7 Tips Perawatan Menghilangkan Karang Gigi secara Alami dan Mudah Dilakukan

Tips Perawatan Menghilangkan Karang Gigi secara Alami dan Mudah Dilakukan

Karang gigi adalah salah satu masalah gigi yang cuup meresahkan. Selain mengganggu penampilan karang gigi juga memicu bau mulut sehingga menurunkan rasa percaya diri. Karang gigi juga bisa merambat ke masalah mulut yang lebih serius seperti infeksi, karena karang gigi bisa menjadi tempat tumbuh dan berkembangnya bakteri.

Karang gigi berasal dari plak yang terus menumpuk. Plak ini biasanya terbentuk dari sisa makanan dan minuman yang menempel pada lapisan dan sela-sela gigi dan terlewat saat kita menyikat gigi. Jika tidak dibersihkan dengan teliti dalam waktu yang lama, plak akan menumpuk dan mengeras menjadi karang gigi. Karang gigi yang berlebihan biasanya hanya bisa dibersihkan di dokter gigi.

Cara Alami Menghilangkan Karang Gigi

Penting untuk mengetahui perawatan menghilangkan karang gigi agar kebersihan serta kesehatan mulut dan gigi Anda selalu terjaga. Berikut adalah beberapa cara alami yang dapat dilakukan untuk mengatasi karang gigi.

1. Menyikat Gigi Secara Teratur

Cara paling mudah untuk membersihkan plak adalah dengan menyikat gigi secara teratur, sikat gigi setidaknya dilakukan sebanyak 2 kali dalam sehari. Jangan terlalu terburu-buru saat menyikat gigi, durasi menyikat gigi yang tepat adalah kurang lebih selama 2 menit. Sikat dengan teliti sampai ke bagian belakang dan juga sela-sela gigi. Pilih sikat gigi berbulu lembut untuk gusi yang sensitif. Untuk pembersihan plak lebih maksimal ada baiknya Anda menggunakan sikat gigi elektrik.

2. Menggunakan Pasta Gigi Berfluoride

Fluoride dalam jumlah tertentu akan membantu memperkuat lapisan enamel gigi. Fluoride juga mengurangi risiko pembusukan dari makanan dan minuman asam sehingga plak tidak mudah tumbuh dan menumpuk. Untuk beberapa kasus kecil fluoride juga bermanfaat untuk membantu proses perbaikan alami gigi yang rusak.

3. Melakukan Flossing

Flossing adalah proses pembersihan gigi menggunakan benang gigi. Biasanya flossing dilakukan setelah selesai menyikat gigi. Flossing merupakan cara yang cukup efektif untuk menghilangkan plak. Karena benang gigi dapat menjangkau sela-sela gigi yang sulit dijangkau oleh sikat gigi. Untuk memilih benang gigi sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan doter gigi untuk mendapatkan ukuran yang cocok.

4. Menggunakan Mouthwash

Berkumur dengan mouthwash setelah selesai menyikat gigi juga efektif untuk menghilangkan plak. Jika Anda tidak menyukai flossig, mouthwash dapat menggantikannya karena juga dapat menjangkau area gigi yag tidak tersentuh oleh sikat gigi. Gunakan mouthwash yang nyaman di mulut dan tidak terlalu keras.

5. Mengurangi Makanan & Minuman Manis

Makanan dan minuman manis sering melekat pada gigi karena sifat lengket gula. Gula yang melekat ini akan menjadi tempat tumbuh yang sangat cocok untuk bakteri. Bakteri-bakteri ini akan mengeluarkan zat asam yang akan merusak lapisan gigi dan sisa gula yang mengeras akan menumpuk menjadi karang gigi. Sebaiknya hindari makanan dan minuman manis kecuali buah-buahan. Setelah makan dan minum sesuatu yang manis sebaiknya segera berkumur dengan air bersih.

6. Menyikat Gigi dengan Kulit Jeruk

Menyikat gigi degan kulit jeruk terutama pada bagian yang terdapat plak akan membantu membersihkannya. Karena zat dalam kulit jeruk akan membunuh mikroorganisme dan mengikis plak. Untuk lebih mudahnya, Anda dapat menumbuk kulit jeruk dan mengoleskannya pada bagian yang bernoda.

7. Menggosok dengan Baking Soda

Menggosok gigi menggunakan baking soda akan membantu mengikis plak dan karang gigi tanpa merusa enamel gigi. Selain menggosok langsung, pasta gigi yang mengandung baking soda juga cukup efektif untuk menghilangkan plak. Baking soda juga mengandung antimikroba untuk mencegah gigi berlubang.