adplus-dvertising

15 Ide Bisnis Kecil dengan Potensi Besar yang Perlu Diketahui dan Bisa Dicoba

Ide Bisnis Kecil dengan Potensi Besar yang Perlu Diketahui dan Bisa Dicoba

Bisnis adalah salah satu sumber penghidupan bagi banyak orang dalam menghasilkan uang. Di Indonesia sendiri, bisnis sudah tidak asing lagi dengan kehidupan kita.

Salah satu faktor yang membuat banyak orang tertarik tentang bisnis adalah karena bisnis memberikan penghasilan yang menggiurkan dan menghasilkan uang bagi kita dan banyak orang juga tahu semua bisnis kecil akan memperluas pasar menjadi masif.

Apa saja usaha kecil yang memiliki potensi besar dan menghasilkan uang di tahun ini? Lantas, adakah bisnis yang mudah dalam menghasilkan uang untuk mata pencaharian Anda? Simak pembahasan dan uraian lebih lengkap di bawah ini!

Ide Bisnis & Peluang Usaha Kecil dengan Potensi Besar

Ide Bisnis dan Peluang Usaha Kecil dengan Potensi Besar

Berikut ini adalah beberapa peluang bisnis atau ide usaha yang bisa Anda coba untuk menghasilkan uang.

1. Menjual Kursus Online

Apakah Anda ahli dalam memasak? Atau mahir membuat sesuatu? Keterampilan apa pun yang Anda kuasai, Anda dapat mengajarkan keterampilan Anda kepada orang lain.

Jika Anda tidak mahir dalam mengajari orang lain tentang keterampilan Anda, Anda dapat berbagi pengalaman yang Anda miliki sehingga mereka dapat lebih memahami keterampilan tertentu.

Anda akan dibuatkan instruktur kursus atau kelas dalam bentuk video dan menjual kursus Anda secara online.

Anda tidak harus menjadi ahli terbaik di industri Anda, cukup Anda memiliki keterampilan yang dapat diajarkan kepada orang lain.

2. Bisnis Penjualan Barang Bekas

Jika Anda sudah membeli barang untuk kebutuhan Anda sendiri, maka Anda bisa saja akan menjual barang tersebut jika barang tersebut sudah lama digunakan. Bisnis ini lebih ke perdagangan dan melibatkan keuangan dalam bisnis ini.

Biasanya, Anda dapat memperbaiki barang bekas atau lama untuk dijual kembali kepada pelanggan baru. Di antara barang-barang lama yang menarik untuk dijual adalah seperti perabot rumah tangga dan sebagainya.

Banyak yang lebih suka berhemat dan merujuk pada barang-barang lama dalam kondisi yang masih bagus dan bisa digunakan terutama untuk para lajang atau keluarga dengan ekonimi pas-pasan.

Biasanya, Anda dapat menggunakan beberapa platform untuk menjual barang-barang lama misalnya melalui Facebook Marketplace dan lainnya, di mana semua platform yang menjual dan membeli barang secara online dan memiliki banyak pengguna aktif di platform tersebut.

Anda dapat menggunakan platform untuk menghasilkan pendapatan yang menguntungkan, pada kenyataannya semua platform gratis.

3. Dropship

Secara sederhana, dropship dapat dikatakan sebagai salah satu cara bagi Anda untuk memulai bisnis dengan modal rendah. Dropship adalah model cabang bisnis internet yang dapat dijalankan oleh siapa saja yang memiliki akses internet dengan menjadi agen dropship dan mempromosikan produk.

Dengan kata lain, dropship merupakan sebuah cara untuk menghasilkan uang dan mendapatkan penghasilan yang cukup mudah dengan modal yang sangat minim.

