Penyebab Bau Badan & Cara Menghilangkannya

Penyebab Bau Badan & Cara Menghilangkannya. Bau badan yang tidak sedap merupakan masalah sepele namun cukup meresahkan. Hal tersebut mengakibatkan orang tidak percaya diri atas penampilannya. Oleh karena itu, banyak orang menyiasati dengan penggunaan deodorant dan berbagai parfum untuk mendapatkan kesan mengharumkan badan.

Penyebab Bau Badan & Cara Menghilangkannya

Padahal hal tersebut tidak bertahan lama, atau bahkan tidak berhasil. Pada dasarnya, makanan yang dikonsumsi sehari-hari juga mempengaruhi bau badan Anda.

Penyebab Bau Badan

Bagi Anda yang memiliki masalah pada bau badan, sebaiknya menghindari beberapa makanan yang dapat menyebabkan bau badan berikut ini :

1. Bawang putih

Bawang putih memiliki kandungan allicin. Zat ini membuat tumbuhnya bakteri yang kemudian bercampur dengan keringat, sehingga menimbulkan bau badan yang tidak sedap. Penanganan dari masalah ini adalah Anda bisa mengolesi ketiak dengan sari buah apel atau cuka putih.

2. Kari
Kari atau gula ayam merupakan makanan yang mungkin sering Anda konsumsi sehari-hari. Mengapa kari ayam dapat membuat bau badan? Tanpa Anda sadari, aroma rempah yang keluar dari kari ternyata menempel pada pori-pori tubuh Anda, sehingga membuat bau pada badan Anda kurang sedap. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan kawanan jahe yang diolah dalam bibit aromatik.

3. Daging merah
Menurut penelitian dari Republik Ceko pada tahun 2006, bau badan vegetarian lebih memikat daripada pemakan daging. Untuk menghindari timbulnya bau badan, hendaknya Anda mengurangi konsumsi daging merah dan menggantinya dengan sayuran atau makanan laut.

4. Sayuran silang
Sayuran silang ini meliputi kubis dan brokoli. Nutrisi dan antioksidan pada sayuran tersebut memang bagus, namun sayuran tersebut ternyata memiliki kandungan sulfur, sehingga mengakibatkan bau badan yang kurang sedap. Untuk menanggulangi masalah tersebut, ada baiknya Anda memperhatikan tata cara mengolah sayuran, yaitu merebus sayuran sejenak sebelum dimasak. Mengurangi konsumsi kubis dan brokoli juga merupakan tindakan yang tepat.

5. Sayur asparagus
Sayur asparagus memiliki kandungan senyawa sulfur mercaptan yang terurai dalam sistem pencernaan. Bagi beberapa orang yang tubuhnya tidak memiliki enzim penghancur mercaptan, mengonsumsi sayur tersebut akan membuat urin berbau. Solusi untuk Anda, paprika panggang sepertinya mampu menggantikan peran sayur asparagus sebagai daftar konsumsi Anda. Sayur tersebut diyakini tidak menimbulkan bau tak sedap.

Itulah beberapa poin penting dalam ulasan singkat mengenai penyebab bau badan dan bagaimana cara solusi mengatasi bau badan tersebut.


loading...
loading...