Thursday , July 18 2024
Serba serbi SERA, Anak Usaha Astra yang Mempromosikan Program CSR Perusahaan

Serba-serbi SERA, Anak Usaha Astra yang Mempromosikan Program CSR Perusahaan

PT Serasi Autoraya, atau SERA, adalah salah satu anak perusahaan logistik dan transportasi utama Astra International di Indonesia. SERA telah mencatat perjalanan yang luar biasa dalam sektor transportasi. Berikut ini adalah ringkasan sejarah PT Serasi Autoraya, serta kemajuan, inovasi, dan pencapaian terbarunya. Kita akan melihat sejarah perusahaan ini dari awal pendiriannya hingga aplikasi terbarunya.

Sejarah: PT Sinar Inti Telaga hingga TRAC

Pada tahun 1986, PT Sinar Inti Telaga didirikan, dan perjalanan PT Serasi Autoraya dimulai. Perusahaan transportasi ini awalnya berfokus pada penyewaan mobil dan melayani berbagai demografi, mulai dari individu hingga perusahaan yang membutuhkan kendaraan. Perusahaan mengubah namanya menjadi “Astra Rent A Car” pada tahun 1990, menandakan keterlibatan Astra International dalam industri transportasi.

Pada 5 Oktober 2001, terjadi momen penting dalam sejarah perusahaan. Pada hari itu, perusahaan mengganti merek dagangnya menjadi “TRAC.” Nama TRAC adalah singkatan dari “Total Transportation Solutions,” yang mencerminkan fungsi perusahaan dalam menyediakan solusi transportasi yang komprehensif kepada pelanggan. Selain itu, perubahan nama ini menunjukkan komitmen SERA untuk terus berkembang dan menyediakan layanan transportasi berkualitas tinggi.

Ekspansi dan Diversifikasi: Tambah Layanan

SERA terus berkembang dan berinovasi. Perusahaan transportasi dan logistik ini tidak hanya berfokus pada penyewaan mobil; itu juga merencanakan untuk meluncurkan berbagai jenis layanan transportasi lainnya. Beberapa langkah penting dalam proses SERA adalah sebagai berikut:

  • Jasa Pengawakan Kendaraan: SERA mulai menyediakan layanan pengawakan kendaraan pada tahun 2003. Layanan ini memberikan jaminan dan keamanan tambahan bagi pelanggan yang menyewa kendaraan SERA.
  • Penyewaan Sepeda Motor: Dalam upaya untuk memenuhi berbagai preferensi dan kebutuhan transportasi pelanggan, SERA meluncurkan layanan penyewaan sepeda motor pada tanggal 26 Agustus 2004.
  • Taksi O-Renz: SERA meluncurkan taksi O-Renz di Surabaya pada tanggal 25 Oktober 2005. Ini adalah langkah yang diambil secara bijaksana untuk menyediakan solusi transportasi publik yang andal dan nyaman.
  • Berkolaborasi dengan Toyofuji Shipping: Pada tanggal 7 Desember 2005, SERA dan Toyofuji Shipping mendirikan PT Toyofuji Serasi Indonesia. Bentuk ekspansi ke bisnis pengapalan ini menunjukkan diversifikasi SERA di berbagai industri transportasi.
  • Mengambil Mobil88: Mobil88 resmi menjadi bagian dari SERA pada tanggal 1 Mei 2006. Ini adalah langkah strategis yang memungkinkan SERA memasuki pasar mobil bekas dan memberi pelanggan lebih banyak pilihan mobil.
  • Layanan Lelang Mobil Bekas: Ibid: SERA meluncurkan layanan lelang mobil bekas dengan merek “ibid” pada tanggal 3 April 2007. Lelang ini memberikan pelanggan kesempatan untuk mendapatkan mobil bekas berkualitas tinggi dengan harga yang kompetitif.
  • Pengangkutan Barang dengan Truk: SERA menawarkan solusi yang terintegrasi untuk distribusi dan logistik pada tahun 2007.
  • Pendirian PT Serasi Mitra Mobil: SERA mendirikan PT Serasi Mitra Mobil pada tanggal 21 Juni 2010 dengan tujuan membantu mobil88 dan menjaga bisnis penjualan mobil bekas berjalan lancar.
  • Ekspansi ke Bisnis Pengapalan: Untuk menunjukkan komitmen SERA untuk berinovasi dan berkembang di berbagai industri transportasi, PT Serasi Shipping Indonesia didirikan pada tanggal 29 Juli 2010.
  • Penyewaan Bus: Untuk memenuhi permintaan yang meningkat untuk penyewaan bus untuk berbagai kebutuhan, SERA mulai menyediakan layanan penyewaan bus pada tanggal 4 April 2012.
  • Layanan Kurir: SERA menambahkan layanan kurir ke portofolionya pada tahun 2014, memberikan solusi pengiriman yang efisien dan andal.

