5 Tips Menggunakan Semen Instan Anti Bocor untuk Mengatasi Kebocoran Kamar Mandi

Tips Menggunakan Semen Instan Anti Bocor untuk Mengatasi Kebocoran Kamar Mandi

Kebocoran kamar mandi merupakan salah satu hal yang sering terjadi dan dialami oleh banyak orang. Di mana akibat kamar mandi yang bocor ini, akan membuat tembok di baliknya menjadi lembab dan rusak. Masalahnya akan semakin pelik jika kamar mandi yang bocor berada di lantai dua. Sebab, selain dapat merusak tembok, kebocoran ini juga bisa merusak langit-langit lantai satu, bahkan perabotan yang ada di bawahnya.

Saat ini sudah banyak produk yang bisa memudahkan proses perbaikan dan renovasi rumah. Bahkan untuk kerusakan ringan, maka Anda bisa melakukannya sendiri. Untuk kebocoran kamar mandi, Anda bisa melakukan perbaikan dengan menggunakan semen instan.

Perlu diketahui, semen instan adalah produk bahan bangunan yang cepat kering dan juga anti bocor. Yang harus Anda perhatikan adalah pemilihan semen instan yang tepat dan berkualitas agar dapat mengatasi kebocoran pada kamar mandi Anda.

Semen Instan PRO X 207

Salah satu produk yang banyak direkomendasikan adalah semen instan anti bocor PRO-X 207. Produk ini merupakan hasil kolaborasi dari No Drop Avian Brands dan MU – Mortar Utama. Adapun semen instan PRO-X 207 ini sendiri merupakan pelapis kedap air dalam bentuk semen, yang fleksibel digunakan untuk permukaan basah atau pun kering.

Tips Memperbaiki Kamar Mandi yang Bocor

Tips Memperbaiki Kamar Mandi yang Bocor

Dalam kasus kebocoran kamar mandi, Anda bisa mengandalkan PRO-X 207 dengan mengikuti beberapa tips berikut ini.

1. Membongkar Lantai Kamar Mandi

Langkah pertama dalam memperbaiki kebocoran kamar mandi adalah membongkar keramiknya. Di mana keramik tersebut harus dibongkar dan direkatkan kembali dengan menggunakan semen anti air agar tidak terjadi kebocoran lagi.

Untuk lebih menghemat biaya perbaikan, Anda harus melakukan pembongkaran dengan hati-hati agar keramik tidak rusak dan tetap bisa digunakan kembali. Selain menghemat biaya, Anda juga bisa tetap mempertahankan keserasian konsep kamar mandi Anda.

2. Membersihkan dan Menambal Lantai Beton Kamar Mandi

Jika proses pembongkaran sudah selesai, Anda bisa melanjutkan proses perbaikan dengan melakukan pembersihan lantai beton. Pembersihan ini wajib dilakukan dengan baik, agar semen anti bocor dapat melekat dengan baik.

Selama proses pembersihan, Anda bisa sekaligus meneliti adakah bagian dak beton yang retak atau rusak. Setelah diketahui posisi retakannya, maka Anda bisa menambal atau lebih dikenal dengan sebutan grouting. Proses ini adalah proses penambalan dan penyuntikan retakan agar struktur beton bagus kembali.

3. Memberikan Pelapis Anti Bocor Berbahan Semen

Setelah melewati dua langkah sebelumnya, maka Anda bisa melanjutkan ke proses utama yaitu melapisi lantai dengan pelapis anti bocor berbahan semen yang berkualitas, misalnya PRO-X 207.

Perlu Anda ketahui, PRO-X 207 merupakan produk semen antibocor yang memiliki dua komponen, yaitu komponen A (berupa cairan) dan komponen B (berupa bubuk). Selanjutnya, proses pencampuran bisa Anda lakukan sesuai dengan petunjuk yang terdapat dalam kemasan.

Disarankan tidak mengganti salah satunya dengan produk lain, agar hasil yang diperoleh bisa maksimal. Sedangkan untuk cara mengaplikasi bisa menggunakan kuas atau trowel sebanyak dua lapis. Untuk lapisan pertama lakukan secara horizontal, sedangkan lapisan kedua dilakukan secara vertikal atau pun sebaliknya. Berikan jeda antara lapisan 1 dan 2 sekitar 3-6 jam ahar hasilnya maksimal.

5. Pastikan Jaringan Listrik Tetap Aman

Setelah proses pelapisan dengan semen antibocor selesai, Anda bisa melanjutkan dengan pemasangan keramik. Pastikan Anda mengisi sela-sela antar keramik dengan menggunakan nat agar rapat dan terlihat rapi.

Selain itu, pastikan juga semua proses perbaikan tidak mengganggu jaringan listrik. Cek kembali jaringan listrik sebelum pemasangan keramik, agar Anda tidak kesulitan lagi jika ternyata ada jaringan yang terputus.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk memperbaiki lantai kamar mandi yang bocor, terutama untuk kamar mandi lantai dua. Karena pengerjaannya diperlukan kehati-hatian dan juga ketelitian, ada baiknya jika Anda meminta bantuan kepada tukang yang sudah ahli.