Biasanya bagaimana dropship dijalankan? Anda perlu mengumpulkan semua pesanan yang Anda terima, pelanggan melakukan pembayaran kepada Anda berdasarkan harga jual, setelah itu Anda membayar untuk harga agen atau produsen, keuntungan bersih yang Anda simpan karena itu adalah keuntungan Anda, selanjutnya produsen akan mengirimkan barang ke pelanggan Anda.

Jadi Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli produk untuk dijual kembali. Sebagian besar produsen kini mencari agen dropship untuk meningkatkan penjualan produknya.

Biasanya mereka akan memberikan panduan pemasaran produk, informasi produk, dll agar Anda tidak ketinggalan dan dapat menjalankan penjualan dengan lebih efektif.

4. Membuat Blog

Jika Anda suka menulis artikel, Anda dapat memulai blog Anda sendiri. Bagaimana cara menghasilkan keuntungan melalui blog Anda?

Anda dapat membantu perusahaan bisnis besar untuk menulis artikel dan mereka akan membayar Anda jika artikel Anda ditulis dengan baik serta mendapat tanggapan yang baik.

Setelah blog Anda mulai memiliki pengunjung tertentu, Anda dapat menulis artikel yang berhubungan dengan topik lain seperti masakan, fashion, mobil dan sebagainya untuk memperluas kategori pembaca blog Anda.

Jika blog Anda memiliki pengikut atau pendukung yang sangat mendukung blog Anda, Anda bisa mulai menawarkan kelas memasak, e-book resep masakan, hasil kerajinan tangan, dan sebagainya untuk menambah penghasilan Anda.

5. Layanan Cuci Mobil

Usaha ini hanya membutuhkan modal kecil seperti spon, kain, ember dengan sabun cuci mobil. Biasanya, Anda dapat menemukan banyak tempat cuci mobil yang menunggu Anda untuk pergi ke toko mereka untuk mencuci mobil, bukan?

Jika Anda mencoba pergi ke rumah pelanggan untuk menservis dan mencuci mobil mereka, itu juga merupakan cara untuk mengembangkan bisnis cuci mobil Anda.

Jika bisnis Anda telah menghasilkan keuntungan yang tinggi, Anda dapat menawarkan lebih banyak layanan seperti penyedot debu, pembersihan interior, semir, dan sebagainya sehingga pelanggan memiliki lebih banyak pilihan dengan membeli lebih banyak layanan di toko Anda.

Mengapa bisnis cuci mobil dianggap sebagai bisnis kecil yang layak? Karena kebanyakan orang sekarang malas pergi cuci mobil karena terlalu menyita waktu dan jauh dari rumah.

Jadi jika Anda menawarkan layanan ini, mereka pasti akan mencoba melayani bisnis Anda karena Anda membuat bisnis mereka lebih mudah.

6. Membuka Jasa Pemasaran

Jika Anda memiliki keterampilan untuk membuat dan menjalankan iklan online, Anda dapat membantu menciptakan pemasaran tentang suatu produk untuk pelanggan Anda. Selain itu, Anda dapat menjadi pemasar dalam bisnis pribadi dan memberikan ide pemasaran untuk membantu perusahaan memperoleh keuntungan yang menggiurkan.

Kemungkinan Anda sudah familiar dengan Facebook Ads atau Google Ads, sehingga Anda dapat membantu orang menjual produk secara online melalui jaringan periklanan tersebut.

Jika mereka tidak percaya dengan keuntungan Anda, Anda dapat membuat sesi uji coba terlebih dahulu, setelah itu mereka hanya membayar Anda untuk menjalankan iklan untuk bisnis mereka dan layanan untuk mereka secara gratis.

Jika mereka puas dengan kinerja Anda, mereka akan melakukan pembayaran gaji untuk pekerjaan Anda.

7. Menyewakan Peralatan & Barang

Jika Anda memiliki banyak peralatan seperti kamera, lighting, audio system, tripod dan lain-lain, Anda bisa menyewakan peralatan tersebut untuk pelanggan. Sebagian besar peralatan ini diperlukan untuk satu atau dua kali kesempatan saja. Jadi, mereka tidak akan melakukan pembelian karena terlalu boros.

