Inilah Larangan Dalam Mendidik Anak

Cermati dan pahami sebelum Anda memutuskan untuk mengatakan atau memberi tindakan kepada buah hati. Segala hal yang Anda berikan kepada buah hati akan ditangkapnya sebagai contoh nyata. Ciptakanlah lingkungan yang baik bagi pertumbuhan anak karena ini merupakan salah satu tuntutan orang tua.

Larangan Dalam Mendidik Anak

Jangan sampai salah bertindak, bisa saja buah hati Anda yang akan terkena dampaknya. Berikut adalah 10 hal yang harus dihindari dalam mendidik anak menurut Niken Ayu Laksmi penulis Buku Pintar Ibu Rumah Tangga:

1. Terlalu lemah
Setiap anak harus mengenal hak dan kewajibannya. Untuk itu, sebaiknya Anda tidak selalu memenuhi semua permintaan anak. Jika Anda selalu menuruti akibatnya anak menjadi penuntut, impulsif, egois dan tidak memerhatikan kepentingan orang lain.

2. Terlalu menekan
Di sisi lain, agar anak tidak menjadi lamban, melawan, dan tidak memiliki pendirian, Anda pun tidak diperkenankan untuk terlalu mengatur dan mengarahkan anak tanpa memerhatikan hak anak. Setiap anak berhak menentukan keinginannya untuk mengembangkan minat dan kegiatan yang ia inginkan.

3. Perfeksionis
Sikap memaksakan pada anak yang kemampuannya masih terbatas dapat membuat anak terobsesi untuk mencapai harapan orangtua Di sisi lain akan membuat ia bersikap terlalu keras dan kritis terhadap dirinya sendiri.

4. Tidak memberi perhatian
Jika kurang mendapat perhatian, anak Anda bisa mengalami kendala dalam membina hubungan dengan lingkungannya. Ia juga akan tumbuh menjadi anak yang mudah melakukan tindakan tanpa perhitungan.

5. Terlalu cemas akan kesehatannya
Sama dengan yang Anda terapkan, anak Anda pun akan ikut merasakan kecemasan dan sering merasa tidak sehat. Hal ini bisa menyebabkan dirinya enggan bermain, takut jatuh, dan sebagainya.

6. Terlalu memanjakan
Sayang dengan buah hati sering kali menjadi alasan orangtua untuk memanjakan. Padahal, anak yang dimanjakan bisa menjadi anak yang mudah bosan, kurang inisiatif, dan tidak memiliki daya juang.

7. Tidak pernah memberi kepercayaan
Terkadang, orangtua suka meramalkan kesalahan yang belum tentu dilakukan anak. Tidak memberikan kepercayaan pada anak dapat membuat Si Kecil jadi pesimis, rendah diri, dan justru senang melakukan hal yang dilarang orang tua.

8. Menolak kehadiran anak
Mungkin Anda menginginkan anak lelaki, namun yang lahir ternyata perempuan. Jika Anda menolak kehadirannya, anak bisa menjadi rendah diri dan akan menunjukkan sikap bermusuhan terhadap Anda.

9. Suka menghukum
Untuk menerapkan disiplin, orangtua cenderung bersikap agresif terhadap kesalahan-kesalahan anak. Dengan begitu, bisa jadi anak Anda akan melakukan hal yang sama terhadap anaknya kelak.

10. Suka menggoda
Bukan masanya lagi untuk mengolok-olok kekurangan anak. Karena, mengungkapkan kekurangan anak di depan orang banyak sama saja dengan merendahkannya. Akibatnya, anak merasa tidak dihargai dan rendah diri.


loading...
loading...