Cara Meningkatkan Berat Badan Balita

Bagaimana cara meningkatkan berat badan balita, bagaimana agar anak bayi balita memiliki badan yang gemuk? Mungkin Anda sebagai orang tua sering kali bertanya-tanya cara untuk menaikkan bobot balita Anda.

Tidak dipungkiri bahwa setiap orang tua menginginkan buah hatinya tumbuh kembang dengan normal, sehat, memiliki tinggi badan dan berat badan yang ideal. Namun kenyataannya sering kita jumpai anak usia balita memiliki bobot atau berat badan di bawah angka normal. Padahal anak tersebut dirasa telah mendapat asupan gizi dan nutrisi yang cukup serta memadai.

Tentu saja hal semacam ini tidak diinginkan oleh siapapun, pasalnya pada umumnya orang tua mengharapkan anaknya memiliki bobot dan tinggi yang ideal. Sehingga dibutuhkan cara sehat alami untuk menambah berat badan balita yang mudah dan efektif.

Cara Meningkatkan Berat Badan Balita

Kebutuhan nutisi anak balita usia 1 – 5 tahun antara lain adalah: energi sebesar 1000 -1400 kkal, protein sebanyak 25 gram, kalsium dan zat besi masing-masing 500 mg dan 8 mg. Kebutuhan akan nutrisi di atas sebaiknya dapat terpenuhi agar balita dapat tumbuh dengan normal dan ideal.

Bagaimana cara meningkatkan berat badan balita

Nutrisi diatas secara umum dapat dipenuhi melalui asupan sayuran, buah-buahan, daging, telur, nasi, dan susu. Kesulitan pun terkadang akan ditemui karena tidak semua balita menyukai sayuran dan buah-buahan. Untuk itu kami akan memberikan beberapa alternatif dalam bentuk jus buah dan sayuran untuk meningkatkan berat badan bayi dan anak-anak usia 1-5 tahun.

Berikut ini adalah kumpulan resep jus sehat yang terdiri dari sayur dan buah-buahan untuk bagaimana cara meningkatkan bobot badan balita yang bersumber dari ‘Buku Pintar Jus untuk Bayi dan Balita’ karya Ayu Bulan Febry K.D, S.Km. dan dr. Zulfito Marendra.

Resep Cara Menaikkan Berat Badan Balita

Kumpulan resep jus sayuran dan buah-buahan untuk meningkatkan bobot atau berat badan anak balita, cocok untuk anak yang tidak suka sayuran dan buah karena jus ini akan memberikan rasa segar dan menyenangkan.

Resep jus coco wortel

Bahan:

– 100 gram wortel segar, kupas dan cuci bersih
– 100 gram daging kelapa setengan tua, dibersihkan bagian kulit arinya
– 1 sendok simple syrup yang dibuat dengan melarutkan gula pasir dalam air dengan perbandingan 1:1

Cara membuat:

– Proses wortel dan kelapa menggunakan juice extractor, kemudian tampung jus nya kedalam gelas.
– Tambahkan simple syrup kemudian aduk rata dan sajikan dalam keadaan dingin.

Dalam setiap 1 porsi jus coco wortel ini terkandung 258,4 kkal, 5,2 gr protein, 15,3 gr lemak, dan 28,7 gr karbohidrat. Resep jus sehat untuk anak ini juga diperkaya dengan vitamin A, C, fosfor, dan kalsium.

Resep jus alpukat toping gula merah

Bahan:

– 100 gram alpukat matang sempurna
– 250 ml susu sapi segar atau susu kedelai
– 2 buah kurma yang dibuang bijinya
– 2 sendok makan gula merah yang telah dicairkan

Cara membuat:

– Campurkan alpukat, kurma, dan susu kedalam blender, kemudian haluskan sempurna
– Tambahkan sirup gula merah kemudian aduk sempurna
– Tuang kedalam gelas dan siap disajikan.

Satu porsi jus alpukat topping gula merah ini mengandung 321,9 Kkal, 3,28 gr protein, 11,19 gr lemak, dan 50,05 gr karbohidrat. Jus ini juga kaya akan kandungan vitamin A, kalsium, zat besi, dan fosfor.

Resep jus pisang kurma

Bahan:

– 100 gram pisang ambon matang sempurna
– 2 buah kurma yang telah dibuang bijinya atau 2 sendok makan sari kurma
– ¼ gelas air matang

Cara membuat:

– Blender pisang ambon, kurma, dan air sampai halus
– Tuangkan kedalam gelas dan sajikan segera.

Dalam setiap 1 porsi jus pisang kurma ini mengandung 228,2 kkal, 1,9 gr protein, 1,1 gr lemak, dan 55,8 gr karbohidrat. Jus ini juga diperkaya dengan Vitamin A, vitamin B1, kalsium, dan fosfor.

Demikianlah informasi singkat dari zonakeren.com terkait bagaimana cara menjngkatkan berat badan balita dengan asupan nutrisi yang bersumber dai sayuran dan buah-buahan. Semoga saja dapat menjadi alternatif para orang tua yang menginginkan buah hatinya memiliki berat badan ideal dan normal sesuai kriteria kesehatan.


loading...
loading...