Selain menjalankan bisnis persewaan peralatan, Anda juga bisa menyewa mobil, buku komik dan lain sebagainya.

Anda akan mendapatkan keuntungan yang besar karena penyewaan kepada penyewa akan dilakukan secara berurutan dan mendapatkan return yang tinggi.

Untuk mencegah pencurian, Anda perlu menyiapkan formulir persetujuan serta mencantumkan kebijakan dalam perjanjian.

Terkadang, pelanggan akan melakukan tindakan asusila seperti menyita barang Anda dan tidak bisa lagi dihubungi karena sudah kabur dari aktivitas ini. Dengan ini, formulir persetujuan memainkan peran penting dalam insiden ini dan melindungi hak-hak Anda.

8. Menjadi Ghost Writer

Ghost writer atau “penulis hantu” adalah orang yang menulis buku untuk orang yang ingin menerbitkan buku. Umumnya, seorang ghost writer akan membuat draft isi buku yang akan diterbitkan dan melakukan resensi cukup tiga kali sebelum buku tersebut diterbitkan di pasaran.

Kebanyakan dari mereka terdiri dari para pengusaha sukses, tokoh atau pemimpin di Industri yang dipimpinnya.

Mereka sangat berpengetahuan, tetapi juga membutuhkan penulis untuk menulis buku mereka karena mereka tidak dapat menggunakan kata atau kalimat yang tepat untuk menggambarkan atau menyampaikan pesan yang ingin mereka sampaikan kepada pembaca buku mereka.

Jika Anda pandai menulis, Anda dapat mendekati tokoh-tokoh ini dan menanyakan apakah ada kesempatan bagi kita untuk membantu mereka menerbitkan buku.

9. Jasa Copywriting

Copywriting sangat dibutuhkan oleh para pelaku bisnis yang membuat iklan secara online. Biasanya, bisnis besar membutuhkan orang yang menulis iklan untuk menarik lebih banyak pelanggan agar membeli produk bisnis mereka.

Sebenarnya menulis iklan sama dengan menulis artikel saja. Penulisan iklan bertujuan untuk menarik perhatian orang dan memberi mereka kepercayaan diri untuk membeli produk dengan kita. Struktur penulisan iklan juga memiliki langkah-langkah dan unsur-unsurnya.

Jika Anda memiliki keahlian atau keahlian dalam menulis iklan atau artikel, Anda sangat mudah mendapatkan pekerjaan dari bisnis tersebut.

Padahal, Anda perlu memiliki pengalaman dalam menulis artikel untuk bisnis atau blog orang lain agar dapat menghasilkan artikel yang memiliki konten yang lebih menarik.

10. Jasa Desain

Ide bisnis yang ke sepuluh adalah membuka jasa desain. Adapun ide bisnis ini sejatinya sangat cocok untuk seseorang yang kreatif agar menghasilkan hasil desain yang berbeda dari yang lain. Industri desain sangat luas, mulai dari desain kartu pernikahan, desain spanduk dan lain sebagainya.

Umumnya, Anda bisa mendapatkan pekerjaan desain dari berbagai industri karena berbagai industri membutuhkan pekerjaan desain untuk bisnis mereka.

Karya desain berisi logo, poster, postingan media sosial dan lain sebagainya. Misalnya, Anda bisa memulai sebuah karya desain yaitu desain kartu pernikahan atau spanduk upacara dalam skala besar.

11. Menjadi Tukang Cukur

Sebagai permulaan, Anda tidak perlu membuka toko baru atau membeli alat mahal untuk melakukan layanan tukang cukur. Anda bisa mencoba membuat jasa tukang cukur di rumah Anda dengan menyediakan jasa tukang cukur saja.

Biasanya, pelanggan akan datang ke toko dan menghabiskan puluhan menit menunggu giliran.

