9 Manfaat Bermain Badminton untuk Kesehatan Tubuh dan Psikologis

Manfaat Bermain Badminton untuk Kesehatan Tubuh yang Perlu Diketahui

Manusia ditakdirkan untuk aktif bergerak. Berbagai penyakit degeneratif yang muncul beberapa tahun belakangan ini, diduga disebabkan karena manusia semakin sedikit bergerak selama hidupnya. Yang diperparah dengan asupan makanan yag miskin nurtisi dan terlalu banyak diolah. Jika Anda banyak beraktivitas di dalam ruangan saat bekerja, gunakanlah waktu luang dan waku libur untuk berolahraga.

Banyak orang malas melakukan olahraga karena sendirian. Jika Anda adalah tipikal orang tersebut, maka cobalah olahraga permainan. Salah satu jenis olahraga permainan yang banyak diminati adalah badminton.

Banyak orang memilih olahraga permainan badminton, karena badminton sangat mudah dipelajari, hanya butuh dua orang pemain, mudah dilakukan kapan saja dan dimana saja, bahkan bisa dilakukan di dalam ruangan. Olahraga badminton juga dapat dilakukan oleh berbagai usia. Anda dapat melakukan olahraga ini bersama anak, pasangan, kerabat bahkan tetangga Anda di hari libur.

Manfaat Bermain badminton

Olahraga badminton ternyata memiliki banyak sekali manfaat yang dapat menunjang kesehatan dan kebugaran tubuh. Selain itu badminton juga dapat memberikan manfaat positif bagi kesehatan mental Anda, bahkan juga dapat memberi pengaruh positif bagi kehidupan sosial Anda. Untuk lebih jelasnya, inilah ulasan mengenai berbagai manfaat positif badminton:

1. Menjaga Kebugaran Fisik

Bandminton adalah perpaduan dari berbagi olahraga dasar, mulai dari berjalan, berlari bahkan melompat. Dengan kombinasi gerakan ini diperkirakan Anda dapat membakar sekitar 450 kalori per jam. Jadi dapat dikatakan badminton merupakan cross-training yang baik, dan akan membantu Anda menjaga tubuh tetap bugar.

2. Bermanfaat Positif bagi Psikologis

Selain meningkatkan kebugaran disik, badminton juga tebukti dapat meredakan stres dan kecemasan. Hal ini dikarekana permainan ini dapat menigkatkan produksi endorfin, yang merupakan neurotransmitter perasaan nyaman di otak serta mampu meningkatkan suasana hati dan kualitas tidur yang baik.

3. Memperkuat Otot

Banyaknya kombinasi gerakan pada permainan badminton, Dapat melatih berbagai otot dalam tubuh kita. Olahraga ini dapat menguatkan dan mengencangkan paha depan, bokong, betis, dan paha belakang. Tidak hanya bagian bawah tubuh, badminton juga memperkuat otot inti, otot lengan, dan otot punggung.

4. Menjaga Kesehatan Sosial

Karena merupakan olahraga permainan yang membutuhkan lawan, maka setidaknya Anda akan berinteraksi dengan satu lawan. Interaksi ini berlangsung selam permanan bahkan setelah bermain bersama. Hal ini tentunya akan memberikan dampak positif bagi kehidupan sosial Anda.

5. Memperkuat Fleksibilitas Sendi

Selain menjadikan otot semakin kuat, badminton juga bisa meningkatkan fleksibilitas persendian Anda. Hal ini disebabkan ketika bermain badminton Anda melakukan ayunan dan jangkauan yang akan membuat sendi Anda lebih fleksibel jika dilakukan secara rutin.

6. Menjaga Kepadatan Tulang

Dengan pergerakan yang kita lakukan, maka sel-sel pembentuk tulang akan terangsang untuk lebih aktif beregenerasi. Hal terebut baik untuk membentuk kepadatan tulang.

7. Meningkatkan Mobilitas

Karena pengaruh bertambahnya usia, biasanya mobilitas seseorang menjadi lebih terbata. Namun, dengan aktif berolahraga, tubuh akan beradaptasi karena sendi tetap terlumasi dengan adanya banyak pergerakan, yang akan mencegah munculnya artritis dan penyakit pergerakan lainnya.

8. Menurunkan Berat Badan

Olahraga badminton merupakan olahraga kardio yang mengakibatkan peningkatan metabolisme. Peningkatan metabolisme ini biasanya diiringi dengan pembakara lemak, sehingga cukup efektif untu mengurangi berat badan.

7. Menurunkan Risiko Diabetes

Karena metabolisme meningkat, maka timbunan sisa metabolisme berupa gula juga dapat dibakar sebagai energi selama kita berolahraga. Hal inilah yang dapat menurunkan risiko Diabetes.

8. Mencegah Penyakit Jantung

Sebagaimana telah disebutkan diatas, bahwa badminton adalah jenis olahraga kardio. Olahraga ini akan melatih dan meningkatkan kinerja jantung, melancarkan peredaran serta menjadikan otot jantung lebih kuat dan detaknya lebih teratur.

9. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Karena berupa permainan yang melibatkan lawan, dan juga pertarungan strategi. Badminton secara tidak langsung akan menyegarkan otak, meningkatkan optimisme serta rasa percaya diri kepada pemainnya. Hal ini akan memberi dampak positif bagi kehidupan Anda sehari-hari

Jasa Pembuatan Lapangan Badminton

Olahraga badminton bisa dimainkan di mana saja, baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan. Bermain badminton di lapangan indoor merupakan sesuatu yang sangat menyenangkan. Selain itu, keberadaan karpet lapangan badminton membuat permainan di dalam lapangan indoor menjadi terasa lebih nyaman.

Banyak orang yang merasa kebingungan bagaimana cara membuat lapangan badminton yang baik. Selain kurangnya pengalaman dan pengetahuan, bahan-bahan untuk membuat lapangan juga perlu disiapkan dengan matang.

Karpet badminton misalnya, selain kualitas dan jenisnya yang beragam, harga karpet badminton pun juga bervariasi. Semua itu bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Meski demikian, dalam membuat lapangan badminton juga membutuhkan perencanaan yang matang. Cara paling mudah adalah dengan menggunakan jasa pembuatan lapangan badminton.

Dalam hal ini, kami merekomndasikan kepada Anda untuk mempercayakannya kepada PT Raga Gunawan Mandiri dengan alamat website di www.jasapembuatanlapangan.id.