Aplikasi Astra Digital Mobil dan Mo88i (Mobbi): Transformasi Digital

Peluncuran aplikasi online untuk mobil bekas pada bulan September 2021 merupakan tonggak penting dalam perjalanan SERA. Aplikasi ini sebelumnya disebut “mo88i”, tetapi sekarang disebut “mobbi”. Mobbi adalah platform jual beli mobil bekas yang didukung oleh beberapa perusahaan Grup Astra, dan berdiri sendiri di bawah Astra International dengan nama PT Astra Digital Mobil.

Transformasi digital ini menandai komitmen SERA untuk mengikuti perkembangan teknologi dan memanfaatkannya untuk meningkatkan layanan pelanggan. Aplikasi Mobbi membuat proses pembelian mobil bekas yang lebih mudah dan nyaman.

Kantor di 26 kota di seluruh Indonesia

SERA adalah perusahaan transportasi Indonesia yang memiliki jangkauan bisnis yang luas. Hingga tahun 2020, perusahaan ini memiliki kantor cabang di 26 kota di Indonesia, menunjukkan komitmen SERA untuk memberikan layanan yang luas dan mendukung pelanggan di seluruh Indonesia.

  • PT Serasi Autoraya (SERA) adalah pilihan yang bagus untuk berbagai jenis transportasi. Berikut beberapa alasan mengapa SERA adalah pilihan yang baik untuk Anda:
  • Reputasi Astra International: SERA adalah anak usaha dari Astra International, salah satu grup perusahaan transportasi terbesar di Indonesia. Reputasi kuat Astra mencerminkan komitmen SERA terhadap kualitas dan layanan terbaik.
  • Layanan Terintegrasi: SERA menawarkan solusi transportasi yang terintegrasi dengan tidak hanya penyewaan mobil tetapi juga berbagai layanan terkait, seperti taksi, pengangkutan barang, penyewaan bus, dan mobil bekas.
  • Aplikasi Mobbi: SERA membuat proses pencarian dan pembelian mobil bekas berkualitas menjadi lebih mudah dengan peluncuran aplikasi Mobbi. Ini memberikan nilai tambah bagi pelanggan.
  • Prinsip Keberlanjutan: SERA mengutamakan prinsip keberlanjutan dalam operasionalnya, yang mencakup perlindungan lingkungan dan tanggung jawab sosial perusahaan.
  • Jaringan Cabang yang Luas: SERA dapat melayani pelanggan di berbagai wilayah dengan kantor cabang di 26 kota di Indonesia.

SERA terus berkembang dan berinovasi dari awalnya sebagai penyedia jasa penyewaan mobil hingga transformasi digital dengan mobbi. Dengan dukungan dari Astra International dan komitmen terhadap kualitas dan keberlanjutan, SERA tetap menjadi pilihan yang kuat dalam berbagai aspek transportasi.

CSR PT Serasi Autoraya

SERA memiliki program CSR yang luas yang mendukung keberlanjutan, kesejahteraan masyarakat, lingkungan, dan pendidikan. Beberapa program CSR utama SERA adalah:

1. Pendidikan Masyarakat

Pendidikan adalah pilar utama program CSR SERA. Perusahaan ini telah membangun berbagai inisiatif untuk mendukung pendidikan di berbagai tingkatan. Beberapa kursus utama termasuk:

  • Mobil Edukasi: Program SERA “Mobil Edukasi” membantu anak-anak di daerah terpencil dan sulit dijangkau mendapatkan akses ke pendidikan. Mobil-mobil ini dilengkapi dengan perpustakaan mobile dan fasilitas pembelajaran yang mendukung.
  • Beasiswa Pendidikan: SERA memberikan beasiswa pendidikan kepada siswa berprestasi yang kurang mampu untuk membantu mereka belajar dan mencapai potensi terbaik mereka.
  • Pemberdayaan Guru: Organisasi ini juga menawarkan dukungan dan pelatihan kepada guru di wilayah yang membutuhkan. Ini meningkatkan kualitas pendidikan lokal.

