4 Cara Memperbaiki Gigi Perseneling Motor yang Keras dengan Mudah, Tanpa ke Bengkel

Cara Memperbaiki Gigi Perseneling Motor yang Keras dengan Mudah Tanpa Perlu ke Bengkel

Tips bagaimana cara mudah untuk memperbaiki gigi perseneling motor yang seret, susah, berat atau keras. Ketahui juga beberapa penyebabnya. Langkah-langkahnya bisa sobat lakukan sendiri tanpa perlu ke bengkel.

Bagi sobat zonakeren.com yang kerap alami operan gigi persneling motornya merasa berat atau keras. Tentunya dalam hal ini sobat mesti tahu penyebabnya serta cara memperbaiki gigi persneling motor yang keras.

Gigi Persneling Bermasalah

Permasalahan pada bagian transmisi manual persneling motor keras yang satu ini sepertinya telah banyak dihadapi serta dikeluhkan oleh beberapa pengendara sepeda motor. Pasti, hal itu begitu menyebalkan bukan? Bagaimana tidak, waktu tengah asyik melaju mendadak gigi persneling merasa berat serta keras.

Pasti, keadaan semisal ini dapat membahayakan untuk pengendaranya, mengingat saat tengah melaju dalam kecepatan yang tinggi. Oleh karena itu, sobat rasanya perlu tahu penyebabnya gigi persneling motor keras dan juga cara mengatasinya adalah hal yang harus diketahui oleh setiap pengguna sepeda motor.

Apalagi bagi sobat yang sering atau sedang mengalami permasalahan perpindahan gigi motornya seret, keras atau berat. Namun, untuk sobat yang belum tahu penyebabnya serta cara mengatasai permasalahan itu janganlah cemas. Karena, di kesempatan ini kami bakal sharing informasi tentang cara memperbaiki gigi perseneling motor yang keras dengan mudah.

Baca Juga: Cara menghemat BBM motor

Selain dapat mengakibatkan kecelakaan, permasalahan perpindahan gigi motor yang keras ataupun berat juga dapat beresiko pada rusaknya komponen mesin yang lain apabila tak selekasnya di perbaiki. Sangat banyak aspek penyebab gigi persneling motor sulit dioper yang sebenarnya dapat dihindari apabila sobat tahu penyebabnya gigi persneling motor keras dan juga cara memperbaikinya dengan baik dan benar.

Malahan, cara memperbaiki gigi persneling motor yang keras ataupun berat juga dapat sobat kerjakan sendiri dirumah dengan mudah. Tetapi, pasti untuk mengerjakannya dengan baik dan benar sobat butuh tahu beberapa langkahnya secara benar.

Sebab, apabila sobat belum tahu langkah atau cara memperbaiki persoalan ini dengan benar, maka kemungkinan hasilnya pun tidak akan benar dan malah menambah kerusakan. Oleh karena itu, untuk memulai penjelasan dalam hal penyebab serta cara memperbaiki gigi persneling motor yang keras.

Memperbaiki Gigi Persneling

Berikut ini kami akan berikan tipsnya mengenai cara memperbaiki didi perseneling motor yang keras dengan mudah dan cepat. Silakan simak ulasannya di bawah ini.

1. Gunakan Oli Berkualitas

Langkah pertama untuk memperbaiki gigi persneling motor keras dapat dikerjakan dengan memakai oli yang berkualitas atau sesuai dengan standard pabrik. Sebab, oli mempunyai manfaat yang begitu penting dalam mendukung kemampuan komponen mesin, terutama pada bagian gigi persneling.

Pasalnya, oli yang mempunyai kualitas di bawah standar atau mengental jadi bakal menjadikan gigi persneling sulit dioper maka bakal menjadikan gigi persneling pada mesin juga sangat terpaksa bekerja lebih ekstra.

2. Panaskan Mesin Sebelum Dipakai

Kemudian, memanaskan mesin sebelum motor dipakai juga begitu disarankan supaya gigi persneling tak terasa keras ataupun berat. Sebab, saat sistem pemanasan mesin jadi secara tidak langung oli bakal melumasi mesin motor, termasuk juga gigi persneling.

Jangan Lewatkan: Daftar Harga Motor Yamaha Terbaru Bulan Ini

Sehingga pada saat dikendarai jadi perpindahan giginya juga bakal terasa lebih lembut serta mudah. sobat dapat lakukan pemanasan mesin ini di saat pagi hari dengan cara teratur sebelum di kendarai. Dengan demikian, walau nampak remeh tetapi memanaskan mesin motor sebelum dipakai adalah cara efisien yang menjadi langkah menangani gigi persneling motor yang keras atau berat.

3. Periksa Tali Kopling

Tidak cuma itu saja, langkah menangani gigi persneling motor yang keras juga dapat dikerjakan dengan lakukan kontrol atau pemeriksaan pada bagian tali kopling. Cermati kekencangan tali kopling, apabila di rasa telah mengendur jadi mesti ditata kembali supaya jadi lebih ketat. Untuk membuat lancar tali kopling supaya perpindahan gigi persneling merasa mudah jadi dapat dikerjakan dengan cara membersihkan tali kopling memakai minyak serta sedikit di tambah oli pada tali koplingnya.

4. Cek Kampas Kopling

Terakhir, sobat juga dapat melakukan pemeriksaan pada bagian kanvas kopling. Jika kampas kopling sudah mulai aus atau habis, sebaiknya sobat ganti dengan kampas kopling yang baru. Karena jika kampas kopling yang sudah aus tidak selekasnya di ganti maka akan akan membuat tenaga motor menjadi lemah bahkan bisa jadi akan membuat gigi persenelingnya menjadi keras dan berat.

Oleh karena itu, pemeriksaan serta pergantian kampas kopling adalah hal mutlak yang menjadi salah satu langkah untuk menghindari hal yang tidak di inginkan oleh pengendara.

Apabila sobat lihat dari uraian dan penjelasan di atas, nampaknya beberapa bagian yang dikerjakan lumayan gampang serta sederhana, malahan dapat sobat kerjakan sendiri di rumah dengan mudah.

Tetapi, hal yang paling utama untuk dikerjakan yakni senantiasa melakukan service pada motor sobat, supaya seluruh kerusakan termasuk pada bagian gigi persneling juga dapat diperbaiki atau dihindari secepat mungkin.

Demikianlah ulasan singkat dari kami dalam hal memperbaiki gigi perseneling motor yang keras mudah, sehingga menjadi ringan, empuk dan lancar. Semoga informasi yang kami berikan di atas bisa memberikan faedah dan manfaat untuk sobat ZONAKEREN pecinta otomotif semua.