Inilah 5 Manfaat dan Keunggulan Beras Organik yang Perlu Diketahui

Manfaat dan Keunggulan Beras Organik yang Perlu Diketahui

Selain beras non organik, di negara kita juga mengenal beras organik. Dari namanya saja, tentu sudah dapat dipastikan jika beras organik memiliki perbedaan dengan beras biasa atau non organik.

Perbedaan Beras Organik dan Non Organik

Berikut ini adalah beberapa perbedaan dari beras organik dan non organik.

1. Proses Budidaya Beras Orgaik Tanpa Bahan Kimia

Perbedaan paling mencolok antara beras organik dan beras non organik terletak pada cara atau proses budidayanya. Untuk beras organik, sejak penanaman, perawatan, hingga pemanenan, sama sekali tidak melibatkan bahan kimia. Hanya menggunakan pupuk alami seperti pupuk kompos dan pestisida alami.

Sementara itu, budidaya beras non organik sudah tentu menggunakan beragam bahan kimia. Sebut saja pupuk kimia untuk menunjang kesuburan, hingga pestisida guna membasmi hama, gulma dan wereng.

2. Beras Organik Lebih Ramah bagi Penderita Diabetes

Perlu diketahui, beras organik mempunyai kandungan karbohidrat dan protein yang mudah terurai di dalam tubuh. Dengan demikian lebih aman untuk penderita diabetes. Bahkan, beras organik hitam kerap kali digunakan untuk pemulihan bagi penderita stroke.

Maka tidak mengejutkan jika banyak orang yang beralih mengonsumsi beras organik, meskipun harga beras organik terbilang lebih mahal jika dibandingkan dengan beras non organik.

3. Beras Organik Lebih Kaya Nutrisi

Tidak hanya bebas dari bahan kimia pada proses pembudidayaannya, namun nyatanya beras organik juga dipercaya memiliki kandungan nutrisi yang lebih banyak jika dibandingkan dengan beras non organik.

Adapun beras organik itu sendiri menagndung beragam nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh Anda. Mulai dari asam amino, kalium, zat besi, magnesium, hingga pigmen antosianin.

Selaina itu, jenis beras hitam organik juga memiliki kandungan zat flavonid yang lebih banyak jika dibandingkan dengan beras biasa. Dengan nutrisi yang lebih lengkap ini membuat beras organik banyak dipilih bagi para pelaku diet sehat.

Manfaat dan Keunggulan Beras Organik

Sementara itu, berikut ini adalah beberapa manfaat serta keunggulan dari beras organik yang mungkin saja bekum Anda ketahui.

1. Beras Organik Meminimalisir Risiko Kanker

Karena mengandalkan bahan alami dalam proses budidaya, mengonsumsi beras organik akan membantu Anda dalam memiminalisir risiko terkena penyakit berat. Misalnya saja penyakit kanker yang dapat diakibatkan oleh pupuk kimia, pestisida kimia, hingga Genetic Modified Organism (GMO).

2. Beras Organik Lebih Aman & Sehat Dikonsumsi

Keunggulan beras organik yang kedua adalah lebih aman dan menyehatkan jika dikonsumsi. Bahkan, beras organik dapat dikonsumsi bagi Anda para penderita diabetes. Sebab, di dalam beras organik terkandung nutrisi dan mineral yang tinggi.

Selain itu, karbohidrat dan protein yang terdapat di dalam beras organik juga lebih mudah terurai. Maka jangan heran, jika beras orgaik juga digunakan pada beberapa program diet sehat. Bahkan, beras orgaik juga baik untuk pencegahan penyakit kanker, asam urat, darah tinggi, vertigo, hingga penyakit kardiovaskular.

3. Mengonsumsi Beras Merah Mengurangi Kadar Urea dalam Darah

Dengan mengonsumsi beras merah, maka Anda telah membantu tubuh dalam mengurangi kadar urea yang ada di dalam darah. Adapun kadar urea di dalam darah itu sendiri buasanya berasal dari beras non organik yang pada proses budidaya elibatkan penggunaan pupuk urea.

4. Nasi dari Beras Orgaik Tidak Mudah Basi

Jika dibandingkan dengan beras biasa, maka nasi dari beras organik lebih awet, tidak cepat basi dan berlendir. Tentu saja hal ini juga dapat mengurangi kebiasan membuang sisa nasi bagi sebagian orang, akibat nasi yang tidak habis karena sudah basi terlebih dahulu.

5. Beras Organik Lebih Ramah Lingkungan

Cara dan proses budidaya beras organik tidak menggunakan bahan kimia, karena mengandalkan pupuk dan pestisida alami. Sehingga lebih ramah terhadap lingkungan.

Artinya, dengan mengonsumsi beras organik, secara tidak lansgung Anda sudah ikut menjaga kelestarian lingkungan. Selain itu, Anda juga turut mendukung aktivitas petani lokal yang menggunakan metode pertanian organik di Indonesia.

Dapatkan Beras Organik Berkualitas di SESA

Dapatkan Beras Organik Berkualitas di SESA

Saat ini sudah banyak ditemukan dengan mudah penyedia beras orgaik di internet. Bahkan, Anda bisa membelinya dengan mudah secara online. Salah satunya melalui SESA yang memiliki alamat website di sesa.id.

Selain mudah dan aman, transaksi di SESA juga telah didukung dengan beragam metode pembayaran. Mulai dari transfer bank, kartu kredit, ShopeePay, hingga OVO.

Tidak hanya bisa diakses melalui website SESA, Anda juga bisa membukanya melalui aplikasi di ponsel yang bisa Anda unduh melalui Google Play Store bagi pengguna ponsel Android, dan di App Store bagi Anda pengguna ponsel berbasis iOS.

Referensi:

https://www.hipwee.com/tips/ciri-beras-organik/