2. Perlindungan Alam

SERA memahami pentingnya perlindungan lingkungan dan berkomitmen untuk meningkatkan pelestarian sumber daya alam dan mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan. Beberapa inisiatif yang signifikan termasuk:

  • Penanaman Pohon: Perusahaan ini sering mengadakan penanaman pohon di tempat-tempat yang berbeda. Tujuan dari upaya ini adalah menghijaukan dan menjaga lingkungan.
  • Pengelolaan Limbah: SERA memprioritaskan pengelolaan limbah yang ramah lingkungan. Mereka mengelola dan mendaur ulang limbah mereka sebanyak mungkin.
  • Efisiensi Energi: SERA berkomitmen untuk mengadopsi praktik operasi yang lebih berkelanjutan dan mengurangi konsumsi energi.

3. Kesejahteraan Komunitas

Beberapa inisiatif utama SERA termasuk peningkatan kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan:

  • Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat: Perusahaan ini mendukung berbagai program untuk meningkatkan ekonomi masyarakat, khususnya di wilayah yang terpencil.
  • Program Kesehatan: SERA memberikan pemeriksaan medis dan program kesehatan gratis kepada masyarakat yang membutuhkan.
  • Bantuan dalam Bencana: Perusahaan ini membantu orang dalam bencana alam dan krisis sosial. Mereka memberikan bantuan darurat dan mendukung upaya pemulihan.

4. Inovasi dan Keberlanjutan

Salah satu fokus utama program CSR SERA adalah keberlanjutan. Beberapa inisiatif yang menunjukkan komitmen terhadap keberlanjutan adalah:

  • Reduksi Emisi Karbon: Dalam operasinya, SERA berkomitmen untuk mengurangi emisi karbon. Mereka menggunakan metode yang lebih ramah lingkungan.
  • Pendukung Teknologi Hijau: Perusahaan ini mendukung pengembangan dan pemanfaatan teknologi yang mendukung keberlanjutan.

Positif untuk Masyarakat dan Lingkungan

Program CSR yang dikelola SERA telah memiliki efek positif yang signifikan pada masyarakat dan lingkungan. Beberapa efek positif tersebut termasuk:

  • Anak-anak yang tinggal di daerah terpencil memiliki akses yang lebih baik ke pendidikan.
  • Peningkatan kualitas pendidikan di wilayah dengan dukungan pelatihan guru
  • Program penanaman pohon dan pengelolaan limbah yang bijak meningkatkan kesadaran lingkungan.
  • Program dukungan ekonomi untuk mendorong ekonomi masyarakat.
  • Tanggapan dan bantuan yang cepat dalam kasus bencana alam dan krisis sosial menjadi komitmen perusahaan terhadap keberlanjutan dengan menerapkan praktik ramah lingkungan dalam operasinya.

Untuk alasan apa SERA berkomitmen untuk melaksanakan CSR?

  • Program Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (CSR) SERA sangat penting karena membantu menciptakan perubahan positif dalam masyarakat dan lingkungan. Dengan berkonsentrasi pada pendidikan, lingkungan, kesejahteraan masyarakat, dan keberlanjutan, perusahaan dapat memainkan peran yang lebih besar dalam meningkatkan kualitas hidup dan menciptakan masa depan yang berkelanjutan.
  • Selain itu, layanan purna jual (CSR) meningkatkan reputasi perusahaan: perusahaan yang berkomitmen pada CSR lebih dipercaya oleh pelanggan dan mitra bisnis. Ini menghasilkan keuntungan jangka panjang, seperti pertumbuhan jangka panjang.
  • CSR adalah bagian penting dari bisnis yang berkelanjutan dan bertanggung jawab karena perusahaan mengambil lebih dari yang mereka berikan kepada masyarakat dan lingkungan.

PT Serasi Autoraya (SERA) telah melakukan upaya CSR yang luar biasa dalam mendukung pendidikan, lingkungan, kesejahteraan masyarakat, dan keberlanjutan melalui berbagai program dan inisiatif. Program CSR ini mencerminkan komitmen SERA untuk berkontribusi pada kebaikan di berbagai aspek kehidupan.

Perusahaan dapat menjadi agen perubahan masyarakat dan lingkungan dengan SERA. Dengan berfokus pada nilai-nilai ini, SERA tidak hanya meningkatkan reputasinya, tetapi juga memiliki dampak nyata yang membantu membangun masa depan yang lebih baik. Sebagai mitra bisnis dan konsumen, bekerja sama dengan perusahaan yang memiliki komitmen CSR yang kuat adalah langkah penting menuju dunia yang lebih berkelanjutan.