adplus-dvertising

Biar Lebih Paham, Yuk Ketahui Lebih Jauh tentang Tali Sabut Kelapa

Biar Lebih Paham, Yuk Ketahui Lebih Jauh tentang Tali Sabut Kelapa

Pohon kelapa memiliki banyak manfaat bagi manusia, salah satunya adalah serat serabut kelapa yang dapat dijadikan tali sabut kelapa atau coconut rope serta beragam produk turunan lainnya. Mulai dari cocopeat, coco sheet, coconut husk, coconut fiber, dan sebagainya.

Mungkin ada pertanyaan di benak Anda, mengapa sabut kelapa digunakan untuk membuat tali. Hal ini disebabkan karena coconut rope terbuat dari 100% bahan alami yang tidak memiliki kandungan bahan berbahaya, tidak berbau, dan bahan kelapa sangat mudah ditemukan di tanah air, sehingga harganya pun sangat murah dan terjangkau.

Cara Membuat Tali Sabut Kelapa

Cara Membuat Tali Sabut Kelapa

Mungkin Anda berpikir jika membuat tali dari sabut kelapa merupakan sesuatu yang mudah untuk dilakukan. Namun sejatinya tidak sesederhana itu. Pasalnya, terdapat diameter tali sabut kelapa sesuai dengan ketebalannya.

Pada proses pembuatannya, tentu saja Anda harus mengawalinya dengan mengupas sabut kelapa dari cangkangnya agar bisa digunakan. Kemudian Anda ambil beberapa bagian dari sabut tersebut, namun jangan terlalu tebal ataupun tipis. Selanjutnya, saatnya menyatukan sabut kelapa dengan cara memutarkan dan memelintirkannya sehingga dapat bergabung menjadi satu.

Adapun untuk panjang tali coconut rope ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Untuk menyelesaikannya, Anda hanya perlu mengikat kedua ujung tali tersebut.

Dalam membuat coconut rope, Anda juga perlu memperhatikan proses pemintalannya. Jika dilakukan secara manual, sudah barang tentu akan membutuhkan waktu yang sangat lama. Maka dari itu, Anda akan membutuhkan mesin pemintal.

Dengan adanya mesin pemintal tali kelapa ini akan sangat meudahkan pekerjaan Anda. Selain dari proses pembuatan dan pemintalannya, Anda juga perlu mengetahui beragam manfaat dari sabut kelapa itu sendiri.

Beragam Manfaat Sabut Kelapa

Berikut ini adalah berbagai manfaat dari sabut kelapa untuk kehidpan manusia.

1. Kerajinan Tangan

Pertama, sabut kelapa dapat dijadikan sebagai bahan kerajinan tangan. Selain untuk alat kebersihan rumah seperti sapu, sabut kelapa yang sudah dipintal juga dapat dijadikan sebagai aneka kerajinan tangan, misalnya keranjang, topi, matras, keset, dan lainnya.

2. Menetralkan Bau Semen pada Kolam

Manfaat sabut kelapa yang kedua adalah untuk ternyata mampu untuk menetralkan bau semen pada kolam. Ketika Anda membuat kolam ikan, maka biasanya akan ada bau semen dan dapat mengganggu kelansungan hidup ikan jika langsung digunakan. Hal ini dapat dinetralisir dengan cara memasukkan sabut kelapa ke dalam air kolam dan mendiamkannya selama 1-2 minggu.

3. Menahan Erosi Tebing

Selain itu, sabut kelapa juga bisa dimanfaatkan untuk menahan tebing guna meminimalisir terjadinya erosi. Hal ini merupakan manfaat yang sangat besar bagi kelestarian lingkungan.

4. Bahan Pupuk Organik

Manfaat selanjutnya dari sabut kelapa adalah sebagai bahan pupuk organik. Tahu kah Anda jika sabut kelapa nyatanya mengandung usur hara dan kandungan mineral yang tinggi, sehingga sangat baik untuk pertumbuhan tanaman. Dengan kata lain, sabut kelapa bisa digunakan sebagai pupuk organik.

Sebenarnya masih banyak manfaat dari sabut kelapa ini. Di negara kita sendiri, sabut kelapa ini banyak digunakan sebagai bahan dasar aneka kerajinan tangan yang tidak hanya dipasarkan di dalam negeri, namun juga mampu menembus ke pasar internasional.

Jika Anda membutuhkan tali sabut kelapa yang berkualitas serta produk turunan lainnya seperti cocopeat, coconut husk, coconut fiber dan lainnya, maka Anda bisa memilih produk dari Tanami. Untuk informasi selengkapnya, Anda bisa menghubungi nomor WhatsApp +62 812-1233-3590 (Maria/Fajar) atau mengunjungi website tanami.co.id.