Berapa Usia Ideal untuk Hamil? Intip Penjelasannya di Sini!

Berapa Usia Ideal untuk Hamil

Untuk mendapatkan kehamilan sehat, pasangan yang telah menikah sebaiknya melakukan konsultasi ke klinik dokter kandungan secara rutin. Sebab banyak sekali faktor yang perlu diperhatikan untuk memperoleh kondisi kehamilan yang baik. Salah satunya yaitu faktor usia. Lantas berapa usia ideal untuk hamil menurut medis ? Berikut simak penjelasannya.

Batasan Usia Wanita Masih Dapat Hamil

Jika dilihat secara langsung di masyarakat, sebenarnya tidak ada ketentuan pasti kapan seseorang harus menikah dan hamil. Karena semuanya bisa didasarkan pada kesiapan masing masing orang. Tidak selalu fisik, tapi juga berdasarkan faktor mental sampai faktor finansial. Namun, penting untuk diketahui bahwa kesuburan wanita dapat menurun seiring dengan pertambahan usia.

Yang mana usia subur pada wanita untuk menjalani program hamil, atau tahun reproduksi terbaik adalah ketika berada di usia 20-an. Nantinya tingkat kesuburan ini akan menurun saat memasuki usia 30-an, terutama ketika seseorang sudah memasuki usia 35. Jadi bisa dibilang bahwa usia ideal untuk hamil adalah 20 sampai 35 tahun.

Bahaya Hamil Usia Terlalu Muda

Di klinik dokter kandungan, biasanya program hamil disarankan ketika seorang wanita sudah memasuki usia 20-an. Meski menurut aturan yang ditetapkan oleh Undang Undang, usia minimal pernikahan untuk wanita adalah 16 tahun. Sebab di bawah usia 20, organ reproduksi pada wanita cenderung belum matang sepenuhnya.

Pun dengan kondisi psikologis, sehingga menjadi ibu pada usia di bawah 20 dinilai terlampau muda. Beberapa masalah kesehatan yang mungkin terjadi ketika wanita hamil di usia terlalu muda yaitu anemia, tekanan darah tinggi, mudah depresi, serta persalinan dan berat badan lahir rendah.

Bahaya Hamil Usia Terlalu Tua

Sama halnya dengan hamil di usia terlalu muda, hamil di usia terlalu tua juga tidak begitu dianjurkan. Meski rata rata wanita yang berusia di atas 35 tahun memang cenderung mempunyai kondisi psikologis dan finansial yang jauh lebih stabil. Namun kondisi fisik menjadi salah satu faktor yang bisa membuat kehamilan menjadi tidak optimal, atau kehamilan berisiko.

Beberapa masalah kesehatan yang dapat terjadi apabila seorang wanita hamil di atas usia 35 atau 40 tahun yaitu keguguran, diabetes gestasional, cacat bayi akibat masalah genetik, tekanan darah tinggi, serta berbagai masalah kesehatan lainnya sebab seiring bertambahnya usia maka risiko masalah kesehatan juga semakin tinggi.

Selain itu, wanita yang berada pada usia di atas 35 tahun dan ingin menjalani program hamil di klinik dokter kandungan, biasanya akan lebih susah untuk hamil. Karena seiring dengan bertambahnya usia, sel telur yang dimiliki juga terus menurun. Tidak hanya dari segi kuantitas saja, melainkan dari segi kualitasnya juga.

Meski tidak menutup kemungkinan kehamilan yang sehat dapat terjadi pada usia di atas 35 tahun atau di bawah 20 tahun, namun beberapa kasus memiliki risiko tinggi seperti yang telah disebutkan di atas. Oleh karena itu, sebaiknya lakukan konsultasi dengan dokter kandungan terlebih dahulu saat melakukan program hamil agar mendapatkan kehamilan sehat.

Info selengkapnya : https://www.omdc.co.id