Sebelum Sediakan Mobil Operasional Perusahaan, Perhatikan Hal Ini

Sebelum Sediakan Mobil Operasional Perusahaan, Perhatikan Hal Ini

Tak bisa dipungkiri, setiap kegiatan operasional dan kebutuhan transportasi dari perusahaan tentu akan lebih mudah bila menggunakan mobil. Sebab, alat transportasi satu ini memang dinilai paling efektif dan efisien dalam upaya pemenuhan mobilitas dan kegiatan sehari-hari.

Sayangnya, harga mobil masih relatif mahal, bahkan mungkin saja melebihi dari anggaran yang dimiliki perusahaan. Jadi, perusahaan pun harus mempertimbangkan berbagai faktor dalam proses pengadaan mobil perusahaan, mulai dari biaya hingga kelebihan dan kekurangannya.

Dengan mempertimbangkan secara matang berbagai faktor tersebut, perusahaan pun nantinya bisa menentukan perhitungan dengan lebih matang. Hal ini dilakukan demi menghindari timbulnya kerugian bagi perusahaan. Lantas, apa sajakah itu? Ini jawabannya:

Kelebihan Mobil Operasional

Jika perusahaan menyediakan mobil khusus operasionalnya tersendiri, nantinya perusahaan tersebut akan mendapatkan beberapa kelebihan atau keuntungan. Adapun kelebihan tersebut bisa dirasakan oleh karyawan maupun manajemennya sendiri, antara lain:

  • Membangun citra korporasi, di mata karyawan Anda sendiri atau klien, hingga nantinya korporasi akan dianggap lebih kredibel.
  • Pekerja lebih leluasa menjalankan pekerjaan kantor, sementara para klien akan memandang korporasi punya stabilitas keuangan baik.
  • Korporasi punya aset tersendiri, karena kendaraan mempunyai nilai jual dan fungsi. Kalau digunakan untuk keperluan bisnis, maka secara tidak langsung akan menghasilkan pendapatan terhadap korporasi.
  • Armada bisa diuangkan atau menjadi jaminan pinjaman ketika korporasi membutuhkan kucuran modal tambahan.

Kekurangan Mobil Operasional

Meski memiliki cukup banyak kelebihan atau keuntungan, ternyata pengadaan mobil operasional perusahaan juga memiliki beberapa kekurangannya tersendiri, seperti misalnya:

1. Investasi Bernilai Besar

Jika perusahaan memutuskan untuk menyediakan mobil khusus untuk operasional perusahaan, bisa dikatakan bahwa sebenarnya perusahaan sedang melakukan investasi bernilai besar.

Maka, tentu tak bisa dipungkiri bahwa bagi sebagian perusahaan, hal ini termasuk sebagai beban anggaran yang mungkin juga akan berdampak bagi kinerja ke depannya.

Oleh karena itu, investasi berupa pengadaan mobil perusahaan harus dipikirkan secara matang, apalagi jika dana tersebut bisa dialihkan untuk kepentingan lebih mendesak, seperti penambahan sarana atau sumber daya manusia.

2. Lahan Parkir dan Pengemudi

Bila memutuskan untuk menyediakan mobil operasional perusahaan, ketahuilah bahwa perusahaan juga akan membutuhkan lahan parkir dan pengemudi, sehingga dua hal ini harus dipikirkan terlebih dahulu. Sebagaimana diketahui, lahan parkir maupun pengemudi berperan penting untuk menjaga keamanan unit Anda.

3. Biaya Tambahan

Terakhir, ketahui juga bahwa nantinya Anda pelu mengeluarkan biaya tambahan untuk pajak, perawatan, asuransi kendaraan, dan lain-lain, di mana semakin banyak unitnya, maka semakin besar pula biayanya.

Nah, untuk mengatasi hal-hal tersebut di atas, sebaiknya pilih layanan rental mobil untuk perusahaan yang bisa dianggap sebagai cara terbaik mendapatkan sarana transportasi, sambil terus memastikan bahwa biaya operasional tidak membengkak.

Contohnya adalah rental mobil dari TRAC yang berada di bawah naungan PT. Serasi Autoraya dan termasuk ke dalam Grup Astra International, sehingga selalu memastikan pelanggannya mendapatkan pelayanan prima.

Untuk informasi lengkapnya, kunjungi langsung kantor cabang terdekat, melalui Customer Assistance Center di 1500009, atau mengirimkan email ke [email protected]

Semuanya bisa Anda akses melalui ponsel dengan aplikasi TRACtoGo yang dapat unduh lewat Google Play Store atau App Store. Di sini, temukan pula berbagai promo dan penawaran menarik khusus bagi Anda!