adplus-dvertising

Tips Mengelola Akun Instagram untuk Meningkatkan Bisnis yang Perlu Anda Ketahui

Tips Mengelola Akun Instagram untuk Meningkatkan Bisnis yang Perlu Anda Ketahui

Memanfaatkan beragam media sosial untuk memperkenalkan produk menjadi salah satu strategi pemasaran online yang jitu. Salah satunya menggunakan instagram yang sedang populer di kalangan anak muda beberapa tahun belakangan ini.

Pentingnya Mengelola Akun Instagram dengan Baik

Pentingnya Mengelola Akun Instagram dengan Baik

Jika dulu akun media sosial kerap kali digunakan hanya untuk sekedar tempat membagikan cerita, curhat dan keluh kesah, atau aktivitas sehari-hari, kini fungsinya mulai bergeser kepada sesuatu yang lebih besar. Media sosial seperti instagram sudah mulai digunakan sebagai salah satu media pemasaran online hingga jualan produk.

Penggunanya yang sangat banyak dan jangkaunnya yang luas membuat instagram diilih banyak pebisnis untuk membesarkan bisnis, mendongkrak branding hingga meningkatkan omzet penjualan.

Ada beragam fitur di instagram yang bisa dimanfaatkan untuk mengembangkan bisnis Anda. Mulai dari IG Story, IGTV, Feed, IG Shopping (Store), IG Reels dan alat analisis berupa insight. Hanya saja, masih banyak pebisnis yang belum dapat mengoptimalkan berbagai fitur menarik yang disediakan oleh instagram tersebut.

Tips Mengelola Akun Instagram untuk Bisnis

Tips Mengelola Akun Instagram untuk Bisnis

Dewasa ini, hampir setiap orang memiliki ponsel. Dan sebagian besar dari mereka tentu saja menginstall aplikasi instagram serta merupakan pengguna IG aktif. Hal ini membuktikan instagram menjadi salah satu platform media sosial yang banyak digunakan.

Ditambah lagi bahwa kebiasaan orang saat ini yang mulai menggemari belanja online. Maka akun instagram bisnis Anda perlu dikelola dengan baik agar dapat meningkatkan omzet atau penjualan dari bisnis Anda.

Berikut ini beragam tips yang bisa Anda lakukan untuk mengelola akun instagram bagi bisnis Anda.

1. Menyusun Konten Menarik & Bermanfaat

Kesalahan dalam jualan di media sosial adalah langsung menawarkan produk (hard selling). Ada baiknya jika Anda memulianya dengan membuat orang-orang merasa nyaman dan tertarik dengan unggahan konten IG Anda.

Utamakan terlebih dahulu kepercayaan dan kenyamanan followers dibandingkan dengan langsung jualan. Pasalnya, ketika mereka sudah merasa nyaman dan percaya dengan Anda, maka mereka akan lebih mudah menerima penawaran.

Buatlah konten yang menarik dan bermanfaat, terutama memberikan informasi yang fresh serta menghibur. Dalam jangka pendek memang belum ada penjualan aktif, namun kepercayaan tersebut cepat atau lambat akan berdampak positif pada jangka panjang.

Yang terpenting Anda selalu rajin dan konsisten untuk membuat konten menarik di akun instagram Anda. Jika Anda merasa kesulitan, maka Anda bisa menggunakan jasa konten instagram.

2. Meningkatkan Interaksi dengan Followers

Orang akan semakin kenal dan dekat apabila interaksinya juga terjalin dengan baik intens. Begitu juga ketika Anda hendak berjualan atau mengenalkan brand (bisnis) Anda kepada orang lain. Umumnya, orang akan menjadi tertarik dengan bisnis Anda setelah terjalin interaksi yang baik.

Untuk itu, ada baiknya jika Anda menyaajikan konten yang mampu mengundang interaksi, seperti challange, quiz, contest, polling, giveaway, sesi tanya jawab, atau berbagai jenis konten lainnya.

3. Memanfaatkan IG Ads

Agar dapat menjangkau lebih banyak penggun, Anda juga bisa memanfaatkan IG Ads. Terlebih lagi jika followers akun IG Anda masih sedikit. Melalui IG Ads, Anda bisa mengatur target seuai dengan persona audiens, sehingga iklan Anda akan tepat sasaran dan mampu meningkatkan jangkauan serta mendongkrak omzet atau penjualan produk Anda.

4. Menggunakan Jasa Kelola Instagram

Salah satu cara paling mudah untuk mengelola akun instagram adalah dengan menggunakan jasa kelola instagram. Dengan cara ini, Anda tidak perlu lagi merasa bingung dalam mengatur konten yang akan diunggah, serta pengelolaan akun instagram untuk bisnis Anda agar menjadi lebih baik serta terarah.

Hanya saja, dalam memilih jasa kelola instagram Anda tidak boleh asal-asalan. Saat ini sudah banyak tersedia jasa dan layanan semacam itu. Namun, pastikan Anda hanya mempercayakannya kepada perusahaan yang profesional dan terpercaya. Salah satunya adalah Berdikari Media.