adplus-dvertising

Yuk Kenali Apa Saja Kekurangan Software Akuntansi!

Kenali Apa Saja Kekurangan Software Akuntansi

Setiap program IT tentu memiliki keunggulan dan kekurangan, begitu pula dengan software akuntansi. Meski menawarkan banyak sekali kelebihan, namun juga terdapat beberapa kekurangan yang harus anda ketahui. Untuk itu, kali ini akan dibahas apa saja kekurangan dari accounting software yang bisa anda pertimbangkan sebelum menggunakannya.

Mengenal Kekurangan dari Accounting Software

1. Harganya Cukup Mahal

Penggunaan accounting software di Indonesia memnag bisa dibilang cukup tinggi, namun yang belum menggunakannya juga masih banyak. Beberapa alasan yang membuat beberapa perusahaan masih menunda untuk menggunakan accounting software adalah pertimbangan tentang kerugian apabila menggunakan software ini.

Salah satu pertimbanganny ada pada harga. Tidak dapat dipungkiri jika setiap hal memnag perlu pertimbanga harga. Apakah dengan harag tersebut sudah bisa memberikan manfaat yang maksimal atau belum. Harga dari software akuntansi memang bisa dibilang cukup mahal apabila kehadirannya tidak bisa sepenuhnya menggantikan fungsi seorang akuntan.

Oleh karena itu, masih banyak perusahaan yang menggunakan jasa akuntan daripada menggunakan accounting software. Akan tetapi, hal ini tentu tetap kembali kepada pilihan yang tepat. Jika anda bisa memilih vendor accounting software yang tepat, maka hal seperti ini tidak akan menjadi masalah. Sebab, manfaat yang akan anda peroleh jauh lebih banyak daripada harganya.

2. Rawan Mengalami Kesalahan Sistem

Kesalahan sistem memang menjadi salah satu ancaman untuk sebuah program komputer, tidak berbeda juga dengan software ini. Karena menggunakan program komputer, maka ada kemungkinan sistemnya mengalami bug dan akan sangat merugikan perusahaan anda. Data yang anda masukkan bisa hilang atau bocor ke pihak lainnya.

Hal ini memang patut untuk diwaspadai karena akan melibatkan keberlangsungan dari perusahaan. Namun, kesalahan sistem ini bisa diminimalisir jika anda bisa memilih software akuntansi yang memiliki fitur back up data. Dengan hadirnya fitur ini, maka data yang anda masukkan ke dalam software juga bisa di-back up, sehingga tidak akan hilang jika terjadi bug sistem.

3. Pengoperasian yang Rumit

Tidak jarang beberapa perusahaan mengatakan bahwa accounting software memiliki pengoperasian yang rumit dan membutuhkan maintenance yang tidak kalah rumitnya. Hal ini tentu wajar terjadi karena sesuatu yang dibangun dari program komputer pasti cukup rumit digunakan. Akan tetapi, hal ini bisa teratasi jika anda aktif bertanya kepada pihak vendor software.

Ketika memilih accounting software, tanyakan segala hal dengan sejelas-jelasnya agar anda bisa mempertimbangkan apakah software tersebut cocok atau tidak. Tanyakan pula ada atau tidak layanan customer support yang siap melayani dan menjawab berbagai pertanyaan.

Adanya kekurangan di dalam sebuat software adalah hal yang wajar karena sistem komputer juga memiliki beberapa hal yang rawan. Meski begitu, kekurangan tersebut bisa anda atasi dengan memilih dan berkonsultasi dengan vendor software yang profesional dan ahli di bidangnya.

Info lebih lanjut : https://www.soltius.co.id