adplus-dvertising

9 Tips Membeli Rumah yang Aman agar Anda Tidak Menyesal

Tips Membeli Rumah yang Aman agar Anda Tidak Menyesal

Memiliki rumah idaman yang nyaman merupakan impian bagi setiap keluarga. Sebuah rumah yang dapat ditempati dalam jangka waktu lama dan menyimpan banyak kenangan. Selain masalah kenyamanan, sering berpindah rumah juga akan sangat menyulitkan.

Sebab, Anda harus mengemas dan membongkar kembali barang-barang ada. Belum lagi masalah penataan di rumah baru. Itulah sebabnya mengapa sebelum membeli rumah banyak pertimbangan yang perlu dipikirkan. Tidak melulu masalah budget dan lokasi.

Karena diharapkan dapat ditempati dalam waktu yang lama, ketika akan membeli rumah sebaiknya juga dipikirkan mengenai rencana jangka panjang keluarga dan juga perhitungan prospek rumah kedepannya.

Mengapa prospek masa depan juga perlu diperhitungkan? Hal ini dikarenakan selain merupakan hunian, rumah juga dapat digunakan sebagai salah satu instrumen investasi jangka panjang.

Tips Aman Membeli Rumah

Setelah memiliki rencana yang matang serta dana yang mencukupi, Anda harus memulai untuk mencari rumah yang sesuai dengan impian Anda. Tentunya hal ini tidaklah semudah yang Anda bayangkan.

Pasalnya, selain sesuai secara lokasi dan juga desain, rumah yang Anda beli harus aman, dalam artian tidak menimbulkan penyesalan setelah Anda dan keluarga mulai menempati rumah tersebut.

Bagi Anda yang masih pemula dalam mencai rumah, berikut adalah beberapa tips yang dapat dijadikan acuan ketika Anda dan keluarga mencari rumah idaman:

1. Menyesuaikan dengan Kondisi Keuangan

Tidak bisa dipungkiri bahwa tiap orang memiliki rumah impiannya masing-masing. Namun, ketika Anda memutuskan hendak membeli rumah hendaknya impian tersebut tetap harus disesuaikan dengan kondisi keuangan keluarga Anda.

Anda harus bersikap realistis dengan menyesuaikan budget yang Ada. Dan kalaupun Anda terpaksa harus membeli secara kredit, Anda harus memastikan bahwa cicilan rumah tiap bulannya tidak akan mengganggu kebutuhan pokok keluarga Anda.

2. Memperhatikan Kualitas Material

Ketika Anda akan membeli rumah untuk keluarga Anda, dan kemungkinan besar akan Anda huni dalam jangka waktu yang lama. Kualitas rumah adalah hal yang wajib Anda perhitungkan. Pastikan Anda membaca dengan baik semua spesifikasi material yang digunakan. Anda juga perlu meninjau langsung untuk mengetahui kualitas pengerjaannya.

Jika rumah yang Anda pilih masih pre order, Anda bisa melihat rekam jejak atau track record developer dari hasil pengerjaan sebelumnya. Kualitas material dan pengerjaan yang baik akan menjadikan rumah yang Anda huni lebih awet, karena jika harus melakukan perbaikan atau renovasi juga akan membutuhkan biaya yang cukup besar.

3. Menentukan Tipe Rumah

Para pengembang properti pada umumnya memiliki beberapa tipe rumah berdasarkan luas tanah dan juga luas bangunan. Pada saat ini tipe 36, 45, 60, dan juga tipe 70 adalah beberapa tipe perumahan yang populer.

Dalam memilih tipe Anda dapat menyesuaikan dengan rencana jangka panjang Anda, misalkan akan memiliki berapa Anak, apakah akan membuka usaha dirumah dan lain-lain.

