5 Website Layanan Scanner Virus Online Gratis Terbaik

Website Layanan Gratis Scanner Virus Online Terbaik

Serangan virus di PC ataupun laptop memang bisa membuat jengkel. Selain merusak software, virus juga bisa menghilangkan atau menyembunyikan file bahkan menghapus data di komputer sobat. Agar hal ini tidak terjadi, maka sobat bisa mencegahnya dengan memindai komputer menggunakan scanner virus online gratis yang banyak tersedia di internet.

Mungkin bagi sebagian dari sobat ada yang masih belum paham, karena selama ini sobat baru mengetahui tentang antivirus konvensional yang biasanya harus diinstal di komputer. Padahal, saat ini sudah banyak layanan online pemindai atau scanner virus yang bisa digunakan tanpa harus menginstall program antivirus.

Berbeda dengan program antivirus konvensional yang biasa sobat install di komputer, layanan website scanner virus online pada umumnya menggunakan database di server mereka untuk memindai virus secara online.

Cara kerja scanner virus online pun berbeda-beda tergantung pembuatnya. Misalnya ada layanan yang memindai virus dari file yang diupload, ada pula yang cukup memasukkan link atau tautan untuk dipindai apakah mengandung virus atau malware. Bahkan ada pula yang hanya perlu memasang semacam add-on atau ekstensi pada web browser.

Kehadiran layanan pemindai virus secara online ini dapat sobat manfaatkan sebagai perlindungan ekstra, meskipun sobat sudah memasang program antivirus di komputer.

Layanan Gratis Scanner Virus Online

Berikut ini adalah beberapa website layanan pemindai virus online yang bisa sobat akses secara gratis.

1. Kaspersky VirusDesk

Scanner virus online yang pertama adalah Kaspersky VirusDesk. Layanan ini memiliki tampilan yang sederhana, dan mungkin bagi sebagian orang agak membingungkan. Untuk memindai file apakah aman atau ada virusnya, sobat bisa mengklik gambar icon attach file untuk mengunggah file yang akan dipindai. Atau sobat juga bisa menempelkan sebuah link atau tautan dari file yang akan dipindai. Adapun ukuran file yang bisa dipindai oleh Kaspersky VirusDesk ini tidka boleh melebihi 50MB.

2. VirusTotal

Tidak berbeda jauh cara kerjanya dengan Kaspersky VirusDesk, sobat juga bisa mengunggah file yang akan dipindai dengan VirusTotal. Bedanya, layanan ini mendukung hingga ukuran file 550MB.

Selain itu, sobat juga bisa menggunakan VirusTotal untuk memindai sebuah website apakah aman atau mengandung konten/link yang berbahaya untuk komputer. Menariknya lagi, layanan ini juga menyediakan ekstensi untuk berbagai web browser mulai dari Internet Explorer, Mozilla Firefox hingga Google Chrome.

3. MetaDefender Cloud

Website scanner virus online bernama MetaDefender Cloud ini adalah pengganti dari Metascan Online. Layanan pemindai MetaDefender Cloud ini bisa sobat manfaatkan untuk memindai file hingga 140 MB.

Adapun format file yang didukung oleh layanan pemindai virus online ini mulai dari file dokumen, video, gambar, .zip hingga .exe. Di samping itu, scanner virus online ini juga bisa memindai URL, nilai hash, hingga alamat IP.

4. FortiGuard Online Scanner

Sobat yang ingin memindai file berukuran kecil, maka sobat bisa memanfaatkan layanan dari FortiGuard Online Scanner. Pasalnya, layanan ini hanya mendukung file berukuran tidak lebih dari 1MB. Karena memindai file berukuran kecil, maka proses scaning pun dapat berjalan dengan cepat.

5. Avira

Bagi sobat pengguna antivirus konvensional, tentu saja nama Avira sudah sangat familiar di telinga sobat. Namun apakah sobat sudah mencoba layanan scanner online yang ditawarkan oleh Avira?

Kabar baiknya adalah, layanan pemindai virus online milik Avira ini menggunakan engine yang sama dengan yang dipakai untuk program antivirus-nya. Selain itu, layanan ini juga memiliki tampilan yang simpel serta mudah dipahami. Sobat bisa menggunakannya untuk memindai 5 file (masing-masing tidak melebihi 50MB), atau men-submit 5 URL untuk dipindai secara online oleh layanan Avira ini.

Demikianlah ulasan singkat mengenai website yang menyediakan layanan scanner (pemindai) virus online yang bisa sobat gunakan secara gratis.