Wednesday , February 21 2024
Kriteria Data Center Indonesia Terbaik dan Tepercaya

Kriteria Data Center Indonesia Terbaik dan Tepercaya

Saat ini, data center memiliki peran penting dalam hal penyimpanan data berskala masif. Kehadiran data center tentu sangat membantu banyak perusahaan dari berbagai bidang, terutama perusahaan yang mempunyai aplikasi atau website sendiri. Dengan segala manfaat dan keuntungan yang diberikan, memilih data center Indonesia pun tidak bisa dilakukan sembarangan. Data center terbaik dan tepercaya harus memiliki kriteria tertentu.

Sementara itu, memilih data center lokal untuk mendukung usaha dalam negeri mungkin menjadi pilihan terbaik saat ini. Dengan memilih provider data center dari Indonesia, akan ada banyak kemudahan yang didapatkan. Jadi, apa saja kriteria data center terbaik dan tepercaya yang perlu Anda perhatikan? Simak penjelasannya di bawah ini.

Fleksibel dalam kapasitas

Kriteria pertama yang harus diperhatikan dari penyedia data center adalah fleksibilitas dalam memberikan kapasitas. Hal ini penting untuk Anda perhatikan karena kebutuhan akan kapasitas penyimpanan data bisa berubah sewaktu-waktu, tergantung dari perkembangan perusahaan tersebut di masa mendatang.

Jika perusahaan berkembang ke arah yang lebih baik, kebutuhan akan kapasitas tentu akan semakin besar. Sebaliknya, ada kemungkinan juga kebutuhan kapasitas akan berkurang jika bisnis mengalami kemunduran. Oleh karena itu, ada baiknya Anda mencari provider yang bisa menawarkan fleksibilitas dalam pemenuhan kapasitas.

Sistem keamanan terbaik

Selain fleksibilitas, hal penting lainnya yang harus ada dalam data center adalah sistem keamanan terbaik dengan teknologi paling canggih. Karena data center menyimpan berbagai data penting yang berkaitan dengan perusahaan, melindungi data harus menjadi prioritas.  Jangan sampai data diambil tanpa izin atau bahkan bocor.

Sistem keamanan yang digunakan pun harus cukup kuat dan mampu melindungi data center dari serangan cyber yang sangat berbahaya. Jika terjadi kebocoran data, perusahaan tentu akan mengalami kerugian. Itulah mengapa, penting bagi Anda untuk memilih penyedia data center yang mampu memberikan keamanan terbaik agar dapat menjaga dan melindungi data penting yang Anda miliki.

Lokasi penempatan data center

Data center merupakan perangkat yang berukuran besar dan harus dibangun di tempat yang aman. Pemilihan lokasi data center juga penting untuk diperhatikan agar bisa mengurangi risiko kerusakan. Oleh karena itu, sebaiknya data center dibangun di lokasi yang jauh dari kawasan rawan bencana, memiliki akses aliran listrik yang mencukupi, dan mudah dijangkau. Perusahaan penyedia data center pun harus memastikan bahwa penentuan lokasi sudah sesuai dengan standar umum yang ditetapkan.

Demikian beberapa kriteria yang harus dimiliki oleh data center tepercaya dan terbaik. Untuk mendapatkan keuntungan maksimal, Anda harus memastikan semua kebutuhan akan data center sudah sesuai dengan kriteria yang ada. Jika Anda membutuhkan data center terbaik, Anda bisa memilih provider data center professional dan sudah berpengalaman seperti neuCentrIX. Perusahaan yang satu ini menyediakan data center dengan sistem keamanan tingkat tinggi dan mampu membantu mengembangkan bisnis atau perusahaan yang Anda jalankan.