Tips Memilih Hijab untuk Wajah Kotak Persegi


Tips Cara Memilih Hijab untuk Wajah Kotak Persegi

Tahukah sobat, jika hijab berasal dari bahasa Arab yang artinya penghalang. Namun dewasa ini di sebagian besar wilayah di dunia kata “hijab” sering kali merujuk pada kerudung (tudung, jilbab) yang dikenakan oleh para muslimah, termasuk di Indonesia. Seiring dengan berjalannya waktu, perkembangan fashion hijab dan busana muslim sangat pesat kemajuannya.

Jika dahulu, hijab dan busana muslim memiliki fungsi utama sebagai penutup aurat bagi perempuan muslimah. Maka sekarang ini busana muslim dan hijab sudah menjadi kebutuhan dalam berpakaian, bahkan perempuan yang berbusana muslim lengkap dengan hijab terlihat modis dan menarik. Tidak terbatas pada baju muslimnya saja, namun perkembangannya pun hingga ke jenis dan model hijab bahkan cara atau teknik pemakaian hijab yang sangat banyak macam dan ragamnya.

Tentu saja hal ini sangat menguntungkan para muslimah, karena selain bisa menutup aurat dengan sempurna, penggunaan jilbab turut menunjang penampilan dan mendongkrak rasa percaya diri. Karenanya tidak berlebihan jika saat ini banyak dijumpai aneka ragam jenis, model, warna dan varian hijab di pasaran, termasuk yang dijual di toko online hijab.

Sobat bisa memilih berbagai jenis model hijab sesuai kebutuhan sobat dengan tetap mempertimbangkan bentuk wajah sobat, warna kulit, busana muslim yang sobat kenakan, dan tentu saja budget yang sobat miliki. Banyaknya model hijab yang tersedia di pasaran terkadang akan membuat sobat bingung untuk memilihnya. Terutama buat sobat muslimah yang memiliki wajah kotak persegi, wajah dengan garis-garis yang tegas. Tentu sobat tidak bisa sembarang memilih hijab agar selaras dan cocok dengan wajah sobat. Jika saja sobat salah memilih model hijab, bukan penampilan yang menjadi menarik, namun justru akan terlihat lucu dan aneh. Sobat pun akan mengalami rasa tidak percaya diri.

Memilih Hijab untuk Wajah Kotak

Namun sobat tidak perlu cemas, karena kami akan membagiakn kepada sobat tips bagaimana memilih hijab yang tepat untuk bentuk wajah kotak persegi. Apapun bentuk wajah sobat, rekomendasi umum yang diberikan oleh para ahli fashion adalah memilih bahan yang dapat menyerap keringat, misalnya dari bahan katun asli. Hak ini bertujuan agar sobat tetap merasa nyaman saat mengenakan hijab dan tidak merasa kepanasan (kegerahan), apalagi di saat cuaca atau musim panas.

Kemudian untuk sobat muslimah dengan wajah kotak persegi, ada baiknya menutup sempurna bagian dagu, kedua sisi rahang dan bagian dahi dengan hijab sehingga akan memberikan kesan wajah lebih bulat atau oval. Hindari pemakaian hijab dengan gaya segitiga yang menjorok ke dalam atas dahi, terlebih menampakkan bagian bawah dagu, karena hal tersebut akan memberikan kesan maskulin pada wajah sobat.

Jangan lupa gunakan ciput (inner) model ninja untuk menyamarkan pelipis dan pangkal rahang yang lebar serta tulang rahang yang terkesan kuat. Dengan demikian bagian pipi sobat akan terlihat lebih ramping dan wajah sobat terkesan lebih oval dan hilang nuansa wajah kotak persegi.

Sementara itu untuk menyamarkan garis tegas di wajah, sobat bisa memanfaatkan hijab model bulat (rounded shape) dan pilih warna hijab yang soft serta hindari hijab dengan warna tajam, tegas dan menyolok, sehingga wajah sobat akan nampak lebih soft. Sobat bisa mencoba warna pastel, krem, abu-abu misty serta warna muda lainnya.

Nah sobat, itulah sekelumit tips untuk menyiasati wajah kotak persegi dengan pemilihan jenis dan model hijab serta warna yang tepat.