Thursday , June 20 2024
Mengenal Data Analyst Tugas dan Tanggung Jawab, serta Kemampuan yang Harus Dikuasai

Mengenal Data Analyst: Tugas dan Tanggung Jawab, serta Kemampuan yang Harus Dikuasai

Di era digital saat ini, data telah menjadi salah satu aset paling berharga bagi perusahaan. Data memberikan wawasan tentang perilaku pelanggan, tren pasar, dan kinerja bisnis secara keseluruhan.

Namun, untuk memanfaatkan data tersebut secara efektif, dibutuhkan seseorang yang dapat mengolah dan menganalisis data tersebut. Inilah peran seorang Data Analyst.

Lantas, apa itu Data Analyst, tugas dan tanggung jawabnya, serta kemampuan yang dibutuhkan untuk menjadi seorang Data Analyst yang handal? Simak uraiannya berikut ini!

Apa itu Data Analyst?

Sederhananya, Data Analyst adalah seorang profesional yang bertanggung jawab untuk mengumpulkan, memproses, dan menganalisis data.

Data analyst memanfaatkan keterampilan analisis statistik dan pemrograman, untuk mengekstrak wawasan dari data. Selain itu juga memberikan saran kepada manajemen, tentang cara meningkatkan kinerja bisnis.

Tugas dan Tanggung Jawab Data Analyst

Tugas dan tanggung jawab data analyst bervariasi, tergantung pada perusahaan di mana ia bekerja. Namun, beberapa tugas umum yang dilakukan oleh Data Analyst, antara lain meliputi:

1. Mengumpulkan Data

Data Analyst mengumpulkan data dari berbagai sumber, termasuk basis data internal dan eksternal. Data Analyst juga bertanggung jawab untuk memastikan, bahwa data yang dikumpulkan akurat dan terpercaya.

2. Memproses Data

Setelah data terkumpul, Data Analyst memprosesnya menjadi format yang dapat digunakan untuk analisis. Data Analyst juga melakukan pemrosesan data, untuk memastikan bahwa data bersih serta bebas dari kesalahan.

3. Menganalisis Data

Setelah data diproses, Data Analyst melakukan analisis untuk mengekstrak wawasan dari data. Dalam hal ini, Data Analyst menggunakan kemampuan analisis statistik dan pemrograman.

Kemampuan tersebut digunakan untuk membuat model dan algoritma, yang dapat digunakan untuk memprediksi perilaku pelanggan atau tren pasar.

4. Membuat Laporan dan Presentasi

Data Analyst membuat laporan untuk dipresentasikan kepada manajemen seputar insight yang ditemukan dari analisis data.

Selain itu, Data Analyst juga memberikan saran tentang cara meningkatkan kinerja bisnis, berdasarkan temuan yang ada.

Kemampuan yang Dibutuhkan untuk Menjadi Data Analyst

Untuk menjadi seorang Data Analyst yang handal, seseorang harus memiliki kemampuan dan keterampilan yang luas. Beberapa kemampuan yang dibutuhkan untuk menjadi Data Analyst, antara lain:

1. Analisis Statistik

Data Analyst harus memiliki pengetahuan dan pemahaman yang kuat, tentang analisis statistik. Mereka juga harus mampu menerapkan teknik statistik yang tepat, untuk mengekstrak wawasan dari data.

2. Pemrograman

Penting bagi Data Analyst memiliki kemampuan pemrograman yang mumpuni seperti menggunakan bahasa pemrograman, Python SQL, dan lainnya, untuk memproses dan menganalisis data.

3. Pengetahuan Basis Data

Menjadi Data analyst tentunya harus memiliki pengetahuan tentang basis data, serta bagaimana cara mengelola dan mengaksesnya. Dengan kemampuan tersebut, Data Analyst dapat mengambil data dari berbagai sumber, menyimpan dan mengaksesnya untuk analisis.

4. Komunikasi yang Baik

Data analyst harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik, untuk dapat mengkomunikasikan wawasan dari analisis data kepada manajemen dan tim lainnya.

Di samping itu, Data Analyst juga harus mampu membuat laporan dan presentasi yang jelas, serta mudah dipahami oleh orang yang tidak memiliki latar belakang teknis.

5. Kritis dan Analitis

Kritis dan analitis juga merupakan kemampuan yang nggak kalah penting bagi Data Analystyt. Skill tersebut akan membantu mereka untuk mengevaluasi data dan temuan analisis dengan hati-hati, mengidentifikasi masalah, dan menemukan solusi yang tepat.

6. Manajemen Proyek

Punya kemampuan time management yang baik dan mengelola sumber daya secara efektif akan membantu Data Analyst untuk menentukan prioritas pekerjaan. Dengan skill ini seorang Data Analyst akan mampu menyelesaikan proyek sesuai dengan jadwal yang ditentukan.

7. Pengetahuan Industri

Memiliki pengetahuan seputar industri tempat ia bekerja sangat diperlukan bagi Data Analyst untuk memahami tren pasar, persaingan, dan perilaku pelanggan agar bisa memberikan wawasan yang lebih berarti.

Belajar Data Science dan Data Analyst di Hacktiv8

Data analyst memainkan peran penting dalam dunia bisnis saat ini. Data Analyst bertanggung jawab untuk mengumpulkan, memproses, dan menganalisis data, guna memberikan wawasan yang dapat membantu manajemen, dalam pengambilan keputusan bisnis yang lebih baik.

Untuk menjadi Data Analyst yang handal, seseorang harus memiliki kemampuan analisis statistik dan pemrograman yang kuat, serta kemampuan komunikasi, manajemen proyek, dan pemahaman industri yang baik.

Kemampuan tersebut sangat penting untuk memastikan, bahwa Data Analyst dapat memberikan wawasan yang bernilai bagi perusahaan dan membantu dalam mencapai kesuksesan.

Jika Anda ingin mengasah kemampuan agar bisa menjadi seorang Data Analyst yang mumpuni, maka Anda sangat disarankan untuk mengikuti Bootcamp Data Science Hacktiv8.

Adapun Hacktiv8 itu sendiri merupakan tempat pelatihan bootcamp untuk pemula, agar bisa menjadi talenta digital terlatih seperti Programmer, Data Analyst, serta Digital Marketer.