Friday , June 14 2024
Mengenal UX Writer, Peran dan Tanggung Jawabnya di Era Industri Digital

Mengenal UX Writer, Peran dan Tanggung Jawabnya di Era Industri Digital

UX Writer atau User Experience Writer merupakan salah satu profesi yang dewasa ini semakin populer, khususnya dalam industri desain pengalaman pengguna (user experience/UX). Maka tidak mengejutkan jika sekarang ini juga banyak orang yang berminat untuk belajar UX Writer. Terbukti semakin maraknya kursus UX Writer secara online, misalnya saja di digital school JayJay.

Seorang UX Writer bertanggung jawab untuk menciptakan teks yang membentuk pengalaman pengguna yang lebih baik di dalam produk digital, mulai dari aplikasi hingga website. Lantas, apa itu UX Writer? Dan apa saja peran dan tanggung jawabnya dalam industri digital seperti sekarang ini?

Apa itu UX Writer?

Apa itu UX Writer

Sederhananya, UX Writer dapat didefiniskan sebagai orang yang memiliki tugas menulis microcopy pada produk digital. Sebagai pengguna produk digital, tentunya Anda sering melihat dan berinteraksi dengan berbagai jenis teks, mulai dari judul hingga tombol.

Nah, UX Writer itulah yang bertanggung jawab untuk menulis teks-teks tersebut, dengan tujuan untuk menciptakan pengalaman pengguna yang lebih baik.

Adapun teks yang ditulis oleh seorang UX Writer meliputi, tetapi tidak terbatas pada:

  • Judul dan deskripsi produk
  • Tagline
  • Tombol dan tautan
  • Pesan kesalahan
  • Instruksi penggunaan
  • Konten halaman dan sebagainya

Tujuan utama dari seorang UX Writer adalah untuk menciptakan teks yang jelas, mudah dimengerti, dan membantu pengguna merasa terhubung dengan produk.

Dengan kata lain, teks yang ditulis oleh seorang UX Writer harus mampu menjelaskan dengan jelas apa yang dapat dilakukan oleh produk dan bagaimana caranya.

Peran dan Tanggung Jawab UX Writer

Peran utama seorang UX Writer adalah untuk menciptakan teks yang membentuk pengalaman pengguna yang lebih baik. Berikut adalah beberapa tugas dan tanggung jawab yang biasanya dilakukan oleh seorang UX Writer:

1. Membuat Konten yang Mudah Dimengerti

Seorang UX Writer harus mampu membuat teks yang mudah dimengerti oleh pengguna. Teks tersebut harus mampu menjelaskan dengan jelas apa yang dapat dilakukan oleh produk dan bagaimana caranya. UX Writer juga harus mempertimbangkan kata-kata yang digunakan, struktur kalimat, serta penggunaan gambar dan video yang dapat membantu menjelaskan konten.

2. Membuat Konten yang Konsisten

Ketika pengguna berinteraksi dengan produk digital, mereka mengharapkan konsistensi dalam pengalaman pengguna. Seorang UX Writer harus memastikan bahwa konten yang ditulis konsisten dengan merek, pesan, dan nilai-nilai produk.

3. Menciptakan Konten yang Responsif

Konten yang ditulis oleh seorang UX Writer harus mampu menyesuaikan diri dengan berbagai jenis perangkat dan ukuran layar yang digunakan oleh pengguna.

4. Membuat Konten yang Dapat Diakses

Seorang UX Writer harus mempertimbangkan kebutuhan pengguna yang berbeda, termasuk pengguna dengan gangguan penglihatan atau pendengaran. Teks yang ditulis harus dapat diakses oleh semua pengguna, tanpa terkecuali.

5. Berkolaborasi dengan Tim Desain dan Pengembangan

Seorang UX Writer harus berkolaborasi dengan tim desain dan pengembangan untuk memastikan konten yang ditulis sesuai dengan desain dan fungsionalitas produk.