6 Tips Menghemat Baterai Laptop Agar Tidak Cepat Habis

Tips Menghemat Baterai Laptop Agar Tidak Cepat Habis

Semakin berkembangnya teknologi, laptop juga semakin digemari. Bahkan semenjak kemunculan dan mulai populernya laptop, banyak orang mulai beralih dari PC. Laptop memang memiliki beberapa keunggulan dari PC, salah satunya adalah hemat listrik dan juga dapat digunakan di mana saja karena menggunakan baterai. Saat tidak ada sumber listrik dan menggunakan tenaga baterai, laptop dapat bertahan selamaa beberapa jam.

Ketahanan baterai laptop ini bergantung pada berbagai macam faktor, antara lain merk, tipe laptop, tipe baterai, usia laptop dan baterai dan besarnya penggunaan daya.

Tips Menghemat Baterai Laptop

Sekalipun bergantung pada faktor di atas, ada beberapa cara agar baterai laptop anda tidak cepat habis. Berikut beberapa tips yang dapat Anda coba, antara lain:

1. Menutup Aplikasi yang Tidak Dipakai

Cara pertama yang dapat Anda lakukan untuk menghemat baterai laptop adalah dengan menutp aplikasi yang tidak dipakai atu tidak penting. Banyaknya aplikasi ang bekerja membuat penggunaan daya laptop Anda lebih besar sehingga baterai cepat habis. Anda bisa menutup aplikasi ini dengan menggunakan task manager. Caranya Anda bisa masuk ke dalam menu start kemudian cari task manager dalam menu pencarian. Dalam task manager Anda bisa memilih aplikasi mana yang tidak penting yang dapat Anda tutup untuk menghemat baterai.

2. Pastikan Terdapat Sirkulasi Udara

Yang kedua adalah pastikan sirkulasi udara sekitar laptop lancar. Sirkulasi yang tidak lancar dapat menjadikan laptop panas, dan hal ini diyakini akan berpengaruh terhadap daya kerja baterai sehingga cepat habis. Untuk memperlancar sirkulasi udara ini Anda dapat membeli kipas pendingin laptop. Hal ini sangat membantu, harganya juga cukup bervariasi sehingga sobat bisa memilih yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran.

Baca Juga: Penyebab Baterai Laptop Cepat Habis

3. Cabut Perangkat USB

Setelah selesai mentransfer data baik ke dalam atau keluar laptop, sebaiknya segera cabut USB dari laptop Anda. USB yang dibiarkan menancap akan membuat daya baterai lebih cepat habis. Jadi biasakan mencabut USB dari laptop setelah selesai menggunakannya.

4. Gunakan Sleep Mode

Ketika Anda akan meninggalkan laptop untuk sementara waktu sebelum digunakan kembali sebaknya gunakan Sleep mode. Karena, seperti perangkat elektonik pada umumnya laptop membutuhkan banyak daya ketika menyalakannya. Sleep mode dapat memangkas banyak daya dibanding dengan mematikan laptop kemudian menyalakannya kembali. Dengan meggunakan mode ini baterai Anda akan jauh lebih hemat saat Anda hanya meniggalkannya tidak teralu lama. Saat anda meninggalkan laptop untuk waktu yang lama, sebaiknya tetap mematikan laptop.

5 Mengatur Kontras Cahaya Layar

Seperti halnya HP, kontras layar yang semakin cerah justru akan membuat baterainya lebih cepat habis. Selain itu kontras yag terlalu cerah juga kurang baik untuk kesehatan mata. Jadi sebaiknya ataur pencahayaan pada layar senyaman mungkin agar tidak sakit di mata dan juga tidak membuat baterai cepat habis

6. Hindari Penggunaan CD/DVD-ROM

Saat CD/DVD-ROM digunakan, kinerja laptop menjadi tidak maksimal. Hal ini karena hardware bekerja terlalu keras dan menghabiskan daya baterai lebih cepat. Jadi agar baterai laptop tidak cepat habis jangan mengunakan CD/DVD-ROM saat sedang menggunakan laptop. Pastikan juga tidak adak CD/DVD yang tertinggal didalamnya sekalipun tidak digunakan. Karena juga akan memakan daya lebih banyak untukhal yang tidak digunakan.

Itulah beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk menghemat baterai laptop Anda agar tidak cepat habis. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.