Hal-Hal yang Dapat Menurunkan Daya Tahan Tubuh dan Cara Mengatasinya

Hal yang Dapat Menurunkan Daya Tahan Tubuh dan cara Mengatasinya

Daya tahan tubuh merupakan bentuk kekebalan tubuh dalam menangkal kuman dan virus yang masuk kedalam tubuh. Jika daya tahan tubuh Anda kuat maka kuman dan virus yang berusaha menyerang tubuh Anda dapat dikalahkan, sebaliknya jika daya tahan tubuh Anda lemah bisa menyebabkan tubuh menjadi sangat rentan terhadap penyakit. Sehingga kesehatan anda sangat bergantung pada sistem daya tahan tubuh.

Hal-Hal yang Dapat Menurunkan Daya Tahan Tubuh

Menurunnya daya tahan tubuh bisa disebabkan oleh banyak faktor seperti gaya hidup yang tidak sehat. Berikut ini hal-hal yang dapat menurunkan daya tahan tubuh Anda:

1. Kurang Istirahat

Kurang istirahat bisa berakibat buruk bagi kesehatan. Hal ini dikarenakan pada saat kekurangan istirahat daya tahan tubuh pun bisa ikut menurun yang menyebabkan tubuh menjadi sangat rentan terserang penyakit seperti batuk, pilek dan juga penyakit lainnya.
Penelitian membuktikan orang dewasa yang sehat namun tidur kurang dari 6 jam perhari membuatnya menjadi lebih mudah terserang penyakit.

2. Stres

Stres kerap kali diabaikan oleh banyak orang, padahal stres yang dibiarkan berlarut-larut menyebabkan turunnya imunitas tubuh, hingga meningkatkan risiko terserang penyakit. Stres yang berkepanjangan membuat tingginya hormon steroid kortisol. Hormon ini dapat bersifat baik bagi tubuh namun jika kadarnya terlalu tinggi justru efeknya akan menurunkan sistem kekebalan tubuh.

3. Pola Hidup Tidak Sehat

Pola hidup juga dapat menyebabkan menurunnya sistem imunitas dalam tubuh. Kebiasaan seperti merokok dan meminum minuman beralkohol tidak baik bagi kesehatan. Kandungan nikotin yang terdapat pada rokok dapat meningkatkan produksi hormon kortisol  dalam tubuh dan juga dapat mengurangi pembentukan antibodi yang bertugas melawan infeksi tubuh.

3. Kurang Berolahraga

Jarang berolahraga dapat menyebabkan banyak masalah pada tubuh hingga penurunan pada sistem kekebalan tubuh. Tidak hanya itu jarang berolahraga juga bisa meningkatkan risiko serangan penyakit kronis yang bisa mengancam jiwa.

Cara untuk Meningkatkan Sistem Daya Tahan Tubuh

Pada saat memasuki fase pergantian musim, kasus penyakit menjadi lebih tinggi dari biasanya. Hal ini bisa disebabkan menurunnya daya tahan tubuh yang mengakibatkan tubuh menjadi rentan terhadap penyakit. Ini dia hal-hal yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

1. Mengonsumsi Makanan Bergizi Seimbang

Makanan menjadi sumber gizi yang dibutuhkan oleh manusia, masing-masing jenis makanan dapat memiliki fungsi yang berbeda pula bagi tubuh. Sehingga perlu diperhatikan pada saat mengonsumsi makanan, apakah sudah dapat mencukupi nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh atau belum.

2. Rutin Berolahraga

Setelah mengonsumsi makan-makanan yang bergizi, selanjutnya adalah memastikan Anda secara rutin berolahraga. Hal ini dikarenakan pada olahraga dapat membantu merangsang kerja sel-sel darah putih dan juga kinerja antibodi. Olahraga dapat membuat sel darah putih bisa bersirkulasi lebih lancar, dengan begitu tubuh  dapat lebih cepat mendeteksi adanya penyakit.

3. Mengelola Stres

Dalam mengelola stress, banyak aktivitas sehari-hari yang dapat Anda lakukan, yang terpenting yaitu dapat bisa membuat Anda rileks dan juga lebih tenang. Anda bisa dengan cara memiliki hobi baru, mendengarkan musik, meditasi, atau bahkan yoga sekalipun. Jika anda kesulitan dalam mengahadapi stress berlebih, jangan pernah ragu untuk segera meminta bantuan dari profesional seperti ke psikiater ataupun psikolog.

3. Istirahat yang Cukup

Istirahat yang cukup tidak kalah pentingnya dengan olahraga dan juga konsumsi makanan bergizi. Kualitas tidur seseorang dapat mempengaruhi daya tahan tubuh, hal ini dikarenakan jika kualitas tidur Anda baik, dapat membantu merangsang sistem kekebalan tubuh menjadi dalam kondisi prima.

4. Menghindari Rokok & Alkohol

Anda pasti sudah sering mendengar mengenai bahaya rokok bagi kesehatan. Kebiasaan merokok dan juga meminum minuman keras memang sangat berbahaya bagi tubuh apalagi dalam jangka panjang. Hal ini dikarenakan pada rokok terdapat ribuan zat beracun yang tentunya dapat menurunkan imunitas tubuh.

5. Mengonsumsi Vitamin

Dan yang terakhir anda dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh salah satunya dengan mengonsumsi vitamin untuk daya tahan tubuh. Penggunaan vitamin ini pada dasarnya yaitu untuk melengkapi nutrisi yang kurang atau belum anda dapatkan dari makanan sehari hari. Anda dapat mengonsumsi vitamin-vitamin yang mengandung vitamin A, B, C, dan E, dan juga Echinacea.

Itu dia hal-hal yang dapat menyebabkan turunnya daya tahan tubuh dan juga cara untuk meningkatkannya kembali. Pastikan anda selalu menerapkan pola hidup agar kondisi Anda tetap prima di dalam situasi seperti sekarang ini.