Friday , June 14 2024
Cara Membuat Pesan Otomatis WhatsApp, Lengkap dengan Manfaatnya

Cara Membuat Pesan Otomatis WhatsApp, Lengkap dengan Manfaatnya!

Pesan otomatis di WhatsApp Business adalah alat yang efisien dalam meningkatkan pelayanan pelanggan, menghemat waktu, dan menjaga konsistensi komunikasi. Cara membuat pesan otomatis di WA perlu dipahami oleh siapa saja yang bekerja di bidang bisnis dan marketing.

Pesan otomatis akan membantu Anda memberikan respons yang cepat dan terjadwal kepada pelanggan, baik untuk menjawab pertanyaan umum maupun keperluan pemasaran. Pesan ini juga berguna dalam situasi khusus, seperti liburan atau jam kerja terbatas.

Cara Membuat Pesan Otomatis di WA

Tidak sulit untuk membuat pesan otomatis di WhatsApp Business. Anda hanya perlu memastikan telah memiliki akun yang aktif dan aplikasinya.

Sudah memiliki akun WhatsApp dan menginstal aplikasinya di perangkat Anda? Ikuti beberapa panduan berikut dan segera terapkan agar bisnis semakin lancar!

1. Cara Mengaktifkan Pesan Otomatis di WhatsApp Business

Panduan mengaktifkan pesan otomatis di WA Business, yaitu sebagai berikut:

  • Mulailah dengan membuka aplikasi WhatsApp Business.
  • Ketuk ikon dengan tiga titik di pojok kanan atas layar, lalu pilih ‘Business tools’.
  • Setelah berada di menu ‘Business tools’, pilih opsi ‘Quick replies’, dan lanjutkan dengan menekan tombol ‘Add’.
  • Anda dapat mulai mengatur kata-kata balas cepat yang akan otomatis dikirimkan kepada konsumen.
  • Simpan semua pengaturan yang telah dibuat dengan mengeklik ‘Save’.

2. Cara Mengatur Pesan Otomatis Menjadi Setingan Bawaan

Anda juga bisa mengatur pesan otomatis menjadi settingan default dengan mengikuti panduan di bawah ini:

  • Buka obrolan yang ingin dipakai.
  • Ketuk opsi ‘Attach’ dan pilih ‘Quick replies’.
  • Tentukan respons cepat yang ingin dikirimkan.
  • Pesan otomatis akan muncul di kotak input teks. Anda memiliki opsi untuk menyuntingnya jika perlu sebelum mengirimkannya ke penerima.
  • Anda juga dapat mengeklik ‘Attach’ dalam ruang obrolan dan memilih ‘Quick replies’ jika ingin menyertakan lampiran pada pesan otomatis.

3. Cara Mengatur Waktu Pesan Otomatis

Tersedia pula cara membuat pesan otomatis di WA yang sesuai jadwal operasional bisnis dengan bantuan fitur Away Message. Ikuti langkah berikut untuk mengatur jadwal balasan otomatis di WhatsApp Anda:

  • Cari opsi dengan ikon titik tiga di sudut kanan atas pada WA Business, lalu pilih “Business Tools.”
  • Temukan pilihan “Away Message” dan nyalakan fitur tersebut.
  • Pilih opsi “selalu kirim,” “jadwal khusus,” atau “di luar jam kerja,” sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

Manfaat Pesan Otomatis di WA

Mengetahui cara membuat pesan otomatis di WA akan membantu Anda merespons pertanyaan atau permintaan pelanggan dengan cepat, bahkan di luar jam kerja. Pengaturan ini bisa meningkatkan efisiensi dalam memberikan pelayanan yang responsif sehingga meningkatkan kepuasan pelanggan.

Memangnya, apa saja manfaat pesan otomatis di WhatsApp? Berikut sejumlah keuntungan yang akan diperoleh saat mengaktifkan fitur balasan otomatis WA:

1. Penghematan Waktu dan Tenaga

Anda dapat menghemat waktu dan tenaga yang biasanya dibutuhkan untuk merespons pesan satu per satu. Fitur pesan otomatis bisa digunakan untuk menjawab pertanyaan umum atau memberikan informasi dasar tanpa intervensi manual.

2. Konsistensi dalam Komunikasi

Pesan otomatis memastikan bahwa pesan yang disampaikan kepada pelanggan selalu konsisten. Hal ini membantu dalam memelihara citra merek yang seragam sekaligus menyampaikan informasi yang benar dan akurat kepada pelanggan.

3. Penggunaan untuk Pemasaran

Pesan otomatis juga dapat digunakan untuk tujuan pemasaran. Anda bisa mengirim pesan promosi, pengingat acara, atau informasi produk kepada pelanggan secara otomatis. Hal ini dapat membantu meningkatkan kesadaran merek dan menggerakkan penjualan.

Cara membuat pesan otomatis di WA telah menjadi pengetahuan yang sangat berguna bagi bisnis. Contoh-contoh pesan otomatis bisa Anda dapatkan di website laskarpena.id, pesan otomatis membantu pemilik bisnis dalam menjaga hubungan pelanggan, meningkatkan efisiensi, dan memperkuat kehadiran merek.