabun pembersih.

3. Diet seimbang

Diet seimbang akan membantu Anda mengurangi produksi minyak di kulit wajah. Untuk mengontrol kulit berminyak, perbanyak konsumsi buah, sayuran, daging tanpa lemak, dan air. Dengan begitu, kulit Anda bisa menjadi lebih sehat dan kenyal.

Bahan Alami Mengatasi Kulit Wajah Berminyak

1. Jeruk Nipis

Jeruk nipis dapat digunakan untuk mengatasi wajah yang berminyak. Caranya cukup mudah, dengan menggosokkan kulit wajah dengan daging jeruk nipis secara merata. Tunggu beberapa saat, kemudian bilas wajah dengan air. Lakukan hal ini secara rutin.

2. Timun

Timun selain dapat menyegarkan mata, ternyata mentimun juga sangat baik untuk perawatan kulit berminyak. Caranya cukup simple, blender mentimun dan gunakan menjadi masker selama kurang lebih setengah jam. Setelah itu basuh dengan air. Lakukan dengan rutin.

3. Bengkoang

Bengkoang dapat digunakan pula untuk mengatasi wajah berminyak. Dengan cara, ambil bengkoang secukupnya. Cuci bersih bengkoang tersebut kemudian blender atau hancurkan bengkoang menjadi bagian kecil. Gunakan bengkoang tadi sebagai masker sebelum tidur agar dapat bertahan lama di wajah. Selain dapat menghilangkan minyak di wajah ternyata bengkoang juga dapat mengecilkan pori-pori wajah.

4. Lemon

Lemon memiliki vitamin C yang tinggi oleh sebab itu dapat membantu menghilangkan wajah yang berminyak. Caranya adalah dengan memeras lemon dan menambahkan madu ke dalamnya. Gunakan sebagai masker pada wajah dan leher. Agar lebih maksimal, disarankan anda meminum campuran air lemon hangat dengan madu setiap hari.

Tips Dasar untuk Jenis Kulit Berminyak

1. Cuci wajah setidaknya sekali sehari dan idealnya dua kali sehari.

Minyak pada wajah dapat menjebak kotoran dan partikel lainnya, yang pada gilirannya menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat.

2. Gunakan pembersih wajah dengan exfoliator kulit dan gunakan dengan lembut. Exfoliating (pengelupas kulit) berfungsi menghilangkan sel-sel kulit mati dan minyak.

3. Cobalah untuk menggunakan air hangat ketika membersihkan wajah.

Air hangat lebih efektif mengurangi minyak dibandingkan dengan air dingin.

4. Gunakan kosmetik dan produk perawatan wajah yang diformulasikan khusus untuk kulit berminyak.

5. Jangan terlalu sering menggunakan kosmetik cair. Pun harus menggunakannya, pilih yang diformulasikan untuk kulit berminyak.

Makeup cair dapat menyumbat pori-pori dan berkontribusi terhadap timbulnya jerawat.

6. Gunakan masker lumpur atau masker tanah liat setidaknya dua kali seminggu.

Masker berguna menyerap kelebihan minyak dan membuat kulit terasa halus dan segar.

7. Hindari menggunakan produk kosmetik yang membuat wajah teriritasi.

Produk Alami untuk Kulit Berminyak

8. Gunakan putih telur (setelah dipisahkan dari kuningnya) kemudian kocok hingga terbentuk busa.

Oleskan ke wajah dan biarkan kering kemudian bilas dengan air.

9. Sebagai variasi, putih telur bisa ditambahkan dengan 1 sendok teh jus lemon dan 1 sendok teh madu. Oleskan ke wajah dan bilas setelah 15 menit dengan air hangat.

10. Campur sari lemon dan air dalam perbandingan yang sama dan oleskan pada wajah menggunakan kapas.

Biarkan hingga kering, kemudian bilas dengan air dingin.

11. Rendam bola kapas dalam buttermilk dan oleskan pada wajah. Biarkan selama 20 menit kemudian bilas dengan air hangat.

12. Iris kentang dan gosokkan ke wajah. Biarkan air kentang membasahi semua bagian wajah.

Biarkan air kentang sampai kering kemudian bilas dengan air hangat.

Itulah beberapa cara mengatasi kulit wajah berminyak dengan bahan alami yang mudah untuk dipraktekkan. Selamat mencoba!


loading...
loading...