Spot Wisata Museum Sepuluh November

Spot Wisata Museum Sepuluh November

Surabaya menjadi salah satu wilayah bersejarah di Indonesia. Hal ini diabadikan dengan adanya Museum Sepuluh November. Berkunjung ke museum ini kamu bisa menyaksikan berbagai peninggalan sejarah di masa perjuangan kemerdekaan.

Museum ini didirikan pada tanggal 19 Februari 2000 dan diresmikan oleh Presiden RI ke-4 yaitu KH Abdurrahman Wahid. Di sana pengunjung bisa menemukan berbagai peninggalan bersejarah dari para pahlawan nasional dengan desain interior yang menarik.

Spot Museum Sepuluh November 2022

Museum yang menyimpan berbagai benda bersejarah ini dibangun dengan bentuk piramida yang sekilas menyerupai monumen Louvre di Perancis. Hal menarik lainnya bisa kamu temukan di bagian dalam spot mesum yang terdiri dari dua lantai yaitu lantai 1 dan lantai 2.

1. Spot di Lantai 1

Di lantai 1 pengunjung akan menemukan berbagai diorama patung yang menunjukan sejarah perjuangan rakyat Surabaya dalam melawan tentara Inggris. Salah satunya adalah diorama Bung Tomo yang dilengkapi dengan radio jadul miliknya.

Selain itu terdapat rekaman pidato Bung Tomo yang berhasil menggerakan para pejuang Surabaya untuk berjuang dan meraih kemenangan. Area ini bisa kamu temukan ketika awal memasuki Museum tersebut.

2. Spot Lantai 2

Sedangkan di lantai 2 kamu akan menemukan berbagai peninggalan sejarah seperti senjata yang digunakan pada masa perjuangan. Mulai dari senjata laras panjang, keris, pisau, dan pistol. Terdapat juga peninggalan Bung Tomo, seperti catatan Bung Tomo, mata uang jaman dahulu, dan lain-lainnya.

Ketika kamu menghadap ke bagian luar museum di samping Tugu Pahlawan. Di sana terdapat monumen Makam Pahlawan Tak Dikenal. Bangunan tersebut dibentuk untuk mengenang jasa ribuan pahlawan dan rakyat sipil yang meninggal ketika peristiwa 10 November di Surabaya.

Tips Berkunjung ke Museum Sepuluh November

Ketika pandemi aturan berkunjung ke Museum lebih ketat dari sebelumnya. Pengunjung harus memesan tiket secara online. Ketika berkunjung petugas akan melakukan pengecekan suhu, tiket, asal daerah wisatawan, dan perihal kesehatan. Selain itu terdapat beberapa hal yang harus kamu siapkan.

1. Memperhatikan Jam operasional

Ketika memesan tiket kamu akan mendapatkan informasi mengenai jam buka dan tutup dari museum ini .Museum ini bisa kamu kunjungi mulai jam 08.00-14.00. Maka waktu berkunjung paling baik adalah pagi hari, sehingga lebih leluasa untuk mengeksplor seluruh area di tempat tersebut.

2. Siapkan Kamera

Tentunya kamu tidak ingin melewatkan setiap momen berharga ketika berkunjung ke Museum Sepuluh November. Sebelum berangkat pastikan mengisi daya kamera maupun ponsel untuk mengabadikan setiap sudut di tempat tersebut.

3. Mempersiapkan Keberangkatan

Jika kamu berniat akan berlibur ke Surabaya dan ingin mengunjungi Museum Sepuluh Nopember, tempat ini berlokasi di Jl. Pahlawan, di sekitar Alun-alun Contong Kecamatan Bubutan Kota Surabaya, Jawa Timur.

Untuk memulai perjalanan dari Jakarta, kamu bisa menggunakan kendaraan kereta api. Selain lebih cepat, moda transportasi ini juga dapat menghindari dari kemacetan arus lalu lintas di perjalanan. Kamu dapat cek tiket kereta melalui aplikasi travel, salah satunya Pegipegi.

Pada aplikasi Pegipegi, kamu bisa mendapatkan tiket kereta api Jakarta Surabaya dengan harga promo. Dengan pemesanan tiket online, bikin perjalanan jadi lebih praktis dan nyaman hingga sampai ke tujuan.

Sumber:

  • https://www.goodnewsfromindonesia.id/2021/11/10/berwisata-ke-tugu-pahlawan-dan-museum-sepuluh-november-di-surabaya
  • https://sikidang.com/museum-sepuluh-november/
  • https://www.tribunnewswiki.com/2021/08/03/museum-sepuluh-nopember