Cara Mengatasi Malware Gadis Mabuk

Bagaimana cara mengatasi malware gadis mabuk? Baru-baru ini pengguna facebook diresahkan dengan auto posting halaman facebooknya dengan embel-embel judul “Gadis Mabuk”. Postingan ini tak lain adalah sebuah malware yang telah menginfeksi browser Anda.

Cara Mengatasi Malware Gadis Mabuk

Awalnya, serangan “Gadis Mabuk” ini menyerang pengguna browser Google Chrome dengan format posting seperti sebuah berita yang di-attach oleh teman pengguna. Setelah mulai ketahuan, serangannya pun berpindah ke browser Mozilla Firefox.

Cara Mengatasi Malware Gadis Mabuk

Seperti yang dikutip dari Kompas.com, menurut pengamatan Vaksincom, mulai tanggal 13 Desember 2014 lalu, hacker pembuat malware itu mengeluarkan varian baru dan mulai menyerang pengguna Firefox.

Jika korban mengklik malware “Gadis Mabuk” yang beredar di Facebook, maka ia akan diarahkan ke situs phising yang mirip YouTube (alamatnya: beritavideo.info/gadis). Dari situ, korban akan mengira sedang berkunjung ke YouTube. Kemudian, korban akan dikelabui dengan cara harus meng-install extension untuk melihat video.

Jika plugin diklik, maka ia akan mendapatkan peringatan dari Firefox bahwa beritavideo.info ingin melakukan instalasi software pada komputernya. Jika pengguna mengabaikan peringatan tersebut, secara otomatis browser akan meng-install sebuah extension bernama “Full Screen 4.0”.

Nah, malware yang menyamar jadi extension tersebut akan membuat account Facebook korbannya melakukan auto-posting malware “Gadis Mabuk” di wall Facebook.

Bagi pengguna browser Firefox yang sudah terlanjur jadi korban, Vaksincom menyarankan untuk melakukan langkah-langkah berikut ini:

  • Buka browser Firefox
  • Ketik “about:addons” dalam kolom “Go to a website”. Setelah itu, akan terbuka halaman extension.
  • Cari extension “Full Screen 4.0” dan klik tombol remove.
  • Akan ada konfirmasi “Full Screen has been removed”. Kemudian, restart browser Firefox.
  • Untuk menghindari pencurian informasi dari akun Facebook, segera ubah password Facebook.


loading...
loading...