Wednesday , July 17 2024
Unmuh Gresik Mitra Strategis Dirjen PAUD Dasmen dalam Program Pemulihan Pembelajaran

Unmuh Gresik: Mitra Strategis Dirjen PAUD Dasmen dalam Program Pemulihan Pembelajaran

Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah (DIRJEN PAUD DASMEN) dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Iwan Syahril, mengajak semua elemen pendidikan di Indonesia untuk bersatu dalam upaya meningkatkan kompetensi literasi dan numerasi para siswa.

Pada tanggal 2 Juli 2024, Iwan menyampaikan pentingnya Program Pemulihan Pembelajaran yang melibatkan pemerintah, sektor swasta, perguruan tinggi, dan masyarakat dalam acara penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) di Surabaya.

Dengan mengandalkan berbagai keahlian dan sumber daya yang dimiliki oleh para mitra, Iwan optimis bahwa lebih banyak sekolah di Indonesia akan mendapat manfaat dari program ini. Di acara yang digelar di Hotel Platinum Surabaya, Universitas Muhammadiyah Gresik (UMG) menjadi salah satu dari 12 mitra pembangunan yang turut menandatangani PKS.

Komitmen Unmuh Gresik dalam Pemulihan Pembelajaran

Unmuh Gresik Mitra Universitas Dirjen PAUD Dasmen

Dr. Nur Fauziyah, Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UMG, hadir sebagai perwakilan universitas. Beliau menyerahkan surat komitmen dukungan program pemulihan pembelajaran secara langsung kepada Dirjen Iwan Syahril. Tidak hanya itu, acara ini juga dihadiri oleh Direktur Sekolah Dasar, Dr. Muhammad Hasni, Direktur Pendidikan Anak Usia Dini, Ibu Komalasari, dan Bunda PAUD Surabaya, Rini Indriyani.

Dalam program ini, FKIP UMG akan memberikan pendampingan kepada 40 sekolah di wilayah Kabupaten Gresik. Pendampingan ini bertujuan untuk memperkuat literasi dan numerasi baik bagi guru maupun siswa. FKIP UMG akan bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Gresik untuk mengimplementasikan program ini.

Sebelum penandatanganan PKS, sebanyak 120 fasilitator yang terdiri dari dosen dan guru telah dilatih oleh Direktorat untuk memberikan pendampingan langsung di sekolah-sekolah tersebut.

Langkah Maju untuk Pendidikan Indonesia

Iwan Syahril menekankan bahwa untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Indonesia, penguatan kemampuan literasi dan numerasi siswa harus menjadi prioritas. Tidak hanya itu, pendidikan karakter juga harus diperkuat agar siswa memiliki fondasi yang kokoh untuk menghadapi masa depan.

Dengan adanya program pemulihan pembelajaran ini, diharapkan kualitas pendidikan di Indonesia dapat meningkat secara signifikan. Kolaborasi antara pemerintah, perguruan tinggi, dan masyarakat menjadi kunci keberhasilan program ini.

Unmuh Gresik, sebagai salah satu Kampus Unggulan, menunjukkan komitmen yang kuat untuk mendukung upaya peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia melalui pendampingan dan penguatan literasi serta numerasi di sekolah-sekolah Kabupaten Gresik.