Tips Mengatasi Rambut Rontok dengan Cara Tepat

Tips Mengatasi Rambut Rontok dengan Cara Tepat. Mengatasi rambut rontok harus segera Anda lakukan jika helaian rambut Anda semakin banyak yang rontok. Rambut rontok merupakan permasalah yang banyak dialami orang selain ketombe. Umumnya, faktor yang menyebabkan rambut rontok adalah konsumsi obat-obatan tertentu, kondisi medis dan faktor keturunan.

Tips Mengatasi Rambut Rontok dengan Cara Tepat

Perlu diingat bahwa rambut rontok bisa terjadi pada siapa pun, bahkan anak-anak. Rambut rontok juga penyebab kebotakan bila tidak segera diatasi. Nah, ada beberapa cara mengatasi rambut rontok yang dapat meningkatkan pertumbuhan rambut dan memperkecil kemungkinan terjadinya rambut rontok. Dikutip dari meetdoctor.com, ada beberapa jenis obat untuk mengobati kerontokan rambut yang sudah disetujui Food and Drug Administration (FDA).

Cara Mengatasi Rambut Rontok

Misalnya, pengobatan hormonal yang mengurangi kadar DHT (dihidrotestosteron) di kulit kepala. Keberadaan DHT bisa mengecilkan pori-pori dan folikel rambut yang susah tumbuh. Cara mengatasi rambut rontok ini bisa didapatkan di dokter spesialis kulit dan kelamin. Biasanya, obat hormonal ini diberikan dalam bentuk cairan yang dioles dan diminum. Cara pemberian obat hormonal ini tergantung derajat keparahan kerontokan rambut yang diderita.

Cara mengatasi rambut rontok yang paling modern adalah prosedur bedah tanam rambut dan stem cell transplantation.

Dalam prosedur ini, benih rambut yang tidak terpengaruh hormone DHT ditanamkan di area yang mengalami kerontokan. Sedangkan stem cell transplantation disuntikkan ke kulit kepala yang mengalami kerontokan. Stem cell kemudian akan berkembang menjadi benih folikel rambut yang tumbuh di kemudian hari. Bila Anda memilih cara mengatasi rambut rontok ini, Anda bisa berkonsultasi ke dokter spesialis bedah plastik rekonstruksi dan estetik.

Namun, Anda juga bisa mencoba cara mengatasi rambut rontok secara alami seperti berikut ini:

  • Mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang.
  • Menghindari melakukan beberapa gaya rambut yang membuat rambut tegang seperti kepang atau kuncir kuda.
  • Menghindari melakukan hal-hal yang dapat merusak rambut seperti mewarnai rambut dan penggunaan pengering rambut yang terlalu panas dan lama.
  • Mengalami rambut rontok memang dapat membuat seseorang menjadi stres. Tapi ketahuilah bahwa stres dapat meningkatkan risiko rambut rontok.
  • Menjaga dan merawat rambut Anda dengan baik karena mengonsumsi suplemen belum terbukti dapat membantu memperbaiki rambut rontok.

Semoga bermanfaat! Anda juga bisa merawat wajah Anda yaitu dengan cara memutihkan kulit wajah agar selalu tampil cantik dan segar. Dapatkan tips lainnya seputar kesehatan dan teknologi hanya di blog ZonaKeren.com.


loading...
loading...