Cara Menghilangkan Cegukan Ampuh & Cepat

Cara Menghilangkan Cegukan Ampuh & Cepat. Semua orang pasti mengalami cegukan. Ya, cegukan merupakan suatu kondisi ketika diafragma mengalami kejang tidak sesuai dengan kehendaknya, akibat dari diafragma yang mengalami pengejangan tidak sesuai dengan kehendaknya bisa menimbulkan cegukan. Cegukan mungkin disepelekan oleh banyak orang, namun ketika cegukan datang di saat yang tidak tepat akan sangat mengganggu aktifitas keseharian kita.

Cegukan bisa disebabkan oleh beberapa hal, di antaranya, seperti dilansir dari Food World News.

  • Makan terlalu cepat dan menelan udara bersama dengan makanan.
  • Mengonsumsi terlalu banyak makanan berlemak atau pedas atau mengonsumsi terrlalu banyak soda atau minuman beralkohol.
  • Operasi perut juga dapat mengiritasi saraf yang mengontrol diafragma sehingga menyebabkan cegukan.
  • Stroke atau tumor otak yang melibatkan stem otak dan sejumlah gangguan medis kronis seperti gagal ginjal.
  • Uap berbahaya juga dapat memicu cegukan. Begitu pupa dengan suhu yang berubah secara tiba-tiba.
  • Rasa takut atau bersemangat dan stres emosi.
  • Sejumlah obat-obatan seperti opiates, benzodiazepines, anesthesia, corticosteroids, barbiturates dan methyldopa dikenal mampu menyebabkan cegukan.
  • Kebanyakan kasus cegukan bisa berhenti dalam jangka waktu yang relatif singkat. Cegukan yang berlangsung di bawah 48 jam biasanya tidak membutuhkan perawatan medis.
  • Kebanyakan kasus cegukan yang berlangsung lama disebabkan oleh luka atau iritasi pada saraf vagus atau saraf frenikus. Kedua sarat itu mengatur pergerakan diafragma. Diafragma meregulasi pernapasan. Saat berkontraksi, paru-paru menghirup oksigen.

Berikut kami berikan beberapa tips cara menghilangkan dan mengatasi cegukan dengan mudah.

Cara Menghilangkan Cegukan

Cara Menghilangkan Cegukan Pada Orang Dewasa

1. Minum air putih
Banyak orang yang menyarakan untuk minum air putih ketika cegukan, cara ini memang cukup ampuh untuk menghilangkan cegukan. Caranya dengan minum air putih secara perlahan hingga cegukan hilang.

2. Tarik nafas secara rileks
Lakukan dengan cara mencari posisi yang nyaman. Tenangkan pikiran dan rileks, lalu tarik nafas dalam-dalam, tahan beberapa saat, lalu keluarkan secara perlahan. Ulangi berkali-kali hingga cegukan hilang.

3. Berbaring
Cara ini dilakukan dengan cara berbaring dan menekuk lutut ke arah perut. Banyak orang yang percaya cara ini ampuh untuk menghilangkan cegukan.

4. Minum air lemon
Meminum air jeruk nipis / lemon juga ampuh untuk menghilangkan cegukan. Pertama ambil jeruk nipis / lemon, kemudian diperas hingga keluar airnya. Minum airnya hingga habis. Cara ini dapat menghilangkan cegukan lebih efektif.

5. Menggunakan kantong plastik
Meskipun terbilang tidak masuk akal, namun cara ini ternyata terbilang ampuh untuk menghilangkan cegukan. Caranya adalah dengan bernafas dengan kantong plastik hingga besar, kemudian pecahkan plastik secara cepat hingga membuat kita kaget.

6. Menelan gula
Berdasarkan riset yang dilakukan, gula ternyata ampuh untuk menghilangkan cegukan. Pertama ambil gula satu sendok, lalu kunyah. Setelah dikunyah, ditelan secara perlahan. Gula mampu menetralkan difragma yang terjadi pengejangan.

Itulah beberapa tips ampuh menghilangkan cegukan dengan cepat bila Anda tiba-tiba merasakan hal tersebut. Semoga ulasan tersebut bermanfaat untuk sobat Zona Keren. Tunggu tips-tips kesehatan lainnya disini.


loading...
loading...