Monday , May 20 2024
Cara Mengatasi Nada Dering Tidak Bunyi di HP Oppo dengan Mudah

Ketahui 5 Cara Mengatasi Nada Dering Tidak Bunyi di HP Oppo dengan Mudah

Smartphone atau ponsel merupakan barang yang tidak bisa dipisahkan dengan kehidupan sehari-hari di masa kini. Banyak sekali produk smartphone yang beredar dipasaran, salah satu yang paling populer adalah brand HP dari Cina, yakni Oppo. Untuk dapat menggunakan smartphone dengan baik, pastinya kamu harus benar-benar membaca dan memahami Oppo Tutorial.

Di era saat ini, penggunaan berbagai aplikasi chat untuk bertukar pesan atau telepon sangatlah umum. Bahkan, untuk hal-hal penting seperti wawancara via video call atau verifikasi data. Saat-saat kamu sedang menunggu balasan chat atau telepon dari seseorang, kamu menjadi sangat sensitif dengan nada dering yang muncul dari HP kamu.

Dan yang lebih membuat kamu kesal, kamu melewatkan telepon penting ataupun membiarkan chat penting terlalu lama karena nada dering di HP Oppo kamu tidak berbunyi.

Cara Mengatasi Nada Dering Tidak Berbunyi di HP Oppo

Ada banyak penyebab nada dering smartphone kamu tidak berbunyi, tentunya cara penyelesaiannya juga berbeda tergantung dari jenis dan merknya. Berikut akan diulas Tutorial Oppo untuk masalah nada dering yang tidak berbunyi pada HP Oppo kamu.

Jika HP Oppo kamu tidak bisa mengeluarkan nada dering, berikut adalah beberapa cara yang layak kamu coba untuk mengatasinya:

1. Merestart Ulang Smartphone

Cara pertama merupakan cara yang paling umum dilakukan jika terjadi masalah pada smartphone, yaitu dengan merestart ulang HP Oppo kamu. kamu tidak perlu khawatir akan kehilangan data. Karena merestart hanya memuat ulang kembali semua aplikasi.

Seperti layaknya manusia yang butuh istirahat, merestart HP Oppo kamu akan memberikan kesempatan perangkat kamu untuk mematikan semua aplikasi dan menyalakannya kembali dalam kondisi segar dan baik.

2. Lakukan Pegecekan pada Pengaturan Suara

Jika cara yang pertama tidak berhasil, maka kamu bisa mencoba cara yang kedua yaitu melakukan pengecekan pada pengaturan suara di HP Oppo kamu. Perikasalah apakah kamu sudah memasukkan pilihan nada dering pada menu notifikasi dan juga panggilan. Seringkali pada kolom nada dering masih kosong sehingga tidak bersuara saat ada panggilan ataupun pesan

Hal tersebut bisa saja terjadi saat UI smartphone Oppo (ColorOS) melakukan proses update pada program-program yang berada dalam aplikasi smartphone. Bisa jadi saat melakukan update pengaturan sistem akan kembali ke awal. Dan menyebabkan nada dering yang sudah terpilih terhapus.

3. Pastikan Memilih Mode Dering

Setelah kamu memastikan nada dering sudah terpilih, namun tetap gagal. Sebaiknya kamu mencoba cara berikutnya yaitu dengan memastikan mode pengaturan suara yang kamu gunakan di HP Oppo kamu. Minimal terdapat 4 jenis mode yaitu mode dering, mode getar, mode diam dan mode pesawat. Patikan agar HP Oppo kamu berada dalam mode dering agar nada dering dapat berbunyi.

4. Mengecek Pemberitahuan dan Bilah Status

Jika ketiga cara sebelumnya masih tidak membuahkan hasil, kamu bisa mencoba cara yang ke empat. Yaitu dengan cara mengecek pada menu pemberitahuan dan bilah status di HP Oppo kamu.

Caranya adalah dengan memastikan aplikasi telepon bagian suara dan getaran dalam keadaan enable, Karena jika saat aktif suara dan getar saat ada panggilan masuk akan terdengar.

Namun jika kamu benar-benar tidak ingin melewatkan telepon penting, maka kamu bisa mengaktifkan pemberitahuan prioritas di HP Oppo kamu. Di mana hal ini guna memastikan agar HP Oppo kamu tetap berbunyi meskipun dalam keadaan “Jangan Ganggu” atau “Do Not Disturb”.

Caranya juga sangat mudah, di mana kamu tinggal masuk pada menu pengaturan. Kemudian kamu pilih saja pemberitahuan dan bilah status, lanjutkan dengan memilih kelola pemberitahuan, selanjutnya pilih telepon. Setelahnya, jangan lupa memastikan suara dan getaran peberitahuan dalam keadan enable atau aktif.