Sunday , April 21 2024
Ketahui Rekomendasi Aplikasi Invoice Terbaik agar Kamu Tidak Salah Pilih

Ketahui 3 Rekomendasi Aplikasi Invoice Terbaik agar Kamu Tidak Salah Pilih

Invoice adalah dokumen yang berisi rincian barang atau jasa yang telah disepakati oleh penjual dan pembeli, serta jumlah yang harus dibayar oleh pembeli. Invoice biasanya digunakan sebagai bukti transaksi, permintaan pembayaran, atau catatan akuntansi.

Membuat invoice secara manual jelas memakan banyak waktu dan tenaga, serta berisiko menimbulkan kesalahan atau kehilangan data. Oleh karena itu, banyak pengusaha yang beralih menggunakan aplikasi invoice untuk mempermudah proses pembuatan, pengiriman, dan pelacakan invoice.

Apa itu Aplikasi Invoice?

Aplikasi invoice adalah software atau aplikasi digital yang dapat membantu kamu membuat, mengirim, dan melacak invoice secara online. Aplikasi invoice biasanya memiliki fitur-fitur seperti template invoice yang dapat disesuaikan, integrasi dengan sistem pembayaran online, pengingat pembayaran otomatis, laporan keuangan, dan lain-lain.

Dengan menggunakan aplikasi invoice, kamu dapat menghemat waktu dan biaya, meningkatkan efisiensi dan akurasi, serta mengakrabkan hubungan dengan pelanggan.

Pertimbangan dalam Memilih Aplikasi Invoice

Hanya saja, tidak semua aplikasi invoice memiliki kualitas dan fitur yang sama. Ada beberapa faktor yang perlu kamu pertimbangkan sebelum memilih aplikasi invoice terbaik untuk bisnismu, seperti:

1. Harga

Pertimbangkan berapa harga dari aplikasi invoice yang akan kamu pilih. Beberapa aplikasi mungkin menawarkan model berlangganan bulanan tahunan atau hanya mengenakan biaya satu kali. Namun, ada juga lho aplikasi invoice yang bisa kamu gunakan secara GRATIS!

Untuk itu, coba kamu bandingkan antara beberapa aplikasi invoice yang berbeda. Hal ini dapat membantumu untuk menemukan aplikasi yang menawarkan nilai terbaik sesuai dengan fitur dan layanannya.

2. Kemudahan Penggunaan

Aplikasi invoice harus mudah digunakan dan dipahami oleh kamu dan pelanggan. Kamu harus dapat membuat dan mengirim invoice dengan cepat dan mudah, serta melihat status pembayaran dan laporan keuangan dengan jelas.

3. Kustomisasi

Aplikasi invoice harus dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan identitas bisnismu. kamu harus dapat memilih template invoice yang sesuai dengan jenis bisnismu, menambahkan logo dan informasi perusahaanmu, serta mengubah warna, font, dan tata letak invoice. Sehingga merek kamu selalu menempel dan mudah teringat oleh pelanggan, salah satunya melalui invoice yang khas bisnis kamu banget.

4. Integrasi

Aplikasi invoice harus dapat terintegrasi dengan sistem atau aplikasi lain yang kamu gunakan untuk menjalankan bisnismu, seperti sistem akuntansi sederhana, sistem manajemen stok, sistem pembayaran online, dan lain-lain. Dengan begitu, kamu dapat menyinkronkan data antara aplikasi-aplikasi tersebut dan menghindari duplikasi atau inkonsistensi data.

5. Keamanan

Aplikasi invoice harus memiliki sistem keamanan yang kuat untuk melindungi data pribadi, data finansial, dan data pelanggan. Aplikasi invoice harus menggunakan enkripsi data, otentikasi pengguna, backup data, pembaruan software, dan fitur keamanan lainnya untuk mencegah akses tidak sah, pencurian data, atau kerusakan data.

Rekomendasi Aplikasi Invoice Terbaik untuk Bisnismu

Berdasarkan faktor-faktor di atas, berikut adalah beberapa rekomendasi aplikasi invoice terbaik untuk bisnismu:

1. Paper.id

Aplikasi kirim invoice Paper.id

Kamu memiliki bisnis yang membutuhkan solusi invoice dan pembayaran yang mudah, cepat, dan aman? Kamu ingin menghemat waktu, biaya, dan tenaga dalam mengelola transaksi bisnis? Kamu ingin meningkatkan efisiensi, akurasi, dan kredibilitas bisnismu? Jika jawabanmu ya, maka kamu perlu mencoba Paper.id.

Paper.id merupakan platform invoice dan pembayaran bisnis online yang dapat digunakan oleh semua jenis bisnis, mulai dari usaha menengah hingga perusahaan besar. Paper.id memiliki berbagai fitur unggulan yang dapat membantumu dalam membuat, mengirim, dan melacak invoice, serta menerima dan melakukan pembayaran secara online. Berikut adalah beberapa fitur Paper.id yang dapat memberikan manfaat bagi bisnismu:

1.1. Invoice Digital dengan e-Meterai

Paper.id memungkinkan kamu untuk membuat invoice digital yang profesional dan sah dengan mudah. Kamu dapat memilih template invoice yang sesuai dengan merek bisnismu, menambahkan logo dan informasi perusahaan, serta mengubah warna, font, dan tata letak invoice. Kamu juga dapat membuat invoice berulang untuk pelanggan tetap atau langganan.

Selain itu, Paper.id juga menyediakan fitur e-Materai yang dapat membuat tagihanmu terkesan lebih resmi dan terpercaya. e-Meterai adalah meterai elektronik yang asli dari PERURI (Perum Percetakan Uang Republik Indonesia), yang dapat digunakan untuk membubuhkan tanda tangan digital pada dokumen elektronik. Dengan e-Meterai, kamu tidak perlu lagi membeli atau menempel materai fisik pada invoice.

