5 Tips Memilih Smartphone Berkualitas dengan Harga Terjangkau

Tips Memilih Smartphone Berkualitas dengan Harga Terjangkau

Smartphone saat ini seolah sudah menjadi kebutuhan pokok yang memegang peranan penting dalam kehidupan manusia. Kehadiran ponsel cerdas ini sangat membantu dan memudahkan kita dalam berbagai aktivitas, termasuk dalam berkomunikasi dan mencari informasi terkini hanya melalui genggaman tangan.

Namun memilih smartphone kadang-kadang juga bukan perkara yang mudah. Sebab, di era dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat ini, sudah banyak sekali jenis, varian dan merek smartphone dengan berbagai fitur dan spesifikasi yang ditawarkannya.

Namun jika Anda tidak perlu cemas, karena kali ini kami akan berbagi tips bagaimana memilih smartphone yang sesuai kebutuhan, mumpuni namun tidak akan menguras kantong terlalu dalam.

Tips Memilih Smartphone

Berikut ini adalah tips memilih smartphone yang sesuai dengan kebutuhan.

1. Pilih Smartphone Kelas Menengah

Ponsel cerdas yang beredar di pasaran, umumnya memiliki kelas sesuai dengan harga dan pangsa pasarnya. Mulai dari kelas bawah atau pemula (low-end), menengah hingga (mid-end) kelas atas dan premium (high-end). Nah, smartphone kelas menengah merupakan gadget yang memiliki banderol tidak terlalu murah, namun juga tidak mahal serta masih terjangkau.

Smartphone kelas menengah ini biasanya berada dalam rentang harga antara Rp 2 juta hingga Rp 3 jutaan. Ponsel kelas mid-end, umumnya memiliki kualitas yang jauh lebih baik dibandingkan dengan kelas low-end (pemula). Selain itu, pilihannya juga lebih beragam sehingga Anda memiliki lebih banyak pilihan sesuai kebutuhan.

2. Perhatikan Chipset

Smartphone yang handal, Anda bisa memilih yang diotaki oleh chipset Qualcomm Snapdragon yang terkenal sangat mumpuni. Misalnya saja chipset Snapdragon 600 yang sering kali digunakan oleh smartphone kelas menengah. Contoh yang paling jelas adalah smartphone yang dibekali dengan Snapdragon 625 dan seri 636 di mana memiliki kinerja setara flagship .

Baca Juga: Teknologi Smartphone Terbaru di Tahun 2021

3. Pilih Layar yang Lebar

Smartphone yang beredar saat ini umumnya memiliki ukuran layar yang cukup lega, yakni 5 – 6 inchi. Dengan layar yang lebar, maka smartphone akan terasa mudah saat dioperasikan.

4. Pilih RAM yang Sesuai

Selain memperhatikan ukuran layar dan chipset yang dibenamkan, Anda juga perlu memperhatikan RAM-nya. Tentu saja hal ini juga harus Anda sesuaikan dengan besarnya ruang penyimpanan.

5. Jangan Lupakan Kamera

Dengan budget antara Rp 2 – 3 juta, maka Anda sudah bisa mendapatkan smartphone dengan spesifikasi kamera yang mumpuni serta berbagai fitur kamera yang canggih. Kamera smartphone di kelas ini tidak hanya menghasilkan kualitas gambar yang bagus saat selfie, namun juga bisa menghasilkan rekaman video dengan kualitas yang keren.

Demikianlah beberapa tips yang bisa kami bagikan terkait cara memilih smartphone yang berkualitas dengan harga terjangkau.