SUN Energy Review: Definisi, Manfaat dan Contoh Teknologi Ramah Lingkungan

SUN Energy Review Definisi, Manfaat dan Contoh Teknologi Ramah Lingkungan

Teknologi ramah lingkungan adalah sebuah teknologi yang di dalam pembuatannya menerapkan bahan baku yang ramah untuk lingkungan. Di jaman sekarang, tentunya kita harus dituntut untuk mencinta bumi dan lingkungan seperti saat kita beralih untuk menggunakan solar panel. Dengan adanya teknologi ramah lingkungan, itu menjadi jawaban atas dampak pencemaran lingkungan yang kerap kali menjadi masalah dalam belakangan waktu ini.

Apa Saja Manfaat Dari Teknologi yang Ramah Lingkungan?

1. Lebih Murah dan Hemat Biaya

Keunggulan dari teknologi satu ini adalah murah dan tergolong hemat biaya. Hal ini dikarenakan penerapan teknologi tersebut memanfaatkan sumber daya yang dimiliki oleh alam. Sehingga nantinya ketika menggunakannya akan mampu menghemat biaya dibandingkan dengan teknologi pada umumnya.

Walaupun ketika anda menggunakannya pertama kali, proses pembuatan teknologi satu ini memang membutuhkan biaya yang banyak. Akan tetapi, setelah proses pembuatan tersebut, tentunya teknologi ini akan mampu menghemat biaya. Hal ini dikarenakan dengan memakai teknologi ramah lingkungan hanya perlu memanfaatkan sumber daya alam yang ada.

2. Dapat Mengurangi Resiko Pencemaran Lingkungan

Tak jarang banyak teknologi canggih yang digunakan oleh manusia belakangan ini tidak ramah lingkungan dan sangat merugikan alam. Hal ini dikarenakan bahan bahan yang digunakan kerap kali menimbulkan pencemaran lingkungan. Oleh karena itu, ketika anda menggunakan teknologi yang ramah lingkungan, hal tersebut akan mengurangi dampak dari pencemaran lingkungan.

3. Tidak Adanya Dampak Negatif Pada Lingkungan

Salah satu keunggulan yang dimiliki ketika anda menggunakan teknologi yang ramah lingkungan adalah tidak adanya dampak negatif terhadap lingkungan. Dengan penggunaan teknologi satu ini, akan mampu mengurangi limbah yang mampu merusak dan mencemari lingkungan tempat tinggal di sekitar anda.

Oleh karena itu, dengan menggunakan teknologi yang ramah lingkungan, hal tersebut menandakan bahwa limbah dan sumber daya alam yang ada akan bisa dimanfaatkan dengan baik. Sehingga hal ini akan menimbulkan efek yang positif demi keberlangsungan alam yang tidak tercemar.

Sumber Daya Alam Dapat Dimanfaatkan Dengan Baik

Pemanfaatan sumber daya alam yang baik akan mampu menunjang kehidupan anak cucu kita kelak. Hal ini dikarenakan sumber daya alam yang dimiliki oleh bumi sangatlah melimpah. Oleh karena itu, akan sayang sekali apabila anda tidak memanfaatkannya dengan baik. Melalui teknologi yang ramah lingkungan dapat menjadi salah satu cara menggunakannya dengan bijak.

Contoh Dari Teknologi yang Ramah Lingkungan Dalam Kehidupan Sehari Hari

1. Mobil Listrik

Salah satu contoh teknologi ramah lingkungan adalah mobil listrik. Pemanfaatan dari mobil listrik ini pun mulai banyak digunakan, terutama di kota kota besar. Ada banyak jenis  dari mobil listrik yang digunakan, mulai dari FCEV ( Furel Cell Electric Vehicle). PHEV ( Plug in Hybrid Electric Vehicle), HEV ( Hybrid Electric Vehicle) dan juga BEV ( Battery Electric Vehicle).

Dengan menggunakan mobil listrik, kendaraan satu ini memiliki sistem kerja yakni mengubah energi yang ada di listrik menjadi energi mekanik. Dengan adanya putaran tersebut akan membuat mesin menjadi bertransmisi. Dengan begitu, roda pada mobil akan berputar dan mobil akan melaju.

2. Panel Surya

Panel surya juga menjadi salah satu contoh teknologi ramah lingkungan yang bisa mulai anda temukan dalam kehidupan sehari hari. Dengan menggunakan panel surya ini akan mengubah energi surya atau tenaga matahari menjadi energi listrik. Sebenarnya, panel surya sendiri adalah alat yang mampu mengubah energi surya menjadi listrik.

Perubahan tersebut dapat terjadi karena adanya aliran elektron yang terdapat di dalam solar cell atau sel surya. Dengan adanya arus listrik yang timbul akibat energi foton yang diterimanya tersebut akan mampu membebaskan elektron yang bera di dalam sambungan semikonduktor tipe N dan juga tipe P untuk mengalir. Sehingga panel surya ini juga menjadi teknologi yang ramah lingkungan.

3. Kincir Angin

Selain itu, ada pula contoh lain yang bisa anda temui, terutama ketika anda berada di negara Belanda. Kincir angin ternyata memanfaatkan prinsip konversi energi dan mengubahnya menjadi energi listrik. Ketika energi angin memutar atau menggerakkan turbin, maka putaran tersebut nantinya akan langsung disambungkan dengan menggunakan generator.

Sehingga nantinya akan menghasilkan listrik yang dialirkan untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan manusia. Oleh karena itu, kincir angin juga menjadi salah satu teknologi ramah lingkungan. Hal ini dikarenakan dengan kincir angin akan memanfaatkan sumber daya yang dimiliki alam yakni angin untuk menghasilkan tenaga listrik yang tentunya sangat bermanfaat.

Setelah memahami manfaat pentingnya dan beberapa contoh dari penerapan teknologi yang ramah lingkungan pada teknologi sehari hari, hal tersebut tentu saja akan mampu menjadi gambaran bagaimana nantinya anda mampu menjaga kelestarian alam. Anda pun bisa mencoba memanfaatkan panel surya untuk menghasilkan tenaga listrik, salah satunya dengan menggunakan SUN Energy, sebagai produsen panel surya terbaik.