Manfaat Kunyit & Efek Bagi Kesehatan

Manfaat Kunyit & Efek Bagi Kesehatan Kita. Kunyit atau yang bisa disebut kunir (Curcuma longa Linn. syn. Curcuma domestica Val) merupakan salah satu tanaman rempah-rempah yang dapat ditemukan di wilayah Asia Tenggara. Selain sebagai rempah, kandungan dari kunyit juga mampu dimanfaatkan untuk berbagai obat atau jamu untuk merawat kesehatan maupun kecantikan.

Menurut penelitian Journal of American College of Nutrition, kandungan pada kunyit terdiri dari senyawa kurkumin yang bersifat antioksidan, antiperadangan, antibakteri, antitumor, dan antibakteri. Manfaat kunyit untuk kesehatan adalah untuk mengobati penyakit berikut :

Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan

Manfaat Kunyit1. Perut kembung
Usus yang meradang akan mengakibatkan perut menjadi kembung. Pada situasi ini, kunyit berkemampuan untuk mengatasinya. Untuk melancarkan kembali proses pencernaan, kunyit mempunyai khasiat untuk meningkatkan detoksifikasi dan sirkulasi darah.

2. Jerawat
Sifat antioksidan pada senyawa kurkumin yang terdapat dalam kunyit ternyata mampu mengatasi masalah jerawat dengan tepat. Kombinasi antara kunyit dengan air atau yogurt dipercaya dapat membantu mengurangi flek hitam bekas jerawat di wajah Anda.

3. Kanker
Kandungan kurkumin pada kunyit memiliki khasiat yang cukup baik untuk penanganan kanker. Sifat antioksidan pada kurkumin tersebut memberikan penekanan terhadap aktivitas human papillomavirus(HPV).

HPV merupakan virus yang menjadi penyebab berkembangnya kanker serviks dan kanker mulut. Dalam dunia kedokteran, belum ditemukan obat yang tepat untuk mengobati penyakit tersebut. Namun penemuan terbaru menurut jurnal ecancermedicalscience, menyatakan bahwa kunyit mampu menurunkan aktivitas HPV pada sel kanker mulut yang terkena infeksi. Pemanfaatan kunyit untuk penyakit ini ialah mengonsumsi campuran air kunyit dengan madu dan garam sehari sekali.

4. Alzheimer
Neurodegeneratif Alzheimer sebenarnya bukan penyakit menular. Penyakit ini identik dialami oleh orang yang berusia lanjut namun bisa dicegah. Kandungan kurkumin pada kunyit berperan untuk membersihkan plak beta-amyloid pada penyakit ini.


loading...
loading...