Tips Membeli Mobil Bekas Berkualitas yang Benar & Tepat

Tips Membeli Mobil Bekas Berkualitas yang Benar dan Tepat. Sebenarnya memiliki mobil merupakan kebutuhan tersier. Namun seiring dengan perkembangan jaman, mobil menjadi kebutuhan sekunder dan bahnakn primer. Kondisi cuaca yang sangat panas dan sering hujan di sore atau malam hari membuat sebagian orang berpendapat memiliki mobil merupakan kebutuhan utama.

Selain itu, daya tampung mobil juga lebih besar daripada motor, sehingga efisiensi mengangkut juga lebih tinggi dibandingkan dengan motor dalam hal daya tampung. Untuk keperluan mudik, mobil juga dijadikan pilihan untuk pulang ke kampung halaman. Selain lebih irit, mobil juga dapat menampung keluarga lebih banyak hingga 5 – 8 orang.

Tips Membeli Mobil Bekas

Bagi sebagian orang, membeli mobil bukanlah hal yang sulit, namun bagi kebanyakan orang, memiliki mobil harus memiliki budget yang besar. Apalagi bagi orang yang memiliki dana pas-pasan. Banyak orang yang memilih untuk membeli mobil-mobil bekas di bursa mobil maupun lewat dieler atau lewat jasa makelar.

Harga Mobil Terbaru Bulan Ini:

Untuk Anda yang memiliki dana pas-pasan tapi ingin memiliki mobil, ada baiknya anda membaca tips kami terlebih dahulu sebagai referensi sebelum anda membeli mobil bekas incaran anda.

  1. Browsing

Sebelum anda ingin membeli sebuah mobil bekas, sebaiknya anda browsing dahulu di internet tentang harga dan spesifikasi mobil anda. Di jaman yang sudah modern ini, apapun bisa anda temukan di internet, termasuk seputar mobil bekas. Dengan memahami harga dan spesifikasi mobil incaran anda, anda dapat dengan bijak memilih mobil yang akan anda incar. Anda dapat mencari di situs jual beli online maupun situs dealer mobil bekas. Dengan begitu anda dapat menyiapkan dana dan dapat mempertimbangkan mengenai mobil incaran anda.

  1. Cek secara langsung

Jangan membeli m/ deal sebelum anda mengecek mobil incaran anda secara langsung. Jangan mudah percaya dengan penjual / makelar yang menawarkan mobil bekasnya dalam keadaan tanpa cacat. Sebaiknya anda mengecek sendiri mobil incaran anda secara langsung, jika memiliki teman yang paham tentang mesin, ajaklah teman anda untuk ikut dalam mengecek kondisi mobil. Pengecekan mobil meliputi interior, eksterior, mesin. Fitur entertainment dan lain sebagainya. Akan kami sajikan hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pengecekan:

  • Bodi mobil

Ketika anda melakukan pengecekan mobil bekas incaran anda. Perlu dicek pada bagian bodi mobil, apakah mobil pernah tabrakan, atau terdapat penyok di bodi mobil. Perlu diketahu bahwa mobil yang pernah kecelakaan akan lebih rawan rusak pada bagian bodinya, karena biasanya bodi mobil yang telah didempul akan mengelupas. Periksa dengan hati-hati mobil anda, jika terdapat goresan pada cat maupun penyok pada mobil, sebaiknya anda meninggalkan mobil tersebut.

  • Mesin

Hal utama dalam membeli mobil bekas adalah pada pengecekan mesin. Periksa kondisi mesin mobil bekas incaran anda. Pertama yang perlu dilakukan, periksa kap mobil, kemudian dilihat apakah mesin terlihat bersih atau tidak. Periksa juga apakah ada rembesan maupun tetesan oli pada kap mesin. Karena hal tersebut mengindikasikan bahwa mobil tersebut ada yang tidak beres.

Kemudian coba cek suara mesin ketika dihidupkan, dengarkan secara cermat, apakh suara yang dihasilkan terdengar halus atau kasar. Jika terdapat keanehan dalam mesin, seperti terdengar kasar maupun berisik, sebaiknya anda meninggalkan mobil tersebut. Dan juga periksa apakah knalpot mengeluarkan asap ketika mobil dinyalakan.

  • Kelistrikan

Dalam pengecekan kelistrikan, anda dapat mengecek seluruh bagian listrik yang terdapat pada mobil, seperti lampu sen, klakson, audio, AC, security alarm dan lain sebagainya. Jangan sampai anda luput pada pengecekan kelistrikan

  1. Test Drive

Jika sudah dilakukan pengecekan, lakukan test drive pada mobil incaran anda. Kemudikan mobil pada kecepatan 40 – 60 km / jam. Perhatikan baik-baik apakah handling dan performa mesin masih baik atau terjadi kejanggalan dalam kemudi. Kemudikan dengan tikungan tajam dan juga pengecekan rem, apakah terdengar suara decitan dari suara rem.

Anda tidak perlu ragu untuk meninggalkan mobil tersebut jika dirasa ada yang tidak beres.

  1. Cek surat-surat kendaraan

Pengecekan surat-surat kendaran juga merupakan hal yang sangat penting. Kenali latar belakang mobil tersebut, karen kepemilikan mobil menyangkut masalah legalitas dan hukum. Periksa semua surat-surat kendaraan seperti BPKP dan STNK. Jangan sampai anda membeli mobil bodongan, bisa bertambah masalah jika ternyata mobil yang anda beli merupakan mobil curian.

  1. Pertimbangkan model pembayaran

Banyak dealer mobil bekas yang menawarkan metode kredit dan cash. Pertimbangkan dengan bijak apa yang harus anda lakukan untuk melunasi mobil incaran anda. Hitung dengan baik estimasi biaya yang diperlukan, apakah hall tersebut akan memberatkan anggaran anda di masa yang akan datang.

  1. Jangan tergesa-gesa memilih kendaraan

Ini tips terakhir yang paling penting. Jangan tergesa-gesa dalam memilih mobil bekas. Pilih secara hati-hati dan bijaksana mobil incaran anda. Jangan sungkan untuk membatalkan membeli jika anda memang tidak cocok dengan mobil yang ditawarkan. Yakinlah bahwa masih terdapat mobil bekas mulus dan berkualitas di luar sana.


loading...
loading...