adplus-dvertising

Ketahui 8 Penyebab Pengering Mesin Cuci Tidak Berputar Beserta Solusinya

Ketahui Penyebab Pengering Mesin Cuci Tidak Berputar Beserta Solusinya

Sebagai pengguna mesin cuci, Anda perlu mengetahui penyebab pengering mesin cuci tidak berputar serta solusi untuk mengatasinya. hal ini dikarenakan beberapa kerusakan dapat disebabkan oleh hal yang sangat sepele yang kemungkinan  besar dapat Anda atasi sendiri.

Bagi banyak orang, mesin cuci sudah merupakan hal yang wajib dimiliki pada saat ini. Mencuci dengan mesin dapat menghemat waktu dan juga menghemat air. Namun terkadang adakalanya mesin cuci mengalami gangguan. Salah satu gangguan yang sangat umum terjadi pada mesin cuci satu tabung atapun 2 tabung adalah pengeringnya tidak mau berputar.

Penyebab Pengering Mesin Cuci Tidak Berputar & Solusinya

Berikut adalah beberapa penyebab umum pengering mesin cuci tidak mau berputar, sekaligus solusinya:

1. Terlalu Banyak Muatan

Terkadang jumlah cucian yang tanggung membuat kita tidak sabar untuk segera menyelesaikannya, sehingga memutuskan untuk memaksanya masuk dalam 1 kali cuci. Terkadang hal ini dapat menyebabkan tabung mesin cuci tidak bisa berputar karena terlalu berat. Sehingga pengering mesin cuci pun tidak dapat berfungsi sebagai mestinya.

Jadi jika mesin cuci Anda tiba-tidak tidak berputar, cobalah untuk mengurangi muatannya terlebih dahulu. Masukkan cucian sedikit dibawah kapasitas maksimal mesin cuci Anda.  Anda tidak perlu terburu-buru memanggil tukang mesin cuci untuk memperbaiki.

2. Permukaan Lantai Tidak Rata

Jika Anda baru saja pindah rumah, kemudian tabung mesin cuci Anda tidak mau berputar, bisa jadi hal tersebut disebabkan karena permukaan lantainya tidak rata. Permukaan lantai yang tidak rata dapat menyebabkan sensor pengering mesin cuci tidak berfungsi sehingga tidak mau berputar.

Solusinya coba pindahkan mesin cuci ke area yang rata. Jika pengering tetap tidak berputa Anda bisa lanjut ke pemeriksaan berikutnya.

3. Kabel Mesin Cuci Putus

Penyebab tabung mesin cuci tidak dapat berputar yang berikutnya adalah kabel mesin cuci yang putus. Hal ini cukup sering terjadi, kabel bisa saja putus karena tikus.

Untuk mengeceknya Anda bisa melihat kabel utama mesin cuci, apakah putus atau tidak. Jika tidak Anda lanjutkan pengecekan pada kabel power di bagian bawah mesin cuci. Solusinya Anda bisa menyambung atau mengganti kabel yang putus dengan yang baru.

4. Kapasitor Mesin Cuci Terbakar

Jika mesin cuci Anda berdengung, tapi tabung tidak bisa berputar bisa karena kelebihan muatan atau kapasitor mesin cuci terbakar. Hal ini sangat umum terjadi terutama bagimesin cuci yang dipakai setiap hari.

Jika terjadi hal tersebut sebaiknya Anda memanggil tukang servis untuk mengganti bagian kapasitor yang terbakar.

5. Belt Mesin Cuci Kendor atau Putus

Bagian bawah mesin cuci terdapat belt yang membuat mesin cuci berputar. Jika mesin cuci Anda tidak mau berputar Anda bisa mengecek apakah belt mesin cuci Anda kendor atau putus.

Solusi yang bisa Anda lalukan adalah menggantinya dengan yang baru. Hal ini sangat mudah Anda lakukan dan kemungkinan besar dapat Anda lakukan sendiri tanpa bantuan tukan servis.

6. Timer Pengering Mesin Cuci Rusak

Pada mesin cuci digital, kerusakan sistem komputer sangat umum terjadi. Bisa saja pengering mesin cuci tidak berputar dikarenakan timer pengering rusak. Untuk mengatasi hal ini Anda bisa menghubungi tukang servis langganan Anda.

7. Lid Switch Tidak Berfungsi

Untuk mesin cuci bukaan depan seringkali pengering tidak dapat berputar dikarenakan saklar pintu atau lid switch yang sebagai alat pendeteksi pintu mesin cuci rusak. Karena pada mesin cuci ini ketika pintu terbuka mesin akan otomatis berhenti berputar. Segera hubungi tukang servis untuk memperbaiki lid switch Anda.

8. Dinamo Mesin Cuci Rusak

Dinamo merupakan komponen utama mesin cuci, jika dinamo rusak biasanya mesin cuci akan mengalami mati total. Cara mengatasinya adalah dengan mengganti dinamo. Atau jika mesin cuci Anda sudah cukup berumur lebih baik mengganti dengan mesin cuci yang baru.