Wednesday , February 28 2024
Kelebihan Domain ID yang Perlu Anda Ketahui

Inilah 4 Kelebihan Domain ID yang Perlu Anda Ketahui

Masih banyak pemilik atau pengelola website yang memandang sebelah mata domain id karena dianggap kalah pamor dengan domain .COM. Tentu saja anggapan seperti itu tidak dapat dibenarkan.

Bagi Anda yang belum tahu, sekarang ini ekstensi domain semakin berkembang dan selalu bertambah. Namun secara umum, ekstensi domain dapat dibedakan menjadi beberapa tipe atau kelompok.

Tipe domain yang pertama adalah Top-Level Domain (TLD), selanjutnya ada Country Code Top-Level Domain (ccTLD), Generic Top-Level Domain (gTLD), Second-Level Domain (SLD), Third-Level Domain, hingga Premium Domain. Lantas bagaimana dengan domain ID?

Apa itu Domain .ID?

Adapun domain .ID itu sendiri adalah bagian dari ccTLD yang dikhususkan bagi pemilik website di Indonesia. Perlu Anda ketahui, domain ID itu sendiri ada banyak jenis turunan ekstensinya (2nd level domain). Mulai dari .id itu sendiri, lalu ada juga domain .ac.id, domain .sch.id, domain .ponpes.id, domain .go.id, domain .desa.id, domain .or.id, domain .co.id, domain .biz.id, domain .net.id, domain .my.id, hingga domain .web.id

Apa Saja Kelebihan Domain .ID?

Reseller Domain ID Registrasi Neva Angkasa (RNA)

Berikut ini adalah beragm kelebihan dari domain .ID yang mungkin belum Anda ketahui.

1. Kredibilitas Tinggi

Kelebihan pertama website yang menggunakan ekstensi domain .ID adalah memiliki kredibilitas tinggi dan lebih terpercaya. Hal itu dikarenakan dalam membeli domain ID umumnya akan memerlukan identitas resmi misalnya KTP atau dokumen penting lainnya.

Sehingga data pemilik domain .ID sangat jelas. Efeknya, pemilik website tidak akan berani melakukan hal-hal yang melanggar hukum karena mudah sekali dicari pemiliknya serta diblokir website yang bersangkutan. Misalnya memanfaatkan website untuk menyebarkan konten hoax dan adu domba, modus penipuan dan pelanggaran UU di NKRI lainnya.

2. Mudah Menguasi SERP Lokal

Kelebihan yang selanjutnya dari penggunaan domain .ID adalah kemudahannya dalam memenangkan ranking di mesin pencari Google atau Search Engine Result Page (SERP) lokal.

Tentu saja hal ini akan sangat menguntungkan bagi Anda yang menggunakan domain ID untuk website bisnis Anda. Dengan SERP yang bagus, maka bisnis, produk atau jasa Anda akan mudah ditemukan oleh audiens atau calon pelanggan Anda.

3. Akses Webiste Menjadi Lebih Cepat

Kelebihan memakai ekstensi dari domain .ID yang ketiga adalah akses website Anda akan menjadi lebih cepat. Hal itu disebabkan DNS atau Domain Name Server berasal dari dalam negeri (Indonesia), sehingga lebih mendukung kecepatan akses website Anda.

Adapun kecepatan akses website ini akan mendukung poin sebelumnya, yakni mudah dalam menguasai SERP untuk pencarian lokal. Sebab, kecepatan loading website menjadi salah satu faktor penentu raning sebuah website di mesin pencari.

4. Masih Banyak Nama Domain yang Tersedia

Kelebihan menggunakan domain .ID yang berikutnya, masih banyak nama-nama bagus yang tersedia dan belum dibeli. Kebanyakan keyword atau kata kunci yang potensial sudah dibeli orang untuk ekstensi .COM.

Padahal jika Anda jeli, masih banyak nama-nama bagus yang bisa Anda pakai dari domain .ID. Selain itu, seperti yang sudah disinggung di depan, pilihan domain ID sangat banyak ekstensinya. Tentu saja hal ini juga bisa menjadi peluang bisnis bagi Anda yang ingin menjadi reseller domain.

Jika ingin menjadi reseller domain .ID, maka Anda bisa mendaftar di Registrasi Neva Angkasa atau RNA. Adapun RNA itu sendiri memiliki alamat website di https://rna.id. Program reseller domain RNA ini sangat menarik. Sebab, harga domain .ID yang ditawarkan cukup terjangkau. Ditambah lagi dengan layanan purna jual domain .ID yang profesional.