4 Cara Terbaik Menghilangkan Bau Membandel pada Pakaian yang Bisa Anda Coba

Cara Terbaik Menghilangkan Bau Membandel pada Pakaian yang Bisa Anda Coba

Apakah Anda pernah mengalami ketika hendak mengenakan pakaian favorit, ternyata baunya apek? Jika Anda mengalami hal semacam ini, maka Anda harus mencari cara terbaik menghilangkan bau membandel pada pakaian, agar momen yang menjengkelkan ini tidak akan terulang lagi.

Pakaian yang berbau apek tidak hanya berarti Anda menjadi gagal untuk mengenakannya, namun juga menandakan ada sesatu yang salah dengan cara Anda mencucui, menjemur ataupun menyimpan pakaian tersebut.

Jika Anda nekat memakai pakaian yang berbau apek tersebut, maka hal itu akan dapat mengganggu orang-orang di sekitar Anda sehingga mereka merasa tidak nyaman, dan rasa percaya diri Anda pun akan runtuh seketika.

Bau apek yang membandel pada pakaian bisa disebabkan oleh beberapa hal. Misalnya saja penjemuran tidak sepebuhnya kering kemudian buru-buru disimpan ke dalam lemari sehingga pakaian ditumbuhi jamur dan baketri penyebab bau apek.

Selain itu juga cuaca dan suhu yang lembap akibat mendung sehingga sinar matahari tidak optimal yang pada akhirnya menyebabkan pakaian tidak kering selama berhari-hari dan menimbulkan bau tidak sedap.

Tips Menghilangkan Bau Membandel pada Pakaian

Untuk mengatasi masalah bau apek yang membandel pada pakaian, Anda bisa mencoba beberapa tips dan cara di bawah ini.

1. Tambahkan Baking Soda

Cara pertama untuk menghilangkan bau apek yang membandel pada pakaian adalah dengan menggunakan baking soda atau soda kue. Bahan yang mudah didapatkan di sekitar kita ini memang memiliki banyak fungsi. Salah satunya untuk mengatasi bau yang membandel di pakaian.

Adapun cara melakukannya pun juga sangat mudah. Letakkan pakaian yang berbau apek dengan cara membentangkannya pada lantai atau permukaan yang datar. Kemudian Anda mulai taburkan baking soda tersebut pada pakaian yang baunya apek.

Setelah Anda biarkan semalaman, saatnya untuk membersihkan bubuk soda kue tersebut dengan sikat secara hati-hati. Lalu jemur saja pakaian tersebut di bawah terik matahari.

2. Gunakan Cuka

Selain soda kue, nyatanya cuka juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan bau yang membandel pada pakaian. Bahan ini juga mudah didapatkkan. Selain itu, penggunaannya pun juga sangat mudah.

Anda hanya perlu mencampurkan 2 sdm cuka dengan 1 sdm deterjen serta air hangat secukupnya. Selanjutnya Anda rendam saja pakaian yang berbau apek membandel tersebut hingga 30 menit. Lanjutkan dengan mencucinya seperti biasanya Anda mencuci pakaian.

Sebelum dibilas hingga bersih, tambahkan pewangi pakaian sehingga selain aroma apeknya hilang, pakaian juga menjadi lebih harum dan lembut. Setelah Anda bilas, jemur hingga kering sepenuhnya.

3. Manfaatkan Perasan Air Lemon

Lemon memang memiliki banyak manfaat. Selain bisa digunakan untuk menunjang kesehatan dan kecantikan, ternyata lemon juga bisa dipakai untuk mengatasi bau pakaian yang membandel.

Buatlah campuran yang berisi 1 gelas air perasan lemon dan juga 1 sendok takar deterjen cair. Selanjutnya Anda aduk hingga keduanya merata dan masukkan saja pakaian yang berbau apek untuk direndam selama sekitar 30 menit.

Langkah berikutnya adalah menuci pakaian tersebut dan tambahkan pengharum pakaian agar aroma apeknya benar-benar menghilang. Kemudian Anda jemur di bawah sinar matahari hingga pakaian tadi kering dengan sempurna. Pakaian Anda pun kini menjadi wangi dan bebas aroma apek yang membandel.

4. Masukkan Pakaian ke Dalam Freezer

Mungkin cara ini terdengar konyol. Namun faktanya, memasukkan pakain ke dalam freezer bukanlah hal baru untuk mengatasi bau apek yang membandel pada pakaian. Terlebih lagi untuk pakaian yang terbuat dari bahan jins.

Salah satu penyebab pakaian berbau apek atau tengik adalah kaarena adanya bakteri pada pakaian tersebut. Maka bakteri tersebut dapat dimusnahkan dengan memasukkan pakaian ke dalam freezer. Suhunya yang teramat dingin akan mematikan bakteri penyebab bau tidak sedap pada pakaian tersebut.

Anda cukup memasukkan pakaian yang apek ke dalam plastik kedap udara, lalu masukkan ke dalam freezer dan biarkan saja hingga semalaman atau sesuai kebutuhan.