Saturday , July 13 2024
Mengenal Komponen dan Bagian Pada Mesin Potong Rumput dan Fungsinya

Mengenal Komponen dan Bagian Pada Mesin Potong Rumput dan Fungsinya

Mesin potong rumput merupakan salah satu alat yang biasa ditemukan di sebuah perkebunan. Biasanya, para pekerja yang bekerja di perkebunan lebih sering menggunakan mesin pemotong rumput ini. Tak hanya untuk pekerja saja, untuk anda yang punya kebun yang luas pun bisa memilikinya. Anda bisa menggunakannya ketika akan merapikan kebun ataupun taman milik anda yang begitu luas.

Mesin pemotong rumput dengan model gendong ini menjadi inovasi teknologi terbaru. Dibandingkan harus menggunting rumput secara manual yang akan memakan waktu dan tenaga yang lama, mesin pemotong rumput ini tentunya akan sangat membantu mempersingkat waktu pengerjaan memotong rumput tersebut.

Salah satu mesin potong rumput yang populer digunakan adalah brushcutter Honda UMR435N dari Honda Power Products. Mesin mini 4-tak OHC dilengkapi dengan teknologi terbaru seperti Tuas Throttle ganda untuk pengaturan kecepatan yang mudah dan aman, serta Sistem Pemotong 2 bilah dengan sistem ANTI DROP untuk keamanan ekstra dari risiko pisau terlepas.

Dengan rangka pipa dan pegangan loop, serta shaft fleksibel yang mengurangi getaran, mesin ini menawarkan daya torsi maksimum dan daya tahan yang tinggi. Dilengkapi dengan Nut Cover untuk hasil pemotongan yang baik dan dimensi yang kompak, mesin ini dirancang sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan masyarakat Indonesia.

Ditenagai oleh mesin GX35T 4-tak dengan kapasitas 35,8 cm³, mesin ini memiliki daya maksimum 1,0 kW (1,3 HP) pada 9000 rpm dan torsi maksimum 0,19 kgf-m (1,9 Nm) pada 5500 rpm. Dengan konsumsi bahan bakar yang efisien sebesar 0,8 L/jam dan kapasitas tangki bahan bakar 0,65 liter, mesin ini dilengkapi dengan starter recoil untuk kemudahan penggunaan.

Setiap komponen dan bagian pada mesin potong rumput gendong ini tentu ada fungsinya masing-masing. Mengetahui tiap komponen dan bagian, juga memahami fungsi dari bagiannya masing-masing tentu penting untuk dilakukan. Hal ini akan membuat anda lebih paham dengan cara pengoperasiannya yang benar, cara pemeliharaan alatnya dan juga bisa mengatasi masalah yang timbul pada mesin potong rumput gendong tersebut.

Penasaran untuk mengetahui satu persatu dari komponen dan bagian pada mesin potong rumput juga fungsi-fungsinya? Simak ulasan berikut ini!

Tangki Bahan Bakar

Pertama, ada bagian tangki bahan bakar yang merupakan tempat penyimpanan bahan bakar. Mesin potong rumput ini menggunakan bahan bakar bensin untuk menjalankannya. Selain menjadi tempat penyimpanan, tangki bahan bakar juga merupakan tempat pembakaran bahan bakar agar mesin bisa beroperasi.

Karburator

Karburator merupakan komponen pada mesin potong rumput yang mencampurkan udara dan bahan bakar pada mesin. Fungsinya adalah untuk mengatur campuran bahan bakar dan udara lalu disuplai ke tempat pembakaran pada mesin.

Kampas Kopling

Kampas Kopling atau disebut dengan clutch merupakan komponen mesin yang bertugas menghubungkan ataupun memutus putaran mesin. Bagian ini berfungsi ketika anda akan mengaktifkan dan mematikan pisau dan mesin potong.

Filter Udara

Filter udara memiliki fungsi untuk memfilter atau menyaring udara yang masuk ke dalam mesin. Sehingga, tidak akan ada udara kotor yang menempel pada karburator. Filter udara ini memiliki bentuk seperti busa penyaring.

Recoil Starter

Recoil Starter merupakan komponen pada mesin yang terlihat seperti tali. Fungsinya adalah untuk menghidupkan mesin pemotong rumput. Untuk menghidupkannya, anda bisa menarik recoil starter hingga mesin terdengar sudah menyala. Ketika recoil starter ditarik, akan ada proses pembakaran di dalam mesin potong rumput tersebut.

Ignition Coil dan Busi

Ignition Coil memiliki fungsi utama yaitu membuat percikan api dari listrik tegangan tinggi. Percikan api ini nantinya akan dihasilkan oleh busi, yang mana akan menghasilkan api untuk membakar campuran udara dan bahan bakar pada mesin potong rumput tersebut.

Crank Case

Crank Case merupakan sebuah tempat dimana crank shaft berputar. Crank Case memiliki fungsi sebagai tempat penyimpanan sebuah minyak pelumas. Minyak pelumas ini digunakan untuk memberikan pelumasan yang tepat dan juga menjaga suhu.

Flywheel

Flywheel merupakan sebuah roda yang berada terpasang di sebuah crank shaft. Flywheel memiliki fungsi untuk menjaga putaran mesin tetap dalam keadaan stabil ketika mesin potong rumput sedang menyala.

Piston

Piston merupakan komponen mesin yang mengonversi gerakan naik-turun piston tersebut menjadi gerakan rotasi. Cara bekerja piston adalah bergerak naik-turun yang juga digerakan oleh komponen lain.

Crank Shaft Assy

Crank Shaft atau disebut kruk as merupakan bagian utama yang meneruskan gaya naik turunnya piston. Gerakan naik turun ini nantinya akan berubah menjadi gerakan putaran yang terlihat pada pisau potong ataupun komponen lainnya.

Housing Clutch

Housing Clutch merupakan sebuah komponen mesin yang melindungi komponen lain dan juga menghubungkannya. Hal ini akan menghubungkannya dengan shaft fleksibel.

Seal Oli

Seal Oli merupakan komponen yang biasanya berfungsi untuk menahan oli agar tidak bocor. Tak hanya itu, Seal Oli juga menjaga sebuah minyak pelumas yang terdapat ada di dalam crank case.

Pisau Pemotong Rumput

Sesuai dengan namanya, alat ini merupakan sebuah pisau yang digerakan oleh pisau-pisau pada pisau pemotong rumput. Pisau pemotong rumput disini dikenal memiliki putaran pisau yang cepat dan ketika memotong rumput.

Nah itu dia komponen dan bagian pada mesin potong rumput gendong dan juga fungsi-fungsinya. Mulai dari sekarang, anda bisa memahaminya satu persatu terlebih dahulu sebelum mulai mengoperasikan mesin pemotong rumput tersebut.

Anda membutuhkan alat mesin potong rumput gendong terbaik? Segera dapatkan brushcutter Honda UMR435N di dealer Honda Power Products yang paling terdekat dari lokasi anda!