Resep & Cara Membuat Es Pisang Ijo

Resep & Cara Membuat Es Pisang Ijo. Bagaimana sih cara mudah membuat es pisang ijo yang segar dan nikmat, dan apa saja bahan serta resepnya? Pisang Ijo atau Es Pisang Ijo adalah salah satu kuliner khas Indonesia yang berasal dari Sulawesi Selatan. Tepatnya di kota Makassar, minuman ini terbuat dari bahan utama yaitu pisang ijo.

Resep & Cara Membuat Es Pisang Ijo

Pisang ijo sendiri berupa pisang yang dibalut adonan tepung berwarna hijau. Cara memasaknya pun dengan cara mengukusnya di dalam sebuah dandang. Tepung berwarna dibuat dari tepung, air, pewarna hijau atau air daun suji dan air daun pandan.

Nah, Anda penasaran resep dan cara membuat es pisang ijo ini? Kami sajikan untuk Anda, dan pastikan Anda siapkan bahan-bahan dari es pisang ijo ini.

Resep & Cara Mudah Membuat Es Pisang Ijo

Bahan-bahan (1) :

– 10-11 lembar daun suji.

– 10 lembar daun pandan.

– 100 ml air putih.

– 350 gram tepung beras.

– 400-450 ml santan sedang.

– 50 gram gula pasir (putih).

– ½ sdt garam halus.

– 4-5 buah pisang raja yang sudah tua (lalu dikukus).

– Beberapa lembar daun pisang atau bisa menggunakan aluminium foil.

– Minyak goreng sebagai bahan olesan.

– Sirup manis cocopandan (dapat menggunakan yang lain).

– Es batu secukupnya.

Bahan – bahan (2) saus :

– 1 liter santan cair.

– 60 gram tepung beras.

– 100 gram gula pasir.

– ½ sdt garam.

– 1 lembar daun pandang yang dipotong-potong.

Cara Membuat :

  • Tumbuk daun suji dan juga daun pandan, lalu beri sedikit air kemudian peras dan saring. Setelah itu campurkan hasil saringan dengan tepung beras, gula, santan dan juga garam. Masak di atas api kecil smbil di aduk hingga mengental dan matang.
  • Kemudian ambil selembar daun pisang atau aluminium foil, lalu olesi dengan minyak pada permukaannya, kemudian taruh beberapa sendok adonan tepung lalu pipihkan. Setelah itu, letakkan satu buah pisang raja, kemudian lapisi lagi dengan adonan di atas pisang raja lalu gulung layaknya lontong, kemudian kukus hingga matang.
  • Campurkan semua bahan saus, aduk hingga rata lalu masak sambil di aduk hingga benar-benar mengental, kemudian angkat dan dinginkan.
  • Potong pisang hijau lalu ajikan bersama saus santan dan juga sirup cocopandan atau alternatif lainnya, dengan tambahan es batu.

Sekarang, Anda bisa mempraktekannya di rumah. Sajikan Es Pisang Ijo ini untuk keluarga tercinta Anda. Nantikan resep-resep lainnya hanya di Zona Keren.


loading...
loading...