Manfaat Jeruk Nipis Bagi Kesehatan & Kecantikan

Manfaat Jeruk Nipis Bagi Kesehatan & Kecantikan Kita. Jeruk nipis merupakan tanaman perdu yang termasuk familia atau suku rutaceae dan sering ditemui di Indonesia. Selain sebagai penyedap makanan, tanaman ini juga memiliki manfaat dari kesehatan hingga kecantikan.

Tanaman dengan nama latin Citrus aurantifolia swingle ini memiliki banyak dahan dan ranting, dan mampu tumbuh menjulang hingga 6 meter. Tanaman jeruk nipis mampu berbuah setelah berusia sekitar 2,5 tahun. Batangnya berkayu, daunnya bulat seperti telur dan setiap daun bertangkai sendiri.

Tanaman jeruk nipis ini tumbuh liar, sehingga banyak orang yang membudidayakan tanaman tersebut dari hasil cangkok. Jeruk nipis dapat ditanam di kebun atau pekarangan rumah, dengan syarat berada pada ketinggian 100 meter di atas permukaan laut.

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan Kecantikan

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Mengatasi Berbagai Penyakit

Buah jeruk nipis mengandung berbagai zat yang berkhasiat untuk tubuh, meliputi lemak, mineral, damar, vitamin B1 dan vitamin C. Jeruk nipis juga mengandung asam sitrat hingga sekitar 7,6 persen. Sedangkan kandungan minyak terbang yang terdapat dalam jeruk nipis, meliputi limonen, felladren, cadinen, sitral, lemon kamfer, linanin asetat dan geranil asetat.

Berikut ini cara pengolahan jeruk nipis untuk kesehatan maupun kecantikan, yaitu :

1. Demam
Ambil 2-4 buah daun jeruk nipis, kemudian rebus 2-4 gelas air. Saring untuk mengambil air rebusan. Basahi handuk kecil dengan perasan air tersebut, kemudian kompres di dahi penderita demam.

2. Sakit tenggorokan
Untuk mengobati sakit tenggorokan, campur getah batang dengan garam yang cukup.

3. Disentri, mencret, ambeien
Akar tanaman direbus selama kurang lebih 30 menit, lalu saring dan minum airnya.

4. Anemia
Ambil 2 butir telur ayam, 25 lembar daun bayam duri, 10 lembar daun tapak liman, 2 sendok makan madu murni dan 1/2 buah jeruk nipis. Setelah dibersihkan, tumbuk daun bayam dan daun tapak liman, kemudian ambil airnya. Air tumbukan tersebut campur dengan madu, jeruk nipis dan kuning telur. Aduk hingga rata. Untuk pengobatan maksimal, konsumsi ramuan tersebut 2 kali sehari.

5. Batuk kronis
Ambil jeruk nipis tua satu buah dan peraslah. Ambil perasan sebanyak satu sendok teh dan campurkan kecap manis. Minumlah tiga kali sehari agar batuk Anda segera mereda.

6. Bau ketiak yang tidak sedap
Campurkan jeruk nipis dengan kapur sirih. Usapkan campuran tersebut di area ketiak. Biarkan campuran tersebut beberapa waktu hingga mengering, kemudian basuh dengan air. Terapkan kebiasaan tersebut pagi dan sore hari setelah mandi.

Berbeda dengan pemanfaatan jeruk nipis untuk dikonsumsi, siapkan jeruk nipis kemudian peras. Perasan tersebut campur dalam air teh yang akan dikonsumsi. Efek positifnya, minuman tersebut memperlancarkan Anda untuk buang air kecil, serta dapat membuat tubuh Anda menjadi lebih segar.

Itulah sedikit tips dari Zona Keren yang bisa Anda praktekkan dirumah. Manfaat jeruk nipis memang sangat bagus bagi kesehatan ataupun untuk kecantikan kita. Semoga bermanfaat untuk Anda.


loading...
loading...