Jika Anda bisa memberikan layanan yang bisa datang ke rumah pelanggan dan memberikan layanan tukang cukur, pelanggan akan merujuk ke layanan yang menyederhanakan dan menghemat waktu mereka.

12. Jasa Pembuatan Website

Di zaman sekarang ini, setiap orang pasti memiliki smartphone masing-masing. Oleh karena itu, banyak juga orang yang menggunakan smartphone untuk membeli barang secara online. Anak muda juga akan berpikir untuk membuat bisnis online untuk menjual produknya.

Akhirnya mereka akan mencoba membangun website untuk menjalankan bisnis penjualan produk mereka sendiri.

Anda bisa mencoba memberikan jasa pembuatan website kepada orang-orang yang ingin menggunakan website tersebut untuk menjual produknya. Biasanya, mereka akan membutuhkan situs web yang rapi dan ramah pengguna.

13. Jasa Kebersihan Rumah

Di zaman yang serba canggih ini, banyak orang yang terlalu sibuk dengan pekerjaannya sendiri. Oleh karena itu, ada beberapa orang yang tidak mampu untuk menyewa orang dengan gaji tetap untuk membersihkan rumah mereka.

Dengan ini, Anda dapat membuat bisnis yang menyediakan layanan pembersihan rumah bagi mereka yang memiliki pekerjaan sendiri.

Bagi yang kesulitan membersihkan rumahnya, Anda bisa menawarkan jasa pembersihan rumah ke grup ini.

Anda juga dapat meminta pembayaran per jam, pekerjaan yang dilakukan mingguan atau bulanan dengan tarif yang lebih rendah dibandingkan dengan mempekerjakan orang dengan gaji tetap.

Kegiatan sehari-hari yang terlibat dalam pengabdian ini tidak memerlukan keterampilan yang terlalu sulit, hanya perlu mengetahui dasar-dasar pengetahuan membersihkan rumah seperti membersihkan kamar, menyapu dan mengepel lantai, mencuci pakaian dan menghilangkan debu di dalam rumah.

14. Mengikuti Program Afiliasi

Afiliasi biasanya akan menggunakan tautan khusus mereka sendiri untuk mempromosikan produk orang lain untuk meningkatkan pendapatan mereka sendiri. Yang terpenting, tidak memerlukan biaya apapun dan gratis.

Mengapa seorang afiliasi dapat memperoleh keuntungan yang tinggi dengan bergabung dalam program afiliasi? Anda dapat bergabung dengan program afiliasi, di mana biaanya Anda tidak perlu mengeluarkan biaya apa pun untuk bergabung dengan program afiliasi dan menghasilkan uang dengan mendapatkan komisi dari penjualan produk.

Misalnya, Anda menjadi afiliasi produk ABCDE. Jika ada pelanggan yang mengklik tautan khusus Anda dan membeli produk, maka Anda akan mendapatkan komisi dari produk tersebut.

15. Jasa Mengelola Media Sosial

Saat ini, semua bisnis pasti memiliki media sosial. Biasanya, mereka akan melakukan pemasaran melalui media sosial seperti membangun merek mereka sendiri, berinteraksi dengan pengikut merek kita dan membangun audiens bisnis mereka.

Anda dapat menawarkan layanan penanganan media sosial dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan upah agen pemasaran tersebut.

Biasanya, hanya segelintir orang yang mahir dalam pemasaran melalui manajemen media sosial.

Dengan demikian, Anda memiliki kemungkinan besar untuk melakukan bisnis media sosial ini dengan keuntungan memiliki lebih banyak pengalaman di industri pemasaran.

Itulah beragam ide usaha dan peluang bisnis yang bisa Anda coba untuk menghasilkan uang. Meskipun terlihat kecil dan sederhana, namun dapat berpotensi menghasilkan pendapatan yang besar jika Anda tekuni dengan baik.