5 Cara Efektif Mencegah Penyebaran dan Penularan Virus Corona

Cara Mencegah Penyebaran dan Penularan Virus Corona

Kepanikan melanda dimana-mana akibat mewabahnya pandemi Virus Corona (Covid-19) yang bermula dari daerah Wuhan, Tiongkok. Wabah penyakit yang hingga kini belum ditemukan obat maupun vaksin yang terbukti efektif ini telah menyebar luas ke berbagai penjuru belahan dunia, tak terkecuali negara kita Indonesia.

Tercatat, lebih dari sejuta orang di seluruh dunia terinfeksi penyakit Covid-19 yang beritanya sangat mengerikan dan membuat cemas. WHO sendiri sebagai Badan Kesehatan Dunia bersama dengan CDC sebagai Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit telah menerbitkan berbagai saran dan himbauan guna mencegah penyebaran dan penularan virus corona ini.

Cara Mencegah Penyebaran Virus Corona

Selain tetap di rumah (Stay at Home) dan tidak keluar rumah kcuali untuk hal-hal yang sangat penting, ada beberapa hal yang bisa sobat lakukan untuk melindungi diri dari penularan virus corona sehingga penyebarannya pun dapat diminimalisir.

1. Rutin Mencuci Tangan

Rajin mencuci tangan adalah salah kebiasaan yang sangat baik dan bahkan merupakan cara yang paling efektif untuk melindungi diri dari penularan virus corona. Sobat sangat dianjurkan untuk rajin mencuci tangan dengan sabun menggunakan air mengalir setidaknya selama 20 detik. Bersihkan pula seluruh bagian tangan sobat, termasuk jari dan sela-sela jari serta ujung kuku.

Dalam keadaan darurat apabila sobat tidak menemukan sabun dan air (misalnya ketika sobat tidak di rumah), sobat juga dapat memakai hand sanitizer yang mengandung 60% alkohol.

Dengan nencuci tangan menggunakan sabun dan air atau pun menggunakan pembersih tangan (hand sanitizer) yang mengandung alkohol maka akan sangat membantu dalam membunuh virus yang menempel di tangan sobat.

2. Physical Distancing

Physical distancing sendiri merupakan perubahan dari social distancing yang digaungkan oleh WHO. Karena yang perlu dijaga sejatinya adalah jarak fisik bukan jarak sosial yang justru dapat memicu muncul gap dalam hubungan sosial bermasyarakat.

Dalam pelaksanaan physical distancing, dianjurkan untuk menjaga jarak dengan orang lain minimal 1 atau 2 meter. Himbauan semacam ini juga telah diberikan oleh pemerintah Indonesia.

Jarak ini merupakan jarak yang cukup aman untuk menghindari terkenanya droplet (tetesan air dari hidung atau mulut orang) ketika batuk atau bersin. Lebih baik mencegah daripada mengobati.

3. Hindari Memegang Mata, Hidung, dan Mulut

Sobat perlu menghindari untuk memegang mata, hidung, dan mulut guna mencegah penularan virus corona. Tentu saja hal ini sangat susah dilakukan jika sobat selama ini memiliki kebiasaan semacam itu.

Namun hal ini sangat penting untuk dilakukan karena tangan biasanya menyentuh banyak permukaan barang yang bisa jadi telah terpapar virus corona. Virus yang telah menempel di permukaan tangan dapat berpndah ke dalam tubuh manusia melalui hidung, mulut ataupun mata.

Jika hal itu terjadi, maka virus corona telah masuk ke dalam tubuh dan siap untuk menginfeksi tubuh dengan penyakit covid-19.

4. Perhatikan Etika Bersin dan Batuk

Ketika sobat bersin dan batuk jangan tutup dengan telapak tangan, karena tangan adalah bagian yang paling sering digunakan untuk memegang barang dan permukaan benda. Namun tutuplah dengan siku bagian dalam karena bagian ini jarang sekali menyentuh ataupun tersentuh. Dengan demikian risiko penyebaran dan penularan virus dapat dihindari.

Sobat juga bisa menutup mulut dengan tisu, namun sesegera mungkin buang tisu tersebut ke tempat sampah dan segera cuci tangan sobat dengan sabun dan air mengalir atau gunakan hand sanitizer

5. Gunakan Disinfektan

Untuk mencegah penyebaran virus corona, sobat juga sangat disarankan untuk rajin membersihkan permukaan barang dan benda yang sering disentuh dengan menggunakan disinfektan. Misalnya saja permukaan meja, gagang pintu, keyboard laptop, pintu toilet, handphone, keran air, dan benda-benda lainnya.

Hal ini tidak hanya berlaku untuk dalam rumah atau ruangan saja, namun juga perlu dilakukan area luar ruangan. Jika pekerjaan semacam ini dirasa berat atau sobat merasa kesulitan untuk mengerjakannya, maka sobat bisa menyewa jasa penyemprotan disinfektan dengan harga yang terjangkau.

Demikianlah sobat, beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah penularan dan penyebaran virus corona.