1.2. Tersedianya Berbagai Metode Pembayaran

Paper.id juga memudahkan kamu dalam menerima dan melakukan pembayaran online dengan berbagai metode. Paper.id mendukung pembayaran online melalui kartu kredit, virtual account (VA), QRIS, dan banyak lagi. Paper.id juga menawarkan biaya transaksi yang lebih terjangkau dibandingkan dengan aplikasi sejenis (hingga 1,45% untuk kartu kredit dan Rp1.000 untuk di luar kartu kredit).

Dengan aplikasi kirim invoice Paper.id, kamu dapat mengirim invoice melalui email atau SMS dengan tautan pembayaran online. Pelanggan dapat membayar invoice dengan metode yang mereka inginkan tanpa perlu mendaftar atau login ke Paper.id. Kamu juga dapat melihat status pembayaran dan laporan keuangan secara real-time di dashboard Paper.id.

1.3. Integrasi dengan Sistem Lain

Paper.id juga dapat terintegrasi dengan sistem atau aplikasi lain yang kamu gunakan untuk menjalankan bisnismu, seperti sistem akuntansi, sistem manajemen stok, sistem manajemen inventori, sistem pembayaran online, dan lain-lain. Dengan begitu, kamu dapat menyinkronkan data antara aplikasi-aplikasi tersebut dan menghindari duplikasi atau inkonsistensi data.

Paper.id juga menyediakan solusi integrasi API untuk bisnis yang lebih simpel. Dengan integrasi API, kamu dapat mempermudah proses penagihan dan penerimaan pembayaran tanpa perlu coding dari awal. Paper.id akan melakukan maintenance untukmu, sehingga kamu bisa fokus mengurus operasional bisnis. Kamu juga dapat memilih modul sesuai dengan kebutuhanmu, mulai dari buat invoice hingga rekonsiliasi otomatis.

1.4. Keamanan Data yang Terjamin

Paper.id juga memiliki sistem keamanan data yang terjamin untuk melindungi data pribadi dan data finansial serta data pelanggan. Paper.id menggunakan enkripsi data, otentikasi pengguna, backup data, pembaruan software, dan fitur keamanan lainnya untuk mencegah akses tidak sah, pencurian data, atau kerusakan data.

Paper.id juga telah mendapatkan sertifikat PCI DSS (Payment Card Industry Data Security Standard) Level 1, yang merupakan standar keamanan tertinggi untuk industri pembayaran kartu kredit. Dengan sertifikat ini, Paper.id menjamin bahwa data kartu kredit dan data pelanggan milikmu akan aman dari risiko penipuan atau kebocoran.

Beberapa fitur Paper.id di atas tentunya mampu memberikan solusi invoice dan pembayaran bisnis online yang praktis dan aman bagi bisnismu. Dengan Paper.id, maka kamu tidak hanya dapat menghemat waktu dan biaya, namun juga meningkatkan efisiensi dan akurasi, serta memperbaiki hubungan dengan pelanggan. Customer Service (CS) Paper.id juga berlokasi di Indonesia dengan training yang ditekankan untuk bisa helpful menangani semua masalah pelanggan.

Jadi, tunggu apa lagi? Coba Paper.id sekarang juga, dan rasakan manfaatnya bagi bisnismu.

2. Zoho Invoice

Zoho Invoice merupakan salah satu aplikasi invoice yang sangat populer. Zoho Invoice adalah bagian dari Zoho Suite, sebuah platform bisnis online yang menyediakan berbagai solusi untuk kebutuhan bisnismu. Zoho Invoice memiliki fitur-fitur unggulan seperti:

  • Template invoice profesional yang dapat disesuaikan dengan merek bisnismu.
  • Pengiriman invoice melalui email atau SMS dengan tautan pembayaran online.
  • Pengingat pembayaran otomatis untuk mengirim notifikasi kepada pelanggan yang belum membayar.
  • Portal klien untuk memungkinkan pelanggan melihat dan membayar invoice online, serta memberikan umpan balik atau ulasan.
  • Laporan keuangan real-time untuk melacak pendapatan, pengeluaran, pajak, arus kas, dan kinerja bisnismu.
  • Integrasi dengan Zoho CRM, Zoho Books, Zoho Projects, Zoho Inventory, PayPal, Stripe, Google Pay, Razorpay, dan banyak lagi.

3. QuickBooks

QuickBooks merupakan aplikasi akuntansi online yang populer di kalangan pengusaha di seluruh dunia. QuickBooks tidak hanya dapat membantu kamu membuat dan mengelola invoice, tetapi juga menyediakan solusi akuntansi lengkap untuk bisnismu. QuickBooks memiliki fitur-fitur istimewa seperti:

  • Pembuatan invoice secara cepat dan mudah dengan template yang profesional dan dapat dikustomisasi.
  • Pengiriman invoice melalui email dengan tautan pembayaran online.
  • Penerimaan pembayaran online melalui QuickBooks Payments atau integrasi dengan PayPal, Stripe, Square, dan lain-lain.
  • Pengingat pembayaran otomatis untuk mengingatkan pelanggan yang belum membayar atau terlambat membayar.
  • Laporan keuangan akurat untuk melacak pendapatan, pengeluaran, pajak, arus kas, dan kinerja bisnismu.
  • Integrasi dengan QuickBooks Online, QuickBooks Desktop, QuickBooks Payroll, QuickBooks Time, dan banyak lagi.