adplus-dvertising

Inilah 6 Tips Food Preparation untuk Memudahkan Aktivitas Memasak

Tips Food Preparation untuk Memudahkan Aktivitas Masak

Memasak bukanlah hal yang mudah bagi sebagian orang. Namun untuk mendapatkan makanan yang berkualitas sebaiknya Anda membiasakan diri untuk memasak. Memasak juga merupakan salah satu cara untuk menghemat pengeluaran bulanan.

Ada banyak cara untk memudahkan proses memasak. Selain peralatan dapur yang memadai, Anda juga bisa menghemat waktu dan memudahkan proses memasak dengan melakukan food preparation.

Pengertian Food Preparation

Food Preparation atau food prep adalah suatu metode menyiapkan berbagai bahan makanan dalam jumlah banyak untuk beberapa hari. Bahan makanan yang sudah disiapkan sebelumnya menjadikan proses memasak lebih singkat.

Food prep sangat cocok diaplikasikan oleh ibu yang bekerja atau ibu dengan balita yang butuh pengawasan. Bahkan Anda juga bisa menyiapkan food prep untuk MPASI.

Tips Melakukan Food Preparation

Inti dari food prep adalah menyiapkan bahan makanan dalam jumlah besar. Namun jika Anda melakukan dengan cara yang salah justru akan membuang banyak bahan makanan karena banyak yang membusuk. Inilah tips-tips food prep agar bahan makanan awet dan proses memasak Anda menjadi menyenangkan.

1. Membuat Jadwal Menu

Membuat jadwal menu sebaiknya Anda lakukan sebelum melakukan food prep. Hal ini akan memudahkan Anda berbelanja bahan. Selain itu Anda juga tidak akan bingung menentukan menu yang akan Anda buat pada pagi harinya.

2. Buat Daftar Belanjaan

Setelah menu ditentukan, Anda harus mencatat bahan-bahan yang diperlukan. Bumbu yang harus dibeli dan jumlahnya. Hal ini akan sangat membantu Anda untuk membeli bahan sesuai dengan jumlah yang diperlukan. Bahan makanan seperti sayuran yang dibeli terlalu banyak juga akan membusuk dalam kulkas.

3. Mempersiapkan Peralatan

Saat melakukan food prep Anda harus menyediakan kontainer sebagai wadah di dalam kulkas. Penyimpanan bahan makanan yang dilakukan dengan baik aka menjadikan kulkas Anda lebih rapi dan pastinya terhindar dari bau. Untuk wadah bahan makanan sebaiknya Anda memilih yang terercaya dan juga food grade.

Salah satu produk peralatan dapur yang banyak direkomendasikan adalah Grinn Living. Perlu diketahui, Grinn Living memiliki produk yang dibuat khusus untuk penyimpanan di dalam kulkas. Dengan bahan yang sudah disesuaikan dapat membuat bahan makanan Anda lebih awet dan tetap segar.

4. Menyimpan Lauk dengan Benar

Penyimpanan lauk dengan benar akan membuat lauk lebih awet. Untuk protein hewani daging dan ayam sebaiknya jangan dicuci sebelum disimpan untuk menjaga agar tidak cepat busuk. Akan lebih baik jika Anda menyimpannya dalam bentuk termarinasi atau bahkan sudah matang, misal dalam bentuk rebusan atau ungkepan.

Untuk produk hewan air dan seafood sebaiknya simpan setelah Anda baluri dengan garam dan air jeruk nipis. Siapkan semua lauk ini dalam kemasan sekali masak. Untuk menghindari rusaknya bahan makanan karena proses pencairan berulang,

5. Menyiapkan Sayuran

Siapkan sayuran benar-benar sesuai kebutuhan. Karena beberapa sayuran mudah busuk. Untuk jenis sayuran yang tidak tahan lama sebaiknya Anda masak terlebih dahulu.

Jangan mencuci sayuran jika akan melakukan food prep, kalaupun sayuran terlalu kotor dan Anda terpaksa harus mencucinya. Jangan masukkan ke dalam wadah dalam kondisi basah. Tunggu sampai benar-benar kering agar sayuran awet.

6. Menyiapkan Bumbu

Bembuat bumbu merupakan proses memasak yang cukup menyita waktu. Anda bisa menghemat waktu memasak dengan menyiapkan bumbu. Anda bisa membuat secara spesifik, seperti bumbu soto, bumbu rendang dan bumbu yang lain. Atau Anda juga bisa menyetok dalam bentuk bumbu dasar.