Penyebab Bau Mulut Tak Sedap & Cara Mengatasinya

Penyebab Bau Mulut Tak Sedap & Cara Mengatasinya. Apa yang Anda rasakan jika mencium bau mulut tak sedap? Pasti Anda memutuskan untuk menyingkir. Namun bagaimana jika hal ini terjadi pada Anda? Rasanya tidak pecara diri akan timbul dalam diri Anda. Apa saja yang menjadi penyebab bau mulut tak sedap dan bagaimana cara mengatasinya?

Penyebab Bau Mulut Tak Sedap & Cara Mengatasinya

Tidak sedikit orang yang mengeluhkan bau mulut walaupun sudah rajin gosok gigi. Kemungkinan efek dari gigi berlubang juga sangat sedikit karena setelah memeriksakan ke dokter gigi, ternyata gigi tidak mengalami masalah.

Penyebab Bau Mulut Tak Sedap

Nah, karena kedua faktor di atas juga tidak terpenuhi, ada baiknya Anda memperhatikan makanan yang Anda konsumsi sehari-hari. Berikut ini merupakan cara-cara untuk mengatasi bau mulut tidak sedap:

1. Mengonsumsi 1,5 liter air putih setiap harinya. Selain membuat tubuh berfungsi normal, air putih juga akan membilas atau menyiram berbagai bakteri yang berada di rongga mulut, sehingga aroma mulut menjadi lebih segar.

2. Perbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahan segar. Asupan karbohidrat yang berasal dari sayur dan buah segar mampu mengimbangi keton (produk sampingan pembakaran lemak). Hal tersebut disebabkan sayur dan buah mengandung karbohidrat yang kaya serat.

3. Minimalisir minuman yang bersifat asam. Soda, soft drink, teh atau segala produk minuman kemasan biasanya menggunakan zat citric acid dalam proses pengawetan. Zat tersebut memiliki dampak yang buruk untuk Anda, yaitu munculnya bau mulut, dan email gigi menjadi lebih tipis.

4. Memperbanyak camilan sehat. Untuk mengurangi bau mulut yang tidak sedap, sebaiknya Anda mengonsumsi buah dan sayuran yang bertekstur renyah untuk dijadikan camilan.
Camilan-camilan sehat tersebut mampu menyapu bakteri sisa-sisa makanan yang terselip di gigi. Selain itu, dengan mengunyah makanan yang kaya serat, berdampak positif untuk menghasilkan cairan ludah yang lebih banyak yang berfungsi untuk menyapu bakteri jahat. Camilan tersebut dapat berupa buah apel, salak, seledri ataupun wortel.

5. Gunakan sikat dan benang untuk membersihkan gigi dan lidah. Benang gigi membantu proses pengeluaran sisa-sisa makanan yang terselip di antara gigi. Berbeda lagi, tumpukan plak dan bakteri dapat musnah apabila Anda menyikat gigi dan lidah rutin tiap harinya.

6. Sesering mungkin mengonsumsi jus hijau segar. Jus yang berasal dari kombinasi buah dan sayuran bersifat minuman basa, sehingga mampu menciptakan lingkungan sel yang sehat.

Nah, itulah beberapa faktor penyebab bau mulut tak sedap dan cara mengatasinya dengan mudah. Semoga cara alami atasi bau mulut tak sedap ini bermanfaat untuk Anda.


loading...
loading...