adplus-dvertising

Inilah 7 Tips Merawat Rambut Ikal yang Perlu Anda Ketahui

Tips Merawat Rambut Ikal yang Perlu Anda Ketahui

Banyak orang beranggapan merawat rambut ikal sangat merepotkan. Mulai dari susah menemukan model rambut yang tepat, rambut mengembang dan juga susah diatur. Sebenarnya rambut ikal sangat mudah ditata bila dalam keadaan sehat. Bahkan Anda tidak perlu menyisir dan merapikan rambut terlalu sering karena rambut ikal yang sedikit berantakan justru terkesan manis.

Rambut ikal yang sehat akan terlihat mengilap, lembab, tidak terlalu mengembang, tidak kusut dan tidak sulit diatur. Untuk mendapatkan rambut ikal dengan ciri di atas, maka Anda harus menjaga dan merawat rambut ikal dengan benar.

Cara Merawat Rambut Ikal

Pada dasarnya setiap jenis rambut memerlukan perawatan yang berbeda. Berikut adalah beberapa cara merawat rambut ikal agar mudah diatur:

1. Jangan Terlalu Sering Keramas

Rambut ikal sebenarnya sedikit mirip rambut keriting. Yaitu mudah kering dan jga mudah rapuh.oleh karena itu sebaiknya Anda tidak keramas terlalu sering. Cukup 1 – 2 kali seminggu dengan shampoo non sulfat. Anda juga bisa menggunakan shampoo yang berbasis herba.

Cara keramas juga menentukan, jangan menggosok semua bagian rambut agar kelembaban rambut tidak terlepas. Anda cukup menggosokkan shampoo pada kulit kepala. Ketika dibilas busa akan turun ke batang rambut dan Anda bisa menggosoknya pelan agar batang rambut bersih.

2. Selalu Gunakan Kondisioner

Setelah memakai shampoo pastikan Anda selalu menggunakan kondisioner. Pilihlah kondisioner dengan ekstra pelembab agar rambut tidak mengembang dan tidak kusut. Kondisioner juga dapat membantu rambut lebih berkilau. Anda juga bisa memilih menggunakan kondisioner tanpa bilas agar lebih praktis digunakan.

3. Mengeringkan Rambut dengan Cara yang Benar

Setelah keramas jangan mengeringkan rambut dengan menggosoknya menggunakan handuk. Karena hal ini akan membuat rambut Anda menjadi rapuh dan juga kusut. Cukup gunakan handuk untuk membungkus rambut sambil sedikit ditekan-tekan. Hal ini dilakukan agar air dapat meresap ke dalam handuk kemudian biarkan kering dengan sendirinya.

4. Jangan Menyisir dengan Sisir

Menyisir rambut ikal menggunakan sisir akan membuatnya mengembang dan merusak bentuk ikal rambut Anda. Agar rambut ikal Anda tetap cantik dan mudah ditata sebaiknya Anda cukup menyisirnya menggunakan jari. Atau jika rambut Anda kusut Anda bisa menyisirnya menggunakan sisir bergigi jarang. Sisirlah rambut ikal dalam keadaan basah. Akan lebih baik jika Anda menyisir rambut ikal saat menggunakan kondisioner.

5. Jangan Mengeringkan Rambut Menggunakan Hair Dryer

Mengeringkan rambut ikal menggunakan hair dryer akan membuat rambut menjadi kering. Selain itu hembusan angin hairdryer akan merusak tekstur ikal dan membuat rambut menjadi mengembang. Jika Anda dalam keadaan terburu-buru Anda bisa enggunakan hairdryer dengan diffuser berbentuk corong yang dipasang di mulut hairdryer. Corong ini akan menjadikan angin hairdryer lebih lembut sehingga tekstur ikal rambut tidak rusak.

6. Jangan Menggunakan Produk Tata Rambut yang Mengandung Silikon

Banyak orang menggunakan produk tata rambut  berbahan silikon untuk membuat rambut nampak lebih berkilau. Hal ini snagat tidak disarankan karena bahan silikon dapat menutup lapisan luar rambut dan membuat bagian dalam rambut menjadi kering dan rapuh. Untuk membuat rambut lebih mengilap sebaiknya gunakan pelembab berupa krim atau spray tanpa bilas.

7. Tidak Terlalu Sering Menggunakan Heat styling

Heat Styling terlalu sering seperti blow ataupun catok sangat tidak direkomendasikan untuk rambut ikal. Hal ini akan mengacaukan bentuk ikal aslinya dan menjadikannya berantakan. Selain itu, terlalu sering terkena panas akan menjadikan rambut Anda kering dan mudah patah.