Namun, semua hal ini tetap harus berpegang pada budget. Jika budget Anda mencukupi maka boleh saja untuk menyelesaikan di awal. Namun jika Anda memiliki budget yang terbatas sebaiknya Anda memilih properti dengan model rumah tumbuh. Rumah ini didesain agar mudah direnovasi dan dibesarkan sesuai dengan kebutuhan di kemudian hari.

4. Pertimbangan Lokasi

Lokasi rumah yang akan Anda beli juga merupakan pertimbangan yang cukup penting, karena akan terkait pada biaya hidup ke depannya. Seperti biaya transport dan biaya kebutuhan dasar. Jika Anda memutuskan untuk membeli di pusat kota agar mudah menjangkau lokasi kerja dan sekolah Anak. Sebaiknya Anda menyiapkan beberapa pembanding. Karena harga yang diberikan pasti cukup tinggi.

Dapat juga Andamembeli rumah sedikit ke area pinggiran kota. Selain lebih tenang. Rumah di pinggiran kota biasanya memiliki harga yang lebih murah. Yang harus Anda pastikan adalah, sekalipun di pinggir kota sebaiknya tidak terlalu jauh dari lokasi kantor dan sekolah Anak.

5. Pastikan untuk Memeriksa Lingkungan Rumah

Karena akan digunakan jangka panjang, pastikan lingkungan sekitar aman dan juga nyaman. Mulai dari pengelolaan sampah, kebersihan lingkungan seperti selokan dan daerh sekitar. Apakah jalan sekitar rumah aman dari begal dan juga lingkungan aman dari pencuri.

Kemudian, jika memungkinkan Anda seaiknya memilih rumah yang dekat dengan fasilitas umum seperti halte, pasar atau swalayan, dan klinik atau rumah sakit.

6. Cek Legalitas

Tips aman selanjutya dalam membeli rumah adalah dengan memeriksa secara seksama legalitasnya. Legalitas rumah sangat penting untuk mengukuhkan hak milik Anda. Jika Anda membeli rumah baru, sepertinya legalitas ini bukanlah suatu masalah.

Namun, jika Anda memutuskan untuk membeli rumah second sebaiknya Anda harus memastikan semua dokumen rumah lengkap dan juga bukan merupakan rumah sengketa.

7. Menyiapkan Budget Tambahan

Poin ke tujuh ini biasanya sering dilupakan banyak orang ketika akan membeli rumah. Padahal setelah proses pembelian rumah selesai masih banyak yang harus Anda siapkan misalkan biaya untuk membeli perabotan, dekorasi penyesuaian instalasi listrik jika diperlukan.

Bahkan, biaya balik nama juga akan Anda perlukan ketika Anda membeli rumah second. Jadi sebelum membeli rumah Anda harus menyisihkan uang untuk biaya lain-lain di atas.

8. Memilih Pengembang Properti (Developer) Terpercaya

Saat ini mencari kandidat rumah yang akan dibeli bukanlah hal yang sulit. Jika Anda tidak memiliki banyak waktu, Anda tinggal mencari jasa developer secara online.

Sebelum menggunakan jasanya, sebaiknya Anda mencari info terkait developer tersebut. Karena banyak juga penipu berkedok developer. Pastikan developer yang Anda pilih memiliki website resmi dan juga kantor riil yng dapat didatangi.

Anda juga dapat melihat beberapahasil pekerjaan berikutnya dan review dari orang-orang yang sudah menggunakan jasa dari developer tersebut.

9. Berburu Rumah di Website Properti

Salah satu cara termudah untuk mencari rumah impian saat ini adalah melalui website properti. Melalui website tersebut, akan ada banyak rumah yang dilisting serta siap untuk dibeli.

Salah satu website properti yang terpercaya adalah Rumah.com. Bahkan saat ini ada beberapa rumah harga 50 juta di jogja yang dilisting di website tersebut. Jika Anda kurang cocok, Anda bisa berburu rumah lainnya yang sesuai dengan kriteria dan kebutuhan Anda.