Saturday , July 20 2024
Jenis Tanaman Hias yang Cocok untuk Taman Minimalis di Rumah Anda

Inilah 5 Jenis Tanaman Hias yang Cocok untuk Taman Minimalis di Rumah Anda

Setiap orang tentunya mengidamkan memiliki rumah yang nyaman dan indah. Salah satu cara membuat rumah Anda lebih indah adalah dengan melengkapinya dengan taman minimalis. Anda bisa membuatnya sendiri, atau memanfaatkan jasa pembuatan taman yang ada di kota Anda.

Agar Anda dapat mewujudkan konsep taman minimalis sesuai dengan harapan, maka Anda harus memperhatikan jenis tanaman hias apa saja yang akan Anda tanam di taman minimalis tersebut.

Rekomendasi Tanaman Hias untuk Taman Minimalis

Rekomendasi Tanaman Hias untuk Taman Minimalis

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi jenis tanaman hias yang sangat cocok untuk taman minimalis di rumah Anda.

1. Tanaman Lantana

Jenis tanaman hias pertama yang sangat cocok untuk taman minimalis  adalah Lantana. Tanaman hias Lantana ini memiliki kelebihan sebagai tanaman yang mudah perawatannya serta mampu beradaptasi dengan baik terhadap lingkungan yang baru, sehingga sering kali dipilih sebagai bagian dari tanaman untuk taman minimalis.

Adapun tanaman Lantana ini akan memberikan kesan taman Anda lebih ceria dan penuh warna. Selain itu, tanaman ini juga mudah dikombinasikan dengan jenis tanaman groundcover atau penutup tanah. Kombinasinya akan terlihat sangat apik dengan degradasi tanaman yang menawan.

2. Rumput Kucai Mini

Tanaman hias kedua yang sangat layak menghiasi taman minimalis di rumah Anda adalah rumput Kucai Mini. Tanaman dengan nama ilmiah Ophiopogon japonicus ini juga dikenal dengan sebutan Dwarf Mondo Grass, Fountain Plant, hingga Monkey Grass.

Adapun rumput kucai mini ini sendiri memiliki daun yang kecil sehingga akan indah sekali jika ditanam di taman minimalis. Rumput yang satu ini sering kali dimanfaatkan sebagai penutup tanah (groundcover), di mana perawatannya juga sangat mudah. Dengan adanya rumput kucai mini ini, taman Anda yang sempit akan terkesan lebih luas dan lega.

 3. Tanaman Azalea

Tanaman hias selanjutnya yang bisa Anda jadikan penghuni untuk taman minimmalis adalah Azalea. Perlu Anda ketahui, tanaman hias yang satu ini sangat populer di luar negeri, terutama di negara Jepang. Bunganya yang penuh dengan ragam warna akan semakin menyemarakkan taman minimalis di rumah Anda sehingga akan terlihat lebih ramai dan berwarna.

Adapun corak bunga Azalea itu sendiri mulai dari pink tumpuk dan non tumpuk, bunga berwarna putih, kuning, jingga, hingga ungu dan lainnya. Jika ditanam di Indonesia, maka bunganya biasanya akan mekar pada musim kemarau.

Tanaman yang satu ini cukup tahan terhadap paparan sinar matahari. Namun disarankan pada awal pembesaran, tanaman Azalea ini terlebih dahulu ditempatkan di lokasi yang teduh. Setelah dirasa siap, baru Anda pindakan ke dalam taman minimalis Anda.

4. Tanaman Ruellia

Tanaman hias yang juga tidak kalah cantik untuk taman minimalis adalah Ruellia atau lebih dikenal dengan nama Bunga Kencana. Tanaman yang memiliki nama Bahasa Inggris dengan sebutan “wild petunias” ini mampu menyajikan warna bunga yang beragam, mulai dari putih, biru, merah muda hingga ungu.

Tanaman hias yang satu juga sangat cocok untuk melengkapi tanaman di taman minimalis Anda. Sebab, tanaman Ruellia ini sangat tahan terhadap polusi dan suhu udara yang cukup panas. Dengan adanya tanaman bunga kencana ini, taman Anda akan terlihat lebih ramai dan semarak.

5. Tanaman Juncus Effusus Spiralis

Tanaman hias kelima yang bisa Anda tanam untuk melengkapi taman minimalis adalah Juncus Effusus Spiralis. Mungkin tamanan hias yang satu ini masih sangat asing di telinga Anda. Memag tanaman yang memiliki batang spiral berwarna hijau ini lebih populer di luar negeri.

Meski demikian, tanaman hias yang satu ini akan sangat cocok bila Anda manfaatkan untuk menghiasi taman minimalis di rumah Anda. Tanaman Juncus Effusus Spiralis dapat tumbuh dengan baik pada media tanah atau pun air. Jika Anda memiliki taman yang terdapat area berair, maka tanaman ini akan menjadi pilihan yang bijak.

Demikianlah sedikit uraian mengenai beragam jenis tanaman hias yang sangat cocok untuk taman minimalis di rumah Anda. Jika Anda merasa kesulitan dalam membuat taman minimalis dan memilih jenis tanaman hias yang sesuai, maka Anda bisa mempercayakannya kepada sentrapohon.com, penyedia jasa pembuatan taman yang terpercaya dan berpengalaman di bidangnya.