Cara Mengobati Asam Urat Dengan Mudah Tanpa Obat

Cara Mengobati Asam Urat Dengan Mudah Tanpa Obat. Asam Urat, salah satu penyakit yang menjadi momok kita. Penyakit ini bisa menyerang kalangan muda ataupun usia lanjut. Asam urat merupakan penyakit yang disebabkan karena gaya hidup yaitu pola makan yang tidak terkontrol. Tak hanya orang tua, orang muda usian 30-an sudah mulai banyak terjangkit penyakit ini.

Penyakit asam urat atau disebut gout arthritis ini disebabkan menumpuknya kadar asam urat dalam darah yang tak mampu dikeluarkan oleh ginjal. Asam urat berasal dari hasil metabolisme purin, semacam protein yang sumbernya banyak berasal dari produk hewani dan minuman yang mengandung alkohol. BACA JUGA: CARA MENGHILANGKAN STRES.

Purin dalam jumlah kecil bermanfaat bagi metabolisme tubuh, tetapi purin dalam jumlah banyak akan mengakibatkan penumpukan kadar asam urat yang tak bisa dikeluarkan tubuh sehingga kita pun terserang asam urat.

Mengobati Asam Urat

Coba perhatikan orang-orang yang masih muda sudah terserang asam urat; mereka umumnya biasa mengonsumsi makanan dengan kadar purin yang berlebihan tanpa mengimbanginya dengan makanan sumber nutrisi lain.

Bisakah menyembuhkan Asam Urat Tanpa Obat? Berikut ulasan selengkapnya dikutip dari meetdoctor yang diulas oleh dr. Adhiatma Gunawan. Tujuan pengobatan asam urat sebenarnya bukanlah menghabiskan kadar purin di dalam tubuh sama sekali, melainkan menguranginya sampai ke batas normal dan mempertahankannya dalam jumlah wajar tersebut sampai tidak lagi mengganggu fungsi tubuh.

Untuk penyakit asam urat yang parah, dokter biasanya akan meresepkan obat sembari menyarankan gaya hidup dan pola makan sehat. Akan tetapi, ketika Anda baru merasakan gejala ringannya, ada baiknya Anda mencoba menyembuhkannya sendiri dengan melakukan modifikasi gaya hidup.

Bagaimana caranya? Prinsipnya mudah sekali: jangan biarkan purin menumpuk dalam tubuh Anda sampai tidak bisa dikeluarkan oleh ginjal! Berikut ini adalah beberapa cara menyembuhkan asam urat tanpa harus ke dokter atau minum obat resep terlebih dahulu:

Kurangi jenis makanan yang banyak mengandung purin. Makanan ini biasanya berupa sumber protein hewani seperti udang, kepiting, kuning telur, daging sapi, kambing dan babi, ayam, otak dan jeroan. Jika ingin mengonsumsi sumber protein, konsumsilah protein murni seperti putih telur, protein nabati, serta protein yang merupakan sumber asam lemak esensial seperti ikan salmon dan tuna.

Perbanyak makan makanan yang bisa melancarkan pencernaan dan proses sirkulasi, misalnya makanan yang mengandung banyak vitamin, mineral dan serat. Sayur-sayuran segar dan buah adalah kandidat yang baik untuk makanan sehari-hari bagi penderita asam urat.

Minum banyak air putih, sekitar 2 liter per hari atau bahkan lebih saat asam urat sedang parah-parahnya. Ini bisa membantu melancarkan aktifitas ginjal dan kandung kemih sehingga makin banyak zat purin yang terbuang dari dalam tubuh. BACA JUGA: GAYA RAMBUT PESTA PERNIKAHAN.

Imbangi diet sehat dengan olahraga untuk semakin melarutkan dan membuang asam urat dari dalam tubuh. Jika merasa kesakitan, tidak perlu memaksa melakukan olahraga berat; cobalah angkat beban ringan, yoga, jalan kaki atau bersepeda perlahan-lahan, dan lakukan dengan konsisten setiap minggu.

Cobalah dulu semua langkah pengobatan asam urat alami ini sebelum Anda menemui dokter. Jika Anda bisa menyembuhkan dan menjaga kadar asam urat sendiri secara alami, bukankah jauh lebih bagus?


